Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Buah jambu sudah lama dikenal akan manfaatnya sebagai buah yang sangat baik bagi penderita demam berdarah. Namun selain buahnya, ternyata daun jambu biji juga memiliki sejuta manfaat untuk mengatasi berbagai macam kondisi kesehatan, termasuk sebagai anti bakteri dan anti tumor.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Daun jambu biji memang bermanfaat karena memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa kandungan nutrisi tersebut adalah antioksidan alami yang sangat tinggi, potasium, vitamin C, dan juga serat.

Untuk mendapatkan manfaatnya maka Anda bisa mengolah daun jambu biji sebagai teh herbal atau ekstrak daunnya sebagai suplemen. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai manfaