Manfaat Kacang Kecipir (Kacang Botor) Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Kecipir (Kacang Botor) Untuk Kesehatan

Manfaat KACANG KECIPIR (Kacang Botor) Untuk Kesehatan

Tanaman kacang kecipir atau Psophocarpus tetragnolobus merupakan salah satu tanaman dari jenis kacang-kacangan yang tumbuh secara merambat. Bagian tanaman kecipir yang biasa dimanfaatkan sebagai sayur mayur adalah daun muda atau pucuk tanaman dan juga bagian buahnya.

Manfaat Kacang Kecipir (Kacang Botor) Untuk Kesehatan

Buah tanaman kecipir yang umumnya diolah menjadi sayur adalah buah segar yang masih muda. Tanaman kacang kecipir sendiri sudah ada banyak di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Di Indonesia, tanaman kacang kecipir di setiap daerah mempunyai nama sebutan yang berbeda-beda, seperti misalna di daerah Palembang disebut dengan Kacang Embing, (Sumatera) Kacang Botol, (Jawa) Cipir, Kecipir, Cicipir, (Melayu) Kacang Belimbing, (Sunda) Jaat,  (Manado) Birararo, Kacang Kumbotor, Kacang Botor dan lain sebagainya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kacang Kecipir

Sama seperti tanaman kacang-kacangan pada umumnya, kacang kecipir mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Menurut sebuah penelitian, dalam setiap 100 gram biji kacang kecipir mentah memiliki kandungan berbagai macam nutrisi dan juga vitamin, diantaranya:

  • Energi 409 kkal (1,711 kJ),
    • Karbohidrat 41.7 gram,
    • Serat Pangan 25.9 gram,
    • Lemak tak jenuh 2.3 gram ,
    • Lemak tak jenuh tunggal 6 gram,
    • Lemak tak jenuh majemuk 4.3 gram,
    • Protein 29.65 gram,
    • Vitamin A
    • Vitamin C
    • Vitamin E
    • Vitamin B1 (Thiamin) 1.03 mg (79%),
    • Vitamin B2 (Riboflavin) 0.45 mg (30%),
    • Vitamin B3 (Niacin) 3.09 mg (21%),
    • Vitamin B5 (Asam Pantothenat) 0.795 mg (16%),
    • Vitamin B6 0.175 mg (13%),
    • Vitamin B9 (Folat) 45 fjg (11%),
    • Kalsium 440 mg (44%),
    • Fosfor 451 mg (64%),
    • Zat Besi 13.44 mg (108%),
    • Magnesium 179 mg (48%),
    • Mangan 3.721 mg (186%),
    • Seng 4.48 mg (45%),
    • Kalium 977 mg (21%),
    • Natrium 38 mg (2%).

 

Manfaat dan Khasiat Kacang Kecipir untuk Kesehatan Tubuh

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan gizi yang ada dalam kacang kecipir, maka banyak juga manfaat kacang kecipir untuk tubuh. Adapun manfaat dan khasiat kacang kecipir untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

  1. Dapat Menyehatkan Tulang dan Gigi

Manfaat kacang kecipir yang pertama adalah dapat menyehatkan tulang dan gigi. Hal ini karena adanya kandungan mineral yang bermanfaat dalam kacang kecipir, yaitu kandungan fosfor dan kalsium.

Kandungan fosfor dan kalsium yang ada dalam kacang kecipir memiliki manfaat untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Selain itu, kedua kandungan tersebut juga bermanfaat dalam menyehatkan gigi.

  1. Sebagai Sumber Protein

Kacang kecipir ternyata mempunyai kandungan protein dalam jumlah yang sangat banyak. Dengan mengonsumsi kacang kecipir secara rutin maka sudah mampu untuk memenuhi asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Kacang kecipir juga bermanfaat dalam mengatasi kelebihan berat badan. Ini karena kacang kecipir merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan rendah kalori.

Selain itu, kacang kecipir juga memiliki kandungan lemak sehat sehingga jenis kacang ini akan membantu untuk dapat menurunkan kelebihan berat badan. Jadi jika Anda ingin menurunkan berat badan maka bisa mengonsumsi kacang kecipir secara rutin.

  1. Baik untuk Wanita Hamil

Ibu hamil sangat disarankan untuk memakan kacang kecipir ini karena baik untuk kehamilannya. Hal ini karena di dalam kacang kecipir memiliki kandungan asam folat.

Asam folat sendiri sangat diperlukan dalam sintetis DNA dan pemisahan sel. Dengan mengonsumsi kacang kecipir ketika hamil maka bisa membantu pertumbuhan janin dan dapat mencegah cacat kehamilan.

  1. Sebagai Antioksidan

Vitamin A dan vitamin C yang ada di dalam kacang kecipir memiliki peran penting sebagai antioksidan alami yang sangat kuat. Antioksidan dalam ini memiliki manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas dan bahkan juga dapat menangkal racun.

  1. Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Kacang kecipir memiliki kandungan vitamin B dan vitamin E dalam jumlah yang cukup tinggi. Kedua kandungan inilah yang bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat bugar.

Selain itu, kedua kandungan tersebut juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Kacang kecipir sendiri diketahui merupakan salah satu sumber tenaga yang sehat.

  1. Menambah Nafsu Makan

Kacang kecipir diketahui memiliki manfaat dalam meningkatkan nafsu makan. Bagi Anda yang sekarang ini sedang mengalami penurunan nafsu makan, maka cobalah untuk meminum rebusan alami kacang kecipir.

Cara membuat ramuannya sendiri sangat mudah, cukup dengan merebus beberapa buah kacang kecipir sampai benar-benar mendidih. Lalu saring dan minuma air dari rebusan kacang kecipir tersebut secara terartur.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kancang kecipir yang selanjutnya adalah dapat melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan kacang kecipir merupakan salah satu sayuran buah yang mempunyai kandungan serat sangat tinggi.

Kandungan serat dalam jumlah yang banyak tersebut juga dapat melancarkan BAB atau Buang Air Besar. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat menjaga sistem pencernaan agar selalu dalam keadaan sehat.

  1. Dapat Mengobati Bisul

Kacang kecipir ternyata juga memiliki manfaat untuk mengobati bisul. Daun tanaman kecipir yang masih mudah mempunyai manfaat dalam mengatasi bisul dan juga peradangan yang lainnya. Cara memanfaatkan daun tanaman kecipir ini sebagai obat alami bisul atau peradangan lainnya pun sangat mudah sekali.

Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa helai daun tanaman kecipir yang masih muda atau secukupnya saja. Jika sudah maka campurkan daun kacang kecipir tersebut dengan adas pulosari. Setelah semuanya sudah tercampur maka langsung saja tumbuk sampai benar-benar halus.

Untuk penggunaan obat alami ini cukup dengan mengoleskan pada bagian tubuh yang terkena bisul ataupun bagian tubuh yang sedang mengalami peradangan. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sampai bisul atau peradangan Anda benar-benar sembuh.

  1. Dapat Mengobati Sakit Telinga

Manfaat kacang kecipir yang terakhir adalah untuk dapat mengobati sakit telinga. Jika Anda sekarang ini sedang mengalami sakit telinga, maka bisa langsung Anda obati secara tradisional dengan memanfaatkan daun tanaman kecipir.

Caranya pun juga sangat mudah. Rebus beberapa helai daun tanaman kecipir yang masih muda bersama dengan sedikit air. Rebus sampai benar-benar mendidih dan tunggu sampai dingin. Jika sudah dingin maka bisa langsung Anda tetestkan ke telinga yang sakit. Lakukan cara ini secara teratur supaya bisa cepat sembuh.

Kandungan lemak, kalori, dan karbohidrat yang ada dalam kacang kecipir diketahui lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging. Maka dari itu, kacang kecipir ini dapat dimanfaatkan sebagai pengganti daging bagi Anda para vegetarian yang sekarang ini sedang menjalani program diet sehat.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai “Manfaat dan Khasiat Kacang Kecipir”. Semoga apa yang sudah kami sampaikan pada pembahasan kali ini bisa memberikan manfaat atau wawasan bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *