Manfaat Umbi Kentang Untuk Kesehatan

Manfaat Umbi Kentang Untuk Kesehatan

Manfaat Umbi Kentang Untuk Kesehatan

Kentang adalah tanaman yang memiliki nama latin Solanum Tuberosum. Tanaman ini merupakan umbi dari tanaman yang juga memiliki nama kentang. Masyarakat di Indonesia biasanya memanfaatkan kentang sebagai bahan sayuran.

Di beberapa tempat, kentang merupakan salah satu bahan makanan pokok yang sama halnya dengan padi dan jagung. Umbi kentang memiliki bentuk yang lonjong dan agak bulat dengan ukuran yang sangat bervariasi.

Kentang mempunyai kulit yang tipis dan memiliki warna daging buah putih, agak kuning, cokelat muda. Warna yang dimiliki oleh kentang ini tergantung pada varietas dengan tekstur daging umbi yang sangat renyah.

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan karbohidrat sehingga dapat kita manfaatkan sebagai pengganti nasi ataupun jagung. Selain itu, kentang juga merupakan sumber pati, mineral, vitamin, dan serat.

Tidak hanya itu, kentang juga merupakan salah satu bahan makaan yang sehat karena memiliki kandungan sedikit lemak.

Kandungan Gizi dan Nutrisi

Kandungan gizi dan juga nutrisi dalam setiap 100 gram kentang

Energi 70 Kcal 3,5%
Karbohidrat 15,90 g 12%
Protein 1,89 g 3%
Total Lemak 0.10 g 0.5%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 2,5 g 7%

Vitamin
Folat 18mcg 4,5%
Niacin 1,149 mg 7%
Asam pantotenat 0,279 mg 6%
Pyridoxine 0.239 mg 18%
Riboflavin 0.038 mg 3%
Thiamin 0,081 mg 7%
Vitamin AIU 7 <1% Vitamin C 11.4 mg 20% Vitamin K 2,9 meg 2,5% Elektrolit
Sodium 6 mg 0,4%
Kalium 455 mg 10%

Mineral
Kalsium 10 mg 1%
Besi 0,73 mg 9%
Magnesium 22mg 5,5%
Mangan 0.141mg 6%
Fosfor 61 mg 9%
Zinc 0.33 mg 3%

Phyto-nutrisi
Karoten-AY 4 mcg –
Crypto-xanthin-AY 0 mcg –
Lutein-zeaxanthin 21 mcg –

Manfaat dan Khasiat Umbi Kentang untuk Kesehatan

Dengan berbagai macam kandungan yang dimilikinya, maka kentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Adapun beberapa manfaat kentang adalah sebagai berikut:

  1. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Kentang merupakan sumber serat alami, baik itu serat larut ataupun serat tidak larut. Kandungan serat yang ada di dalam ubi kentang memiliki manfaat untuk dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam makanan.

Selain itu, kandungan serat tersebut juga bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kentang memang sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari karena tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali.

  1. Dapat Mencegah Sembelit

Mengonsumsi kentang secara rutin bisa membantu untuk mencegah gangguan sembelit atau susah buang air besar (BAB). Hal ini karena kandungan serat alami yang ada di dalam kentang memiliki manfaat untuk melancarkan BAB serta mencegah sembelit.

  1. Baik untuk Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang ada di dalam umbi kentang memiliki peran untuk dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Mengonsumsi umbi kentang secara teratur memiliki manfaat untuk dapat mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan.

  1. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Umbi kentang sangat baik untuk Anda yang sedang menderita penyakit diabates sebagai pengganti nasi. Mengonsumsi kentang diketahui memiliki khasiat untuk selalu menjaga kadar gula darah agar tetap dalam keadaan normal.

Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan serat yang ada di dalam pati umbi kentang, yang dimana bisa membantu untuk penyerapan gula sederhana di dalam usus. Kentang merupakan alternatif yang sangat baik sebagai sumber karbohidrat untuk penderita diabetes.

  1. Sebagai Sumber Vitamin B Kompleks

Semua bahan makanan umbi-umbian termasuk umbi kentang merupakan salah satu sumber vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, piridoksin, folat, dan asam pantotenat.

  1. Baik untuk Ibu Hamil

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil. Hal ini tak lain karena adanya kandungan yang dimiliki oleh umbi kentang yaitu folat.

Pada dokter kebanyakan menyarankan kepada ibu-ibu yang sedang hamil agar selalu mengonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan folat. Hal ini karena folat sendiri memiliki manfaat untuk dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

  1. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan mengonsumsi umbi kentang secara rutin maka bisa menyuplai kebutuhan vitamin C dalam setiap harinya hingga sebesar 20%. Setiap 100 gram ubi kentang dalam keadaan yang masih segar memiliki kandungan vitamin C 11,4 mg.

Vitamin C sendiri merupakan antioksidan yang memiliki manfaat dalam melawan radikal bebas sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

  1. Sangat Baik untuk Kesehatan Mata

Mengonsumsi ubi kentang secara rutin bisa membantu sistem penglihatan mata agar selalu dalam keadaan yang sehat. Hal ini tentu didukung karena adanya vitamin A di dalam umbi kentang.

Umbi kentang memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan vitamin A inilah yang memiliki khasiat untuk menjaga penghlihatan mata dari berbagai macam gangguan kesehatan.

  1. Dapat Mencegah Kanker

Mengonsumsi umbi kentang secara rutin bisa membantu untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan flavanoid dan juga quercin yang ada di dalam umbi  kentang memiliki khasiat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker serta kardio-protektif properti.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf dan Fungsi Otak

Vitamin B6 yang ada di dalam umbi kentang memiliki peran sangat penting dalam menjaga kesehatan neuron atau saraf. Menurut Univrsity of Maryland Medical Center, vitamin B6 ini dapat membantu untuk menciptakan bahan kimia otak seperti dopamin, serotonin, dan noreprinefin.

Hal ini berarti dengan mengonsumsi kentang bisa membantu Anda untuk mengatasi depresi atau stress. Selain itu, kandungan kalium yang ada di dalam kentang akan mendorong pelebaran pembuluh darah serta membantu untuk memastikan agar otak cukup dalam mendapatkan darah.

  1. Bebas Gluten

Kandungan zat yang ada di dalam kentang juga bebas gluten. Gluten sendiri merupakan sejenis protein yang banyak ditemukan dalam biji-bijian, seperti misalnya biji gandum. Bagi orang yang sedang mangalami masalah untuk mengolah glukoten seperti penyakit celiac, maka kentang bisa dijadikan sebagai pilihan yang paling tepat.

Walaupun bebas glukoten, namun tidak semua resep makanan yang berasal dari kentang bebas glukoten. Beberapa hidangan kentang yang memiliki kandungan glukoten adalah saus atau roti kentang.

Meskipun umbi kentang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi Anda harus selalu berhati-hati. Jangan sampai mengonsumsi ubi kentang yang sudah mengalami warna kehijauan di bagian permukaan kulitnya.

Hal tersebut bisa jadi umbi kentang sudah disimpan dalam waktuu yang cukup lama dan sudah mulai tumbuh tunas. Umbi kentang dengan kondisi seperti ini merupakan kentang yang tidak dalam keadaan sehat karena sudah memiliki kandungan racun alkaloid solanin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat umbi kentang untuk kesehatan tubuh. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Sekian dari kami, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *