Penyebab Nutrisi Ab Mix Di Kemas Secara Terpisah

Penyebab Nutrisi Ab Mix Di Kemas Secara Terpisah

Penyebab Nutrisi Ab Mix Di Kemas Secara Terpisah

Setiap tanaman membutuhkan nutrisi, entah dalam media air ataupun dalam media konvensional. Nah pertanyaannya apa sih yang membedakan antara nutrisi hidroponik dengan pupuk? Memang secara umum nutrisi hidroponik dan pupuk memiliki satu kesamaan yaitu sebuah material tambahan pada tanaman untuk memenuhi kebutuhan tanaman akan unsur hara. Agar tanaman tumbuh subur dan berproduksi dengan maksimal, tanaman memerlukan unsur hara dalam kelangsungan hidupnya.

Penyebab Nutrisi Ab Mix Di Kemas Secara Terpisah

Ngomomg-ngomong mengenai unsur hara, unsur hara apa saja yang dibutuhkan tanaman? Unsur hara dibutuhkan tanaman ada dua yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro, unsur hara makro terdiri dari nitrogen, phosphor, kalium, kalsium, sulfur, dan magnesium sedangkan unsur hara mikro terdiri dari molibdenum, seng, boron, alumunium, mangan, tembaga, dan besi. Unsur hara yang tertera tersebut dapat di peroleh pada material yang ada di pupuk dan nutrisi hidroponik. Untuk perbedaannya, pupuk dengan nutrisi hidroponik terlihat pada penggunaan dan sifat kelarutannya. Berikut ulasan mengenai beberapa perbedaan pupuk dengan nutrisi hidroponik :

  1. “Pupuk” dibuat khusus untuk tanaman konvensional (tanaman yang ditanam pada media tanah) sedangkan “nutrisi hidroponik” dibuat khusus untuk tanaman hidroponik.
  2. “Pupuk” umumnya digunakan pada tanaman konvensional, bila diterapkan pada tanaman hidroponik hasilnya akan tidak maksimal, lain halnya dengan “nutrisi hidroponik” dapat diterapkan pada tanaman hidroponik maupun tanaman konvensional dengan hasil yang maksimal
  3. Umumnya “Pupuk” tidak mudah larut dalam air secara sempurna serta meninggalkan endapan, sedangkan nutrisi hidroponik dapat larut 100% juga tidak menimbulkan endapan.

PENJELASAN NUTRISI HIDROPONIK

Dari ulasan artikel diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa nutrisi hidroponik ialah pupuk yang dibuat dengan formulasi khusus untuk tanaman hidroponik yang mempunyai  sifat larut dalam air secara sempurna tanpa menimbulkan endapan. Nutrisi hidroponik merupakan hasil formulasi dari garam-garam mineral yang mengandung beberapa unsur yang dibutuhkan tanaman. Sebab metode menanam secara hidroponik murni tidak menggunakan tanah sama sekali sebagai medianya dan memanfaatkan air sebagai sumber nutrisi untuk itu diperlukan pupuk yang larut di dalam air tanpa menimbulkan endapan. Nutrisi hidroponik dapat diserap secara langsung oleh akar tanaman melalui media air yang telah diberi nutrisi. Nutrisi hidroponik terdiri dari 2 bagian yaitu nutrisi A dan nutrisi B, karena itu nutrisi hidroponik sering dikenal dengan sebutan sebagai nutrisi AB mix. nutrisi AB mix ada 2 bentuk, bentuk cair dan berbentuk serbuk. Perbedaan bentuk cair dan bentuk serbuk adalah penggunaannya, penyimpanannya dan distribusinya. Nutrisi berbentuk cair memang lebih praktis soal penggunaanya yang siap pakai sesuai takaran akan tetapi kalau soal penyimpanan dan pendistribusian nutisi cair lebih repot karena volumenya yang lebih besar. Untuk nutrisi berbentuk serbuk, disamping penyimpanan dan pendistribusiannya mudah karena volumenya yang kecil (kemasan kecil), nutrisi berbentuk serbuk ini penggunaannya harus dilarutkan menjadi larutan pekat terlebih dahulu sebelum dicampur dengan air.

