Mengendalikan Hama Dengan Minyak Atsiri Sereh Wangi

Mengendalikan Hama Dengan Minyak Atsiri Sereh Wangi

Mengendalikan Hama Dengan Minyak Atsiri Sereh Wangi

Mengendalikan Hama Dengan Minyak Atsiri Sereh Wangi – Selama ini para petani selalu menggunakan pestisida kimia untuk mengusir hama yang biasa menyerang tanaman budidaya. Jika dilihat dari segi efeksitasnya, penggunaan pestisida kimia memang dapat diandalkan. Namun secara tidak sadar ternyata penggunaan pestisida dalam jangka panjang ataupun jangka pendek bisa menimbulkan efek yang cukup berbahaya.

Hal tersebut dikarenakan sifat beracun bahan pestisida kimia bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti bayi lahir cacat, mutasi, kanker, Chemically Acquired Deficiency Syndrom atau CAIDS dan lain sebagainya.

Kesadaran dan pengetahuan masyarakat yang semakin bertambah mengenai efek buruk yang ditimbulkan oleh pestisida kimia, sekarang ini sudah banyak sekali petani budidaya yang mempertimbahkan keamanan produk pertanian yang berhasil diciptakannya. Segala macam cara akan selalu dilakukan untuk bisa menciptakan alternatif yang jauh lebih aman dan efektif untuk menggantikan peran dari pestisida kimia.

Beberapa pestisida nabati yang berhasil didapatkan dari alam kini sudah banyak ditemukan. Pestisida nabati yang dibuat dari berbagai bahan dasar alami pastinya akan jauh lebih aman karena mudah untuk terurai dan tidak akan menimbulkan residu.

Salah satu bahan dasar alami yang dapat dimanfaatkan untuk membasmi OPT atau Organisme Pengganggu Tanaman adalah minyak atsiri sereh wangi. Suatu penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa bahan alami minyak atisiri sereh wangi ini dapat digunakan untuk mencegah perkembangan dan bahkan membasmi hama tanaman.

Mekanisme Minyak Atsiri Sereh Wangi untuk Mengendalikan Hama

1). Sebagai bahan untuk penolak. Minyak atisiri sereh wangi dapat mengacaukan bau atau aroma penarik yang telah dikeluarkan oleh tanaman inang. Dengan demikian pergerakan hama tanaman untuk dapat menuju tanaman inang tersebut nantinya bisa dialihkan.

2). Sebagai bahan untuk penghambat makan. Minyak atsiri sereh wangi yang telah digunakan pada tanaman inang ternyata dapat menekan peran bahan perangsang makan yang dihasilkan oleh tanaman tersebut dan akan menimbulkan rasa kurang tertarik sehingga untuk masalah  konsumsi hama pada tanaman inang akan menjadi berkurang. Dengan demikian maka pertumbuhan hama serta perkembangan populasi nantinya akan menjadi terhambat.

3). Sebagai pembunuh hama tanaman. Minyak atisiri sereh wangi ini memiliki efek iritasi. Efek berbahaya ini bisa menimbulkan kerusakan pada integumen hama sehingga akan terjadi proses transpirasi yang tinggi. Hal ini tentunya akan menyebabkan kematian pada hama tanaman tersebut.

Penggunaan Minyak Atsiri Sereh Wangi untuk Mengatasi Hama Tanaman

Penggunaan minyak atisiri dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan secara langsung. Untuk dosis yang digunakan adalah 2 cc per liter air + perekat atau perata 2 cc. Penyemprotan bisa dilakukan setiap 2 sampai 3 hari sekali.

Hama yang Dapat Diatasi dengan Minyak Atsiri Sereh Wangi

Ada banyak sekali jenis hama yang mampu dibasmi oleh bahan alami ini. Adapun jenis-jenis hama yang dapat dibasmi dengan penggunaan minyak atsiri sereh wangi, yaitu hama lalat buah, kutu sisik, kutu kebul, aphids, thrips, penggerek buah jeruk dan juga hama kutu dompolan.

Keuntungan Menggunakan Minyak Atsiri Sereh Wangi

Penggunaan minyak atisiri untuk mengatasi hama ternyata memberikan banyak keuntungan. Adapun keuntungan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan minyak atisiri sereh wangi dalam mengatasi hama tanaman adalah sebagai berikut:

1). Minyak atsiri sereh wangi merupakan salah satu bahan alami yang mudah sekali terurai sehingga akan sangat aman terhadap lingkungan dan juga produk pertanian,

2). Mudah didapatkan di toko-toko ataupun pasar karena sekarang sudah banyak sekali usaha rumah tangga yang memproduksi minyak atsiri sereh wangi ini,

3). Harga yang jauh lebih murah jika dibandingkn dengan penggunaan bahan pestisida sintetik,

4). Pengaplikasian yang sangat mudah dan bahkan hampir bisa dilakukan oleh setiap orang.

Selain digunakan untuk mengendalikan hama yang biasa menyerang tanaman, ternyata minyak atsiir sereh wangi juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Hal ini karena aroma yang dimiliki oleh minyak atsiri sereh wangi sangat tidak disukai oleh nyamuk dan berbagai serangga yang lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengendalikan hama tanaman dengan menggunakan minyak atsiri sereh wangi. Semoga bermanfaat.