Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem Nft

Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem Nft

Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem Nft. Menanam tanaman atau kegiatan bercocok tanam adalah usaha menumbuhkan tanaman baik sayuran buah, sayuran, tanaman hias, buah  yang dilakukan pada media tanam dan cara perawatan tertentu.

Media tanam yang wajar digunakan dalam bercocok tanam  adalah tanah dan campuran pupuk kompos, tanah sendiri untuk media bertumbuhnya akar sedangkan pupuk kompos sebagai nutrisi atau suplemen makanan yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh berkembang.. Selain tanah dan suplemen makanan yang dibutuhkan oleh tanaman, tanaman juga membutuhkan air, seperti halnya manusia yang juga membutuhkan air.

Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem Nft

Air berperan penting sebagai pelarut nutrisi untuk mempermudah penyerapannya oleh tanaman. Air bukan hanya untuk melarutkan nutrisi pada tanaman, dalam bercocok tanam dengan metode yang hits saat ini dan juga sudah digunakan pada perang dunia ke II, air juga untuk media tanam nya dan sebagai berkembangnya akar.

Metode ini disebut dengan metode bercocok tanam hidroponik… Ada banyak tanaman yang sering kita jumpai pada sistem hidroponik ini seperti terong, cabai, strawberry, sawi, kangkung, selada, tomat, pakcoy dan  masih banyak lagi, kali ini kita akan membahas tentang pakcoy hidroponik. Siapa yang tidak kenal dengan sayur pakcoy?

Iya pakcoy yang sering kali kita sebut sawi, padahal itu pakcoy, memang sekilas mirip sawi akan tetapi pakcoy memiliki daging lebih tebal. Kita hanya sering kali memakan dan memanfaatkannya saja tanpa mengetahui proses penanaman sawi berdaging ini. Untuk mengetahuinya akan kita bahas dalam artikel ini.

Baca Juga artikel ini : cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tanaman tomat hidroponik menggunakan sistem NFT. Nah kali ini kita akan sedikit membahas tentang penanaman pakcoy dengan sistem NFT. Apa sih NFT itu?, ya NFT merupakan singkatan dari “Nutrient Film Technique” yang mempunyai arti “nutrisi mengalir tipis secara terus menerus“. Teknik hidroponik sistem NFT membutuhkan aliran listrik yang stabil, pompa, gully, pipa dan selang. Mengapa kali ini memilih pakcoy pada teknik hidroponik sistem NFT?, sebabnya pakcoy mudah ditanam, mudah tumbuh, perawatannya tidak rumit dan cepat panen.

Langkah-langkah menaman pakcoy hidroponik sistem NFT

Alat dan Bahan

  • Talang air / Talang PVC
  • Pompa akuarium
  • Rockwoll
  • Tandon nutrisi (bisa ember, styrofoam atau wadah apa saja)
  • Pipa 3/4 “.
  • Selang 5 ml secukupnya.
  • Benih pakcoy
  • Nutrisi
  • air

Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Sistem NFT

  1. Menyiapkan Bibit Pakcoy

Pada sistem NFT media tanam yang cocok adalah rockwoll, potong rockwoll berbentuk kubus dengan ukuran panjang lebar dan tingginya 4 cm lalu beri lubang ditengahnya. Kemudian semai benih pakcoy pada rockwoll tersebut, dengan cara meletakkan benih pada lubang rockwoll. Setelah itu letakkan rockwoll pada wadah/nampan, isi wadah dengan nutrisi hidroponik ab mix. Kemudian tutup dengan plastik hitam supaya benih cepat berkecambah lalu letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Bila bibit sudah ada  4 – 5 helai daun, bibit pakcoy sudah siap dipindah tanam ke gully atau instalasi NFT.

  1. Membuat Instalasi NFT

Selagi menunggu benih tumbuh, kita siapkan instalasi NFTnya. Talang pvc yang berbentuk huruf ”U” ditutup bagian atasnya. Lalu siapkan styrofoam, buat lubang pada styrofoam berbentuk bulat dengan diameter 8 sampai 10 cm pastinya sesuaikan dengan ukuran media semainya. Kemudian letakkan talang pvc pada rak, buat sedikit miring, untuk sudut kemiringannya bisa anda atur sendiri ya kurang lebih 5 cm.

Pompa air letakkan didalam tandon posisiya selalu terendam agar pompa tidak panas dan tidak mudah rusak sedangkan tandon nutrisi diletakkan dibawah rak. Selepas itu pasang pipa buang dari pompa menuju gully pada bagian ujung yang lebih tinggi. Dan pada bagian ujung gully yang lebih rendah hubungkan langsung ke tandon nutrisi, agar nutrisi kembali mengalir langsung ke dalam tandon nutrisi.

  1. Menanam Bibit Pakcoy

Bila bibit pakcoy sudah memiliki 4-5 helai daun, bibit bisa dipindah tanam ke dalam gully. Bibit dipindah tanam sekalian dengan media semainya. Lalu letakkan bibit pakcoy pada lubang gully yang telah dibuat tadi. Kemudian isi tandon dengan larutan nutrisi hidroponik ab mix, setelah itu hubungkan pompa dengan listrik supaya nutrisi bisa mengalir secara terus menerus.

  1. Perawatan dan Pemeliharaan pakcoy hidroponik

Perawatan dan pemeliharaan tanaman pakcoy hidroponik sistem NFT sebenarnya cukup mudah dan tidak ribet. Hanya saja perlu memperhatikan sedikit beberapa hal berikut ini :

  • Rutin mengontrol tandon nutrisi dan tambahkan nutrisi jika berkurang dan tingkatkan dosisnya sesuai umur tananamannya dan kebutuhannya.
  • Menjaga posisi pompa, posisi pompa tetap selalu terendam air.
  • Tanaman pakcoy harus terkena sinar matahari yang cukup.
  • Mengecek PH larutan nutrisi untuk pakcoy.

 

  1. Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman pakcoy
    • Ulat daun, ulat daun ini menyerang bagian daun terutama bagian pucuk tanaman pakcoy hingga daun pakcoy berlubang.
    • Kutu aphis, menyerang disela-sela daun dan menyebabkan tanaman pakcoy menjadi kerdil, daunnya keriting dan menggulung.
    • Penyakit busuk daun, disebabkan oleh jamur. Penyakit ini sering muncul saat tiba musim hujan, karena kondisinya yang lembab.
    • Penyakit akar gada, penyakit yang menyerang bagian akar. Penyakit ini mempunyai ciri-ciri, pada saat salah satu tanaman dicabut maka akan terlihat pada akar ada benjolan-benjolan pada akar pakcoy.
  2. Penanggulangan hama dan penyakit
    • Dalam bercocok tanam kita harus memperhatikan kondisi ekologi pada tanaman. Dengan menciptakan sanitasi yang baik, hal ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy, caranya dengan membersihkan gulma dengan penyiangan, membersihkan media tanam dan juga membersihkan tempat air, bila menanam pakcoy usahakan memperhatikan jarak antar tanaman karena bila terlalu rengjkat akan menimbulkan penyakit busuk daun.
    • Pengendalian secara fisik, yaitu dengan cara pemasangan paranet dilahan pakcoy
    • Pengendalian mekanik , yaitu dengan pengambilan langsung hama menggunakan tangan, seperti membuang ulat daun.
    • Pengendalian hayati, yaitu memanipulasi musuh-musuh alami untuk menurunkan populasi hama, misalnya dengan pemberian tricogreen (produk biofungisida). Tricogreen ini berbentuk bubuk putih kehijauan, bubuk ini ramah lingkungan jadi aman bagi manusia, hewan maupun lingkungan.
    • Pengendalian kimiawi, dengan menaburkan sedikit insektisida dalam menangani ulat daun, dan menggunakan fungisida bila ada penyakit busuk daun.
    • Penggunaan pestisida nabati, sebab penggunaan pestida ini karena penggunaan pestisida kimia dapat menimbulkan masalah resistensi hama, terbunuhnya musuh alami, untuk itu penggunaan pestisida nabati digunakan apalagi pestisida ini ramah lingkungan.

Perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mencoba hidroponik sistem NFT ini, pertama memastikan aliran listrik dirumah cukup stabil, tidak pernah atau jarang sekali mati. Sebab bila listrik mati, tanaman juga bisa mati kekeringan karena nutrisi tidak dapat menjangkau tanaman. Kedua, modal untuk membuat instalasi NFT  karena sistem NFT lebih mahal daripada wick sistem. Demikian cara menanam pakcoy hidroponik,  terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *