Nutrisi Pengganti Nutrisi Ab Mix

Nutrisi Pengganti Nutrisi Ab Mix

Nutrisi Pengganti Nutrisi Ab Mix

Menanam tanaman atau kegiatan bercocok tanam adalah usaha menumbuhkan tanaman baik sayuran buah, sayuran, tanaman hias, buah  yang dilakukan pada media tanam dan cara perawatan tertentu. Media tanam yang wajar digunakan dalam bercocok tanam  adalah tanah dan campuran pupuk kompos, tanah sendiri untuk media bertumbuhnya akar sedangkan pupuk kompos sebagai nutrisi atau suplemen makanan yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh berkembang.

Nutrisi Pengganti Nutrisi Ab Mix

Selain tanah dan suplemen makanan, tanaman juga membutuhkan air, seperti halnya manusia yang juga membutuhkan air. Air berperan penting sebagai pelarut nutrisi untuk mempermudah penyerapannya oleh tanaman. Air bukan hanya untuk melarutkan nutrisi pada tanaman, dalam bercocok tanam dengan metode yang hits saat ini dan juga sudah digunakan pada perang dunia ke II, air juga untuk media tanam nya dan sebagai berkembangnya akar. Metode ini disebut dengan metode bercocok tanam hidroponik. Ada banyak tanaman yang sering kita jumpai pada sistem hidroponik ini seperti terong, cabai, strawberry, sawi, kangkung, selada, tomat, seledri, pakcoy dan masih banyak lagi. nah pertanyaanya apa hidroponik tersebut? Asal mula kata hidroponik tersebut berasal dari kata hydro dan ponos (bahasa Yunani kuno) yang memiliki arti hydro berarti air dan ponos berarti daya. Teknik menanam hidroponik bukan berarti menanam tanaman tanpa menggunakan media tanam. Menanam secara hidroponik tetap menggunakan media tanam sebagai penyangga tanaman ahgar tetap berdiri kokoh dan pertumbuhannya optimal.

Dalam menanam hidroponik entah itu sayuran daun, sayuran buah, atau buah sekalipun tetap termasuk kangkung memerlukan nutrisi yaitu nutrisi AB mix, nutrisi AB mix ada 2 bentuk, bentuk cair dan berbentuk serbuk. Perbedaan bentuk cair dan bnetuk serbuk adalah penggunaannya, penyimpanannya dan distribusinya. Nutrisi berbentuk cair memang lebih praktis soal penggunaanya yang siap pakai sesuai takaran akan tetapi kalau soal penyimpanan dan pendistribusian nutisi cair lebih repot karena volumenya yang lebih besar. Untuk nutrisi berbentuk serbuk, disamping penyimpanan dan pendistribusiannya mudah karena volumenya yang kecil (kemasan kecil), nutrisi berbentuk serbuk ini penggunaannya harus dilarutkan menjadi larutan pekat terlebih dahulu sebelum dicampur dengan air. Kenapa disebut nutrisi AB mix? Sebab didalam nutrisi tersebut terdapat 2 nutrisi yaitu nutrisi A dan nutrisi B dan dikemas secara terpisah.

Pertanyaan kali ini, apakah bisa tanaman hidroponik tidak menggunakan nutrisi AB mix? Jawabanya bisa, ada seorang hidroponikers yang memiliki keterbatasan dan kesulitan untuk mencari nutrisi AB Mix, beliau berhasil menanam kangkung hidroponik tanpa menggunakan nutrisi AB Mix.  Beliau menggunakan Pupuk NPK 16-16-16 yang berwarna biru sebagai nutrisi pengganti AB mix.

Bagi yang tinggal di kampung mungkin kesulitan untuk mendapatkan perlengkapan hidroponik. Mungkin salah satu opsinya adalah belanja di toko online. Akan tetapi mungkin orang juga mempermasalahkan biaya, oleh karena itu pasti ada pertanyaan apakah harus menggunakan nutrisi hidroponik AB mix dalam setiap bercocok tanam menggunakan teknik  hidroponik ?

Nutrisi Hidroponik Tidak Harus nutrisi AB Mix

Nah, berhubung ada pertanyaan diatas, jawabannya adalah memang tidak harus menggunakan nutrisi AB mix ada alternatif lain pengganti nutrisi AB mix. Misalnya pupuk NPK, dalam percobaan bercocok tanam kangkung menggunakan pupuk NPK terbukti kangkung tumbuh dengan baik, walaupun hasilnya tidak semaksimal menggunakan nutrisi AB Mix. Nutrisi AB Mix memiliki kandungan unsur hara yang lebih lengkap dibanding pupuk NPK , NPK  hanya memiliki kandungan Nitrogen (N), Phosphat (P), Kalium (K), Calsium (Ca) dan Magnesium (Mg). Kekurangan pupuk NPK 16-16-16 adalah meninggalkan endapan jika dilarutkan. Untuk melengkapi kebutuhan unsur hara pada tanaman kangkung, dapat disemprotkan pupuk daun setiap 1 minggu sekali. Dalam pembuatan larutan pupuk NPK 16-16-16, dapat menggunakan 1 sendok makan NPK 16-16-16 per 5 liter air. Dosis ini berlaku seterusnya sampai panen. Bukan hanya pupuk NPK yang bisa menjadi alternatif pengganti nutrisi AB mix , ada alternatif yang tentunya alami dan ramah lingkungan, yuk kita intip cara pembuatannya:

Pertama kita siapkan alat dan bahan terlebih dahulu:

  • Kotoran ayam atau kotoran kambing sejumlah 1 karung
  • Dedak atau bekatul sejumlah 1/2 karung
  • Jerami atau dedaunan yang lain sejumlah 30 kg
  • Gula merah sejumlah 100 gr
  • Larutan bioaktivator seperti EM 4 sejumlah 50 ml
  • Air
  • Wadah/ember + penutup berkapasitas 100 L, beri lubang diameter ukurannya untuk ukuran selang di bagian atas tutupnya
  • Selang aerator diameter 0,5 cm
  • Botol bekas air mineral volume 1 liter

Cara pembuatannya:

  • Potong-potong jerami atau dedaunan, setelah itu campurkan dengan kotoran ternak dan dedak/bekatul
  • Lalu masukkan campuran jerami/ dedaunan, kotoran ternak dan juga dedak ke dalam wadah plastik kedap udara dan tambahkan air dengan perbandingan 2 : 1.
  • Aduk hingga larutan tercampur rata
  • Dilain tempat, larutkan bioktivator dan gula merah dalam 5 liter air
  • Lalu campurkan bioktivator dan gula merah ke dalam wadah kedap udara
  • Tutup rapat wadah plastiknya dan pastikan tidak ada celah udara
  • Isi botol bekas air mineral dengan air hingga 3/4 bagian, lalu masukkan ujung selang yang lain pada botol. Proses tersebut disebut proses anaerob.
  • Diamkan wadah berisi larutan tersebut selama 7 – 10 hari. Bila tercium aroma fermentasi, berarti pupuk organik cair telah berhasil dibuat, sebelum siap digunakan saring larutan terlebih dahulu. 1 liter pupuk organik cair tadi diencerkan kembali dengan 100 liter air, untuk ampas dari saringan pupuk cair tersebut juga dapat dijadikan pupuk padat.

Perlu diingat, ini hanya alternatif lain bila ingin mencoba bercocok tanam hidroponik tapi kesulitan untuk mendapatkan nutrisi AB Mix. Sebenarnya apapun bisa digunakan untuk nutrisi walaupun hasilnya tidak maksimal. Namun setidaknya kita dapat mewujudkan keinginan dan untuk pembelajaran setelahnya. Pupuk NPK 16-16-16 bisa dijadikan alternatif dan tidak ada salahnya untuk menggunakan nutrisi alami buatan sendiri karena lebih menghemat pengeluaran dan ramah lingkungan. Memang nutrisi AB Mix adalah nutrisi yang terbaik, karena terdapat kandungan unsur hara yang lengkap, dapat larut dalam air, dan tidak menimbulkan endapan, walaupun begitu tidak ada salahnya untuk mencoba dan bereksperimaen sendiri.

Demikian sekilas tentang alternatif lain pengganti nutrisi hidroponik AB mix. Kita dapat mengetahui bahwa tidak hanya nutrisi AB mix, pupuk NPK juga bisa digunakan untuk nutrisi hidroponik. Untuk lebih menghemat biaya juga ada alternatif nutrisi buatan sendiri dari bahan alami yang tentunya ramah lingkungan serta lebih hemat biaya pengeluaran, seperti halnya penulis lain, saya masih belajar menulis artikel tentang tanaman hidroponik dan nutrisinya ini dan juga mungkin saya tidak bisa spesifik menjelaskannya. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi ya sobat, terima kasih…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *