Tanaman Inang Hama & Penyakit Pada Tanaman Cabe

Tanaman Inang Hama & Penyakit Pada Tanaman Cabe

Tanaman Inang Hama & Penyakit Pada Tanaman Cabe

Tanaman Inang Hama & Penyakit Pada Tanaman Cabe – Tanaman inang adalah tanaman yang pada umumnya menjadi tempat hidup dan berkembangnya tanaman ataupun hewan lain sebagai parasit yang memiliki sifat sangat merugikan (menurut KBBI).

Dalam dunia budidaya tanaman, tanaman inang merupakan tanaman lain yang biasa menjadi tempat untuk bersembunyi, tempat hidup dan juga tempat berkembangnya hama atau penyakit suatu tanaman yang telah ditanam. Tanaman inang dapat berupa tanaman atau gulma pengganggu atau tanaman budidaya yang lainnya.

Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa tanaman inang hama dan juga penyakit pada tanaman cabai:

  1. Tanaman Liar atau Gulma Penganggu

 

  1. Ciplukan

Ciplukan merupakan salah satu tanaman inang bagi hama kutu kebul dan virus kuning

  1. Senggani

Gulma senggani merupakan tanaman liar yang sangat disukai oleh hama kutu kebul

  1. Sangkan

Sangkan adalah gulma inang bagi hama kutu daun atau myzus persicae dan kutu kebul

  1. Babadotan atau Wedusan

Rumput wedusan atau babadotan merupakan gulma inang bagi hama kutu kebul dan virus kuning

  1. Rumput Kentangan

Rumput kentangan biasa menjadi tanaman inang bagi hama kutu kebul dan tungau

  1. Angrung

Angrung merupakan tanaman liar dengan batang kayu yang sangat disukai oleh hama kutu kebul dan ulat

  1. Dedaunan Kering dan Rumput Liar

Daun-daun yang kering dan juga rumput liar sangat disukai oleh hama ulat tanah sebagai tempat yang paling tempat untuk bersembunyi.

  1. Tanaman Budidaya Lain
  2. Virus Kuning atau Gemini Virus dan Kutu Kebul

Kentang, tomat, mentimun, tembakau, melon, semangka,  singkong ubi jalar dan lain sebagainya.

  1. Antraknosa atau Busuk Buah

Tomat

  1. Busuk Daun dan Bercak Daun

Kentang, Tomat, Mentimun, Tembakau, Kacang Panjang, Semangka, Melon, Buncis, dan lain sebagainya.

  1. Lalat Buah

Semua tanaman buah-buahan dan juga sayuran buah seperti pisang, mangga, mentimun, semangka, gambas, paria, dan lain sebagainya.

  1. Layu Fusarium atau Fusarium sp

Layu fusarium memiliki sifat polyfag sehingga mempunyai banyak sekali tanaman inang. Seperti misalnya tanaman tomat, mentimun, kacang panjang, semangka, melon, paria, gambas, terong, kubis, pisang, tembakau, bawang merah dan lain sebagainya.

  1. Kutu Daun

Kutu daun juga mempunyai banyak tanaman inang, seperti paria, kacang-kacangan, kentang, mentimun, tomat, kubis, sawi, jangung, terong, jeruk, dan lain sebagainya.

  1. Ulat Grayak

Hampir semua jenis tanaman disukai oleh ulat grayak, seperti tanaman kubis, kacang panjang, tomat, buncis, melon, semangka, bayam, labu, sawi, dan lain sebagainya.

  1. Thrips

Thrips mempunyai sifat polyfag, yaitu mempunyai banyak sekali tanaman inang. Seperti misalnya tanaman tomat, jeruk, termbakau, kacang-kacangan, semangka, mentimun, dan lain sebagainya.

  1. Tungau

Sama halnya dengan hama kutu pada umumnya, tungau juga mempunyai banyak sekali tanaman inang. Seperti misalnya tanaman kacang panjang, tomat, jeruk, semangka, mentimun, tembakau, kentang, dan lain sebagainya.

Nah, itulah informasi mengenai berbagai tanaman atau gulma liar dan juga tanaman budidaya lainnya yang pada umumnya menjadi tanaman inang bagi hama dan penyakit pada tanaman cabai.

Demikian sedikit ulasan yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan ini bisa memberikan manfaat atau setidaknya dapat menambah sedikit wawasan bagi Anda semua. Terima kasih sudah mengunjungi website kami, sampai jumpa kembali pada pembahasan menarik yang berikutnya.