KANDUNGAN DARI NUTRISI AB MIX

Nutrisi AB mix mengandung berberapa macam unsur hara yang diperlukan tanaman untuk tumbuh dan berkembang dalam meneruskan kelangsungan hidup tanaman tersebut. Nutrisi A mengandung unsur hara makro yaitu nitrogen (N), phosphor (P), kalium (K), kalsium (Ca), sulfur (S), dan magnesium (Mg). Unsur hara makro dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah yang banyak dibanding dengan unsur hara mikro. Sedangkan nutrisi B mengandung unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang relatif sedikit yaitu molibdenum (Mo), seng (Zn), boron (B), aluminium (Al), mangan (Mn), tembaga (Cu), khlor (Cl) dan besi (Fn). Unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang relatif sedikit. Meskipun unsur hara mikro jumlahnya relatif sedikit, unsur hara mikro memiliki peran yang tidak kalah penting dengan unsur hara makro, bila kekurangan unsur hara mikro bisa menyebabkan tanaman tidak tumbuh dengan maksimal.

PENYEBAB NUTRISI HIDROPONIK DIKEMAS TERPISAH

Nutrisi hidroponik (AB mix) terdiri dari 2 bagian yaitu nutrisi A dan nutrisi B. Nutrisi hidroponik dijual di toko pertanian dengan kemasan yang terpisah. Mungkin untuk para hidroponikers pemula pertanyaan yanng muncul pasti mengenai kemasan nutrisi AB mix  yang terpisah dan tidak dikemas dalam satu kemasan. Jawabannya adalah nutrisi AB mix dikemas terpisah pasti memilki sebab dan tujuannya, tujuan di kemas terpisah biar tidak terjadi penggumpalan dan bila di satukan dalam satu kemasan akan terjadi reaksi kimia antara beberapa garam mineral dan akan menimbulkan penggumpalan atau nutrisi akan mengkristal. Bila terjadi penggumpalan pastinya ketika dilarutkan dalam air nutrisi akan menimbulkan endapan dan tidak lagi efesien untuk digunakan sebagai nutrisi bagi tanaman.

Untuk kita ketahui juga cara melarutkan AB mix yang benar karena hal ini juga berpengaruh terhadap tanaman. Berikut caranya:

  • Siapkan wadah terlebih dahulu, kita menggunakan 2 wadah terserah mau menggunakan ember atau bak, masing-masing wadah nantinya akan diisi 5 liter air bersih. Yang dimaksud air bersih adalah air sumur atau air sungai, bila ingin menggunakan air PAM, endapkan terlebih dahulu semalaman. Bila sudah selesai tandai masing-masing wadah semisal wadah 1 dan wadah 2
  • Habis itu wadah 1 diisi dengan 4 liter air. Buka kemasan produk nutrisi A yang berbentuk serbuk, lalu larutkan ke wadah 1, aduk sampai tercampur rata dengan air, bila sudah dipastikan tercampur tambahkan air sampai larutan menjadi 5 liter. Dan larutan pekatan 1 sudah siap.
  • Setelah wadah 1 sudah siap, lanjut ke wadah 2. Wadah 2 diisi dengan 4 liter air juga. Buka kemasan produk nutrisi B yang juga berbentuk serbuk, lalu larutkan ke wadah 2, aduk sampai tercampur rata dengan air, bila sudah dipastikan tercampur tambahkan air sampai larutan menjadi 5 liter. Dan larutan pekatan 2 sudah siap.
  • Pekatan 1 dan pekatan 2 sudah siap, setelah itu kita ssiapkan 2 buah derigen dengan ukuran 5 liter, sama halnya dengan wadah tadi, jerigen juga ditandai dengan nomor 1 dan 2. Oh iya teman jangan lupa cuci bersih derigen sebelum digunakan. Masukkan larutan pekatan 1 ke derigen 1 dan masukkan larutan pekatan 2 ke derigen 2.

Didalam kedua derigen terdapat larutan nutrisi yang masih pekat. Dan belum siap digunakan, untuk siap digunakan butuh diencerkan terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih.

Demikian sekilas tentang penyebab nutrisi hidroponik/nutrisi AB mix yang dikemas terpisah, mungkin seperti halnya penulis lain, saya masih belajar menulis artikel tentang nutrisi hidroponik dan kandungan didalamnya serta penggunaan AB mix  ini dan juga mungkin saya tidak bisa spesifik menjelaskan cara pembuatannya. Sebagai penulis berharap  dengan adanya artikel ini dapat membantu anda mengetahui mengenai nutrisi AB mix yang dikemas terpisah serta pembuatannya yang benar. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi ya sobat, terima kasih.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *