Manfaat Mengkonsumsi Jamur Tiram

Manfaat Mengkonsumsi Jamur Tiram

Manfaat Mengkonsumsi Jamur Tiram

Jamur tiram mempunyai rasa yang sangat khas dan lezat. Jenis jamur ini merupakan salah satu jenis sayuran unik karena memiliki kandungan penyedap alami yang sudah pasti tidak akan memberikan efek negatif bagi tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Jamur Tiram

Jamur tiram bisa diolah dengan berbagai macam olahan masakan sesuai dengan selera kita masing-masing. Mengonsumsi jamur tiram secara rutin diketahui mempunyai efek yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Hal tersebut dikarenakan jamur tiram mempunyai kandungan berbagai macam gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat. Beberapa kandungan yang ada di dalam jamur tiram adalah vitamin, protein, mineral, antioksidan alami dan juga antibiotik.

Jenis jamur tiram juga merupakan makanan sehat yang dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Jamur tiram tidak memiliki kandungan lemak ataupun kolesterol sama sekali. Sehingga akan sangat aman sekali dikonsumsi bagi Anda yang kini sedang menjalani  program diet. Jamur ini tentunya juga aman dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda penderita kolesterol.

Kandungan Gizi Jamur Tiram

Jamur tiram memang memiliki kandungan berbagai macam gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam jamur tiram adalah sebagai berikut:

  • 1 g 0%
  • Lemakjenuh 0 g 0%
  • Lemaktakjenuh ganda 0,1 g
  • Lemaktakjenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg 0%
  • Sodium 1 mg 0%
  • Kalium 143 mg 4%
  • Karbohidrat 4,9 g 1%
  • Serat 1,9 g 7%
  • Gula 1,4 g
  • Protein 1,4 g 2%
  • Vitamin A 0% Vitamin C 0%
  • Vitamin B-6 0%
  • Vitamin B-12 0%
  • Kalsium 0%
  • Besi 1%
  • Magnesium 1 %

Manfaat dan Khasiat Jamur Tiram

Dengan berbagai macam kandungan gizi dan nutrisi yang dimilikinya maka jamur tiram mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun berbagai manfaat dan khasiat jamur tiram untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

  1. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Jamur tiram memiliki kandungan banyak protein tanpa lemak dan juga non kolesterol. Selain itu jamur tiram juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup rendah. Maka dari itu, jamur tiram ini mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Jika Anda yang sedang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi maka bisa langsung untuk mengonsumsi jamur tiram ini untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Jamur tiram sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan kelebihan berat badan. Badan yang gemuk memang sangat menganggu penampilan dan bisa membuat Anda sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya Anda bisa mengonsumsi jamur tiram.

Hal tersebut dikarenakan jamur tiram memiliki kandungan karbohidrat yang sangat rendah, tidak mengandung kolesterol dan tidak mengandung lemak sama sekali. Dengan demikian, mengonsumsi jamur tiram bisa membantu untuk menurunkan kelebihan berat badan secara cepat.

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Jamur tiram adalah salah satu makanan yang sangat rendah energi dan juga rendah gula. Sehingga jamur tiram akan sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menderita penyakit diabetes.

Penderita diabetes sendiri mudah untuk terserang infeksi, terutama pada bagian kaki dan biasanya berlangsung sangat lama. Antibiotik alami yang ada di dalam jamur tiram bisa membantu untuk mencegah terjadinya infeksi berbahaya bagi penderita diabates.

  1. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jamur tiram memiliki kandungan antiokidan alami yang sangat kuat. Antioksidan alami ini memiliki peran penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Selain itu, juga dapat memberian perlindungan bagi tubuh dari radikal bebas.

  1. Dapat Mencegah Kanker

Mengonsumsi jamur tiram secara rutin bisa membantu Anda untuk terhindar dari berbagai macam penyakit kanker seperti kanker prostat dan kanker payudara. Hal ini karena jamur tiram memiliki kandungan beta-glukan serta asam linoleat terkonjugasi yang mempunyai sifat anti efek karsinogenik yang berkhasiat untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

Beta-glukan dan juga selenium memiliki peran penting dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker pada kanker prostat. Sedangkan untuk asam linoleat memiliki peran penting dalam menekan efek estrogen. Estrogen sendiri adalah faktor utama penyebab kanker payudara.

  1. Dapat Mencegah Anemia

Manfaat jamur tiram yang berikutnya adalah dapat mencegah penyakit anemia. Hal ini karena jamur tiram memiliki kandungan zat besi yang dimana zat tersebut bermanfaat untuk dapat mencegah terjadinya anemia.

Apabila Anda mengalami masalah seperti kekurangan darah, maka mengonsumsi jamur tiram merupakan salah satu solusi yang tepat. Konsumsi sesering mungkin untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka

Mengonsumsi jamur tiram secara rutin bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, jamur tiram juga memiliki fungsi penting dalam mencegah infeksi.

Hal ini karena dalam jamur tiram terdapat kandungan antibiotik alami yang hampir mirip dengan penisilin. Kandungan tersebutlah yang memiliki manfaat untuk dapat mencegah terjadinya serta mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Kandungan gizi yang ada di dalam jamur tiram sangat baik untuk kelancaran fungsi jantung. Hal ini karena kandungan gizi yang sudah cukup dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat menstabilkan pompaan darah oleh jantung.

Hal tersebut tentu akan membuat tekanan darah juga menjadi stabil, jadi penyumbatan darah pun tidak akan pernah terjadi sehingga Anda bisa terhindar dari beberapa gangguan penyakit jantung seperti jantung lemah dan serangan jantung.

  1. Sumber Antioksidan

Manfaat jamur tiram yang selanjutnya adalah sebagai sumber antioksidan alami bagi tubuh. Antioksidan merupakan senyawa yang memiliki peran penting dalam menangkal berbagai efek buruk yang bisa ditimbulkan oleh radikal bebas.

Setiap tubuh seseorang sebenarnya sudah dapat menghasilkan antioksidan sendiri. Hanya saja, jumlah antioksidan alami yang dihasilkan oleh tubuh manusia tidak terlalu banyak sehingga sangat dibutuhkan asupan antioksidan dari berbagai makanan harian.

Jamur tiram ini merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan ergothioneine, yaitu zat antioksidan alami yang dapat mencegah terjadinya peradangan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ergothioneine berkhasiat untuk dapat mencegah terjadinya pembentukan plak dalam pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung dan juga aterosklrosis.

  1. Dapat Meningkatkan Kolagen

Manfaat jamur tiram lainnya adalah sebagai sumber mineral tembaga yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tembaga disini mempunyai fungsi untuk dapat melancarkan sistem sirkulasi darah dengan cara meningkatkan pertumbuhan sel darah merah.

Fungsi sistem saraf akan menjadi lebih optimal karena adanya kandungan tembaga yang terdapat dalam jamur tiram ini. Selain itu, tembaga juga mempunyai manfaat untuk dapat memperkuat jaringan ikat dengan membantu untuk meningkatkan produksi kolagen.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat dan khasiat mengonsumsi jamur tiram untuk kesehatan tubuh. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini bisa memberikan manfaat bagi Anda semua. Terimakasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *