Rahasia Budidaya Tanaman Kol Agar Tumbuh Subur Dan Menguntungkan

Rahasia Budidaya Tanaman Kol Agar Tumbuh Subur Dan Menguntungkan

Rahasia Budidaya Tanaman Kol Agar Tumbuh Subur Dan Menguntungkan

Kubis atau mungkin lebih dikenal dengan kol ini termasuk jenis sayuran yang paling banyak digunakan sebagai bahan masakan. Maka tak heran banyak petani yang ingin menanam dan membudidayakan tanaman kubis ini.

Kubis sendiri adalah salah satu tangan uang termasuk dalam famili Brassicaceae, dan memiliki nama latin Brassica oleracea L. Sebenarnya kubis sendiri memiliki 3 macam warna yang sangat menarik, yaitu hijau tetapi sangat pucat sehingga disebut forma alba (putih), kubis dengan warna hijau (forma viridis) dan ungu kemerahan (forma rubra).

Rahasia Budidaya Tanaman Kol Agar Tumbuh Subur Dan Menguntungkan

Kubis atau tanaman kol ini juga memiliki kandungan vitamin yang saingan banyak. Seperti vitamin B, Vitamin E, Vitamin A, vitamin C yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, tanaman kubis ini juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti mineral, kalsium, kalium, fosfor, natrium dan zat besi. Didalam kubis yang segar juga terdapat kandungan senyawa yang baik tubuh seperti zat yang dapat merangsang adanya pembentukan glutation. Yaitu suatu zat yang bisa memberantas zat beracun dalam tubuh manusia.

Jika membicarakan cara menanam kubis ini biasanya bisa tumbuh dengan baik jika ditanam di daerah dataran tinggi dengan suhu udara yang sejuk atau dingin. Tetapi adapula jenis tanaman kol yang memiliki varietas bisa ditanam di dataran rendah dan bisa juga tumbuh secara alami di dataran rendah

merupakan salah satu jenis tanaman sayuran daun yang umumnya ditanam di dataran tinggi yang berhawa sejuk. Namun kini ada varietas kubis (kol) yang dapat ditanam dan tumbuh dengan baik di dataran rendah meskipun jumlahnya belum banyak

Pada dasarnya tanaman kubis sendiri bisa tumbuh pada kondisi tanah yang subur, gembur, porous dan banyak adanya kandungan humus. Sedangkan untuk kadar PH tanah yang ideal untuk kubis yaitu antara 6 sampai 7.

Waktu yang tepat untuk melakukan penanaman tanaman kubis atau kol adalah awal musim hujan atau awal musim kemarau, walaupun sebenarnya tanaman ini dapat dibudayakan sepanjang tahun.

Lalu bagaimana cara membuat tanaman kubis ini bisa tumbuh subur? Berikut penjelasannya secara lengkap untuk Anda.

Selain iklim, varietas yang tepat, kondisi tanah, pH tabah dan adanya unsur hara sudah pasti menjadi unsur terpenting agar tanaman kubis bisa tumbuh dengan baik.

Adanya unsur hara atau kandungan nutrisi (N) didalam tanah biasanya belum cukup untuk membantu proses pertumbuhan tanaman kubis. Jadi jika ingin meningkatkan unsur hara agar tanah subur Anda bisa menambahkan pupuk baik berupa pupuk kimia atau lebih baik jika menggunakan pupuk organik. Anda bisa melakukan 3 atau 4 kali dalam satu kali musim tanam. Sedangkan untuk jenis – jenis pupuk yang bisa digunakan untuk tanaman kubis adalah :

  1. Pupuk nitrogen (N) : misalnya urea, ZA, pupuk cantik
  2. Pupuk phosphat (P) : SP 18, SP 36 atau TSP
  3. Pupuk kalium (K) : pupuk KCl
  4. Pupuk calsium (Ca) : kapur dolomit/kapur pertanian
  5. Pupuk mikro : pupuk daun

Untuk dosis pemberian pupuk pada tanaman kubis dalam 1 hektare nya bisa diberikan :

  • Pupuk kandang : 8 sampai 10 ton
  • Pupuk orean : 200 kg
  • Pupuk za : 250 kg
  • Pupuk SP 36 : 250 kg
  • Pupuk KCI :200 kg
  • Kapur dolomit atau kapur pertanian bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

Inilah cara pemberian pupuk kubis dimulai dari pemberian pupuk dasar hingga proses pemupukan susulan terakhir.

  • Ketika tananaman kubis berusia 38 hari setelah masa penanaman
  1. Pada saat tanaman kubis berusia 38 hari bisa dilakukan pemberian pupuk dasar dengan menggunakan jenis pupuk kandang, kompos, pupuk urea, pupuk ZA, pupuk SP 36, pupuk KCl dan kapur dolomit. Dosis pupuk dasar satu hektar tanaman kubis yaitu 8-10 ton pupuk kandang/kompos, 100 kg urea, 100 kg ZA, 150 kg SP 36 dan 150 kg KCl.

Cara pemberian pupuk ini dengan mencampur semua bahan diatas, kemudian taburan secara merata pada lahan. Selanjutnya bisa ditaburkan pupuk kandang atau kompos. Selanjutnya ditutup dengan tanah setebal kurang lebih 5 cm untuk mencegah kehilangan pupuk akibat guyuran air hujan atau menguap karena sinar matahari.

 

  1. Kemudian pupuk yang sudah tertutup dengan tanah, lalu ditaburkan pupuk dolomit/kapur pertanian. Taburan pada lahan untuk menanam kubis dengan dosis sesuai kebutuhan. Pemberian pupuk dasar tanaman kubis dilakukan 10 sampai 15 hari sebelum bibit ditanam.

 

  • Cara dan Dosis untuk Pemberian pupuk susulan I pada tanaman kubis.

Waktu yang tepat untuk memberikan pupuk susulan I pada tanaman kubis adalah ketika tanaman berumur 20 hari dari masa tanam. Sedangkan jenis pupuk yang bisa digunakan adalah urea, ZA, SP 36 dan KCl dengan dosis 30 kg urea, 30 kg ZA, 30 kg SP 36 dan 30 kg KCl.

Pemberian pupuk dilakukan dengan cara menaburkan ke sekeliling pangkal batang kubis lalu tutup dengan tanah. Atau bisa juga diberikan dengan cara ditugal, 2 lubang per tanaman.

  • Cara dan Dosis untuk Pemberian pupuk susulan II pada tanaman kubis.

Untuk pemberian pupuk II pada tanaman kubis bisa dilakukan saat tanaman sudah berumur 30 hari dari masa tanam. Dan jenis pupuk yang biasa digunakan adalah urea, ZA, SP 36 dan KCl dengan dosis 35 kg urea, 35 kg ZA, 35 kg SP 36 dan 35 kg KCL.

Pemberian pupuk dilakukan dengan cara menaburkan ke sekeliling pangkal batang kubis lalu tutup dengan tanah. Atau bisa juga diberikan dengan cara ditugal, 2 lubang per tanaman.

 

  • Cara dan Dosis untuk Pemberian pupuk susulan III pada tanaman kubis.

Untuk pemberian pupuk III pada tanaman kubis bisa dilakukan saat tanaman sudah berumur 40 hari dari masa tanam. Dan jenis pupuk yang biasa digunakan adalah urea, ZA, SP 36 dan KCl dengan dosis 35 kg urea, 35 kg ZA, 35 kg SP 36 dan 35 kg KCL.

Pemberian pupuk dilakukan dengan cara menaburkan ke sekeliling pangkal batang kubis lalu tutup dengan tanah. Atau bisa juga diberikan dengan cara ditugal, 2 lubang per tanaman.

 

  • Cara dan Dosis untuk Pemberian pupuk Daun pada Tanaman Kubis

Tidak hanya pupuk makro saja, kita juga membutuhkan unsur hara mikro untuk tanaman kubis. Dan unsur hara mikro ini bisa Anda peroleh dari produk pupuk daun dan memberikannya dengan cara disemprotkan pada tanaman kubis.

  • Penyiangan Tanaman Kubis

Penyiangan bisa dilakukan sebelum melakukan pemupukan dengan tujuan pupuk yang diberikan bisa efektif. Karena adanya tanaman atau rumput liar dan jenis gulma lainnya di sekitar kubis bisa mengganggu pertumbuhan tanaman.

Itulah artikel kami tentang RAHASIA BUDIDAYA TANAMAN KOL AGAR TUMBUH SUBUR DAN MENGUNTUNGKAN . Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *