Membuat Perangkap Hama Lalat Buah Dengan Pisang Matang

Membuat Perangkap Hama Lalat Buah Dengan Pisang Matang

Membuat Perangkap Hama Lalat Buah Dengan Pisang Matang

Membuat Perangkap Hama Lalat Buah Dengan Pisang Matang – Hama lalat buah adalah hama yang memiliki nama latin atau nama ilmiah Bactrocera sp. Jenis hama lalat ini merupakan serangga kecil yang memiliki bentuk fisik hampir menyerupai tawon.  Lalat buah biasanya menyerang tanaman buah-buah, dan juga tanaman sayuran, termasuk tanaman cabai.

Hama lalat buah yang biasa menyerang tanaman pada umumnya berjenis kelamin betina. Hama ini bisa menyerang dengan cara menyuntikkan semua telur-telurnya pada bagian buah. Telur tersebut nantinya akan menetas menjadi larva. Larva-larva inilah yang berbahaya karena menggerogoti bagian buah sehingga mengakibatkan busuk buah.

Pada buah cabai, serangan hama lalat buah ini akan mengakibatkan penyakit busuk buah. Sedangkan pada tanaman sayuran buah seperti timun, paria, dan gambas serangan hama lalat buah akan membuat buah menjadi busuk dan bengkok.

Perlu diketahui bahwa hama lalat buh sangat sulit dikendalikan dengan cara menyemprotkan pestisida. Hal ini karena hama lalat buah tidak akan hinggap dalam jangka waktu yang cukup lama pada tanaman budidaya. Hama lalat buah yang berjenis kelamin betina biasanya akan hinggap hanya untuk bertelur kemudian terbang kembali.

Salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi hama lalat buah adalah dengan membuat sebuah perangkap. Perangkapnya sendiri bisa dibuat dengan sangat mudah, yaitu dengan memanfaatkan botol bekas air dan juga senyawa pemikat atau sex pheromone seperti metil eugenol.

Saat ini produk metil eugenol sudah tersedia cukup banyak di pasaran. Namun jika misalnya tidak ada metil eugenol maka Anda masih bisa menggunakan buah pisang. Buah pisang yang digunakan disini adalah buah pisang yang sudah cukup matang alias tidak busuk. Aroma yang dimiliki oleh buah pisang masak ternyata mampu untuk menarik perhatian hama lalat buah.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat perangkap hama lalat buah dengan menggunakan pisang matang:

Alat-alat dan Bahan untuk Membuat Perangkap Hama Lalat Buah

  1. Botol bekas air mineral
    2. Kawat
    3. Kain secukupnya
    4. Buah pisang matang
    5. Air secukupnya

Cara Membuat Perangkap Hama Lalat Buah

  1. Botol harus dilubangi terlebih dahulu di sisi bagian atas hingga sebanyak 3 atau 4 lubang.
  2. Diameter lubang kurang lebih sekitar 5 mm.
  3. Tutup botol juga perlu dilubangi untuk dapat memasukkan kawat.
  4. Pada bagian ujung kawat yang terletak diluar botong harus dibengkokkan sedikit sebagai pengait.
  5. Bungkus buah pisang yang sudah matang dengan menggunakan kain secukupunya, untuk ukurannya dapat disesuaikan dengan mulut botol.
  6. Selanjutnya buah pisang yang sudah dibungkus tersebut bisa langsung dikaitkan pada bagian ujung kawat yang ada didalam botol.
  7. Isi botol tersebut dengan menggunakan air secukupnya. Namun air nantinya jangan sampai menyentuh bagian buah pisang.

Prinsip kerja dari penggunaan perangkap ini adalah hama lalat buah jantan akan menjadi tertarik dengan aroma buah pisang yang sudah matang. Selanjutnya akan mulai masuk dengan melalui lubang dan akan tenggelam di dalam air kemudian mati. Buah pisang diharuskan untuk diganti setiap 2 hari sekali.

Dengan penggunaan perangkap ini dapat dipastikan reproduksi hama lalat buah akan menjadi terhenti. Hal ini dikarenakan hama lalat buah jantan tidak akan bisa lagi untuk membuahi hama lalat bentina.. Dengan begitu maka hama lalat buah yang betina tidak akan menyerang, karena hama ini hanya akan menyerang tanaman ketika bertelur saja.