Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Kacang panjang adalah salah satu tumbuhan kacang-kacangan yang banyak ditanam di Indonesia untuk dijadikan sebagai sayuran dan merupakan menu makanan yang paling populer di Indonesia.

Berbeda halnya dengan tanaman kacang-kacangan pada umumnya. Jenis kacang panjang ini umumnya dimakan bersamaan dengan bagian kulitnya. Panjangnya jenis kacang yang satu ini bisa mencapai 75 cm.

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Dalam bahasa Inggris, jenis kacang panjang biasa disebut dengan Asparagus Bean, Yardlong Bean, Long podde cowpea atau Chinese long bean. Sedangkan nama kacang panjang dalam bahasa ilmiah adalah Vigna Sesquipedalis.

Kacang panjang merupakan tanaman yang tumbuh dengan subur di daerah tropis dan subtropis seperti di Asia Selatan, Tiongkok Selatan, dan Asia Tenggara. Jenis kacang ini umumnya dikonsumsi dengan cara dimasakan terlebih dahulu atau bisa juga dimakan secara langsung dalam keadaan masih segar sebagai lalapan.

Kandungan Gizi  dan Nutrisi Kacang Panjang

Berikut ini adalah kandungan gizi dan nutrisi oleh kacang panjang dalam setiap 100 gramnya.

Catatan : Kandungan gizi dan nutrisi kacang panjang mentah

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 47kcal (197kJ) 2%
Karbohidrat 8,35g 6%
Air 87,85g
Protein 2,8g 5%
Lemak 0,4g 2%
Vitamin A 43µg 5%
Vitamin C 18,8mg 23%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K
Vitamin B1 (Thiamine) 0,107mg 9%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,11mg 9%
Vitamin B3 (Niacin) 0,41mg 3%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,55mg 2%
Vitamin B6 0,024mg 2%
Vitamin B9 (Folat) 62µg 16%
Kalsium 50mg 5%
Zat Besi 0,47mg 4%
Magnesium 44mg 12%
Manganese 0,205mg 10%
Fosfor 59mg 8%
Potassium (Kalium) 240mg 5%
Sodium 4mg 0%
Seng (Zinc) 0,37mg 4%

 

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Kacang yang memiliki ukuran cukup panjang ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh seseorang yang telah mengonsumsinya. Adapun khasiat kacang panjang bagi kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut:

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat kacang panjang bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada aktivitas antihiperglikemik dalam ekstrak kacang pajang.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa kacang panjang bisa membantu untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga besar kemungkinannya jika kacang panjang baik bagi penderita diabetes. Jika Anda ingin menurunkan kadar gula darah secara alami maka bisa mencoba untuk mengonsumsi kacang panjang.

  1. Meredakan Nyeri

Penelitian yang sama menyebutkan bahwa khasiat kacang panjang yang berikutnya adalah dapat memberikan efek analgesik atau meredakan nyeri dalam tubuh. Hal inilah yang membuat kacang panjang mampu untuk mengatasi segala nyeri seperti nyeri haid.

Kandungan mineral seperti mangan yang terdapat di dalam kacang panjang memang bisa membantu dalam menurunkan gejala dismenore dan dapat meningkatkan suasana hati.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Manfaat kacang panjang yang berikutnya adalah bisa membantu untuk menurunkan risiko penyakit kanker. Beberapa macam jenis penyakit kanker seperti kanker usus, kanker payudara, kanker paru-paru, sampai dengan kanker otak bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang panjang.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan alami dan asam folat yang terkandung dalam kacang panjang. Maka dari itu, apabila Anda ingin terhindar dari risiko penyakit yang sangat berbahaya ini maka Anda bisa mengonsumsi kacang panjang secara teratur.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kacang panjang yang berikutnya adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh kacang panjang mampu untuk melawan radikal bebas sehingga bisa melindungi organ tubuh dari segala kerusakan.

Selain itu, kacang panjang diketahui juga bisa melancarkan sistem peredaran darah. Maka tak heran jika kacang panjang selama ini disebut-sebut sebagai makanan yang sangat baik untuk jantung.

  1. Dapat Menambah Darah

Menambah darah atau mengatasi anemia bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan tertentu yang mempunyai kandungan zat besi dan mineral lain yang bisa memicu perkembangan sel darah merah.

Karena adanya kandungan berbagai mineral yang terdapat dalam kacang panjang, maka menambah darah atau mengatasi anemia bisa menjadi salah satu khasiat kacang panjang yang sayang sekali apabila dilewatkan.

  1. Meningkatkan Stamina

Selain dapat menjaga kesehatan jantung, manfaat lain dari kacang panjang adalah dapat meningkatkan stamina. Pada saat melakukan berbagai aktivitas fisik yang tergolong berat seperti berolahraga, tentunya tubuh akan membutuhkan asupan oksigen yang jauh lebih banyak.

Oleh karena itu, dengan bantuan kacang panjang yang bisa melancarkan sistem peredaran darah dan bisa memicu pembentukan sel darah merah maka stamina Anda akan tetap terjaga meskipun sedang berolahraga.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kacang panjang berikutnya adala bisa menjaga kecerahan kulit. Peredaran darah yag lancar tentunya bisa membuat kulit menjadi terlihat jauh lebih sehat. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kacang panjang sangat bermanfaat dalam menjaga kecerahan kulit.

  1. Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Kacang panjang juga dijadikan sebagai salah satu nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Hal ini karena kacang panjang mempunyai kandungan asam folat yang cukup penting dalam perkembagan sel dan juga DNA pada janin.

Dengan mengonsumsi asam folat yang cukup maka bisa mengurangi risiko cacat pada bayi. Kacang panjang bisa dijadikan sebagai salah satu makanan pendamping untuk dapat memenuhi asupan folat pada ibu hamil.

  1. Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat kacang panjang berikutnya adalah bisa menjaga imunitas tubuh. Kandungan vitamin C dan juga polifenol yang ada di dalam kacang panjang bisa membantu untuk melawan radikal bebas yang biasa menyerang tubuh.

Dengan demikian makan imunitas tubuh akan semakin meningkat. Apabila sistem imun tubuh terjaga maka tubuh secara efektif mampu untuk melawan berbagai macam infeksi. Anda pun akan terhindar dari segala macam penyakit

 

Efek Samping Kacang Panjang

Kacang panjang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi kacang panjang juga bisa memberikan efek samping apabila dikonsumsi dalam batas yang tidak wajar atau berlebih. Mengonsumsi kacang panjang dalam jumlah yang terlalu banyak bisa menimbulkan berbagai efek samping seperti gangguan pada sistem pencernaan, reaksi alergi, sampai dengan memicu gangguan hati dan ginjal.

Kancang panjang merupakan jenis tanaman polong-polongan dan memang memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk tubuh. Namun makanan jenis ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat.

Maka dari, kami sarankan kepada Anda untuk mengonsumsi kacang panjang dalam batas sewajarnya saja. Pastikan juga bahwa Anda tidak mengalami suatu kondisi tertentu yang dimana mengharuskan untuk tidak mengonsumsi kacang panjang.

Demikian informasi mengenai “Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan” yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah kami sampaikan pada pembahasan kali ini bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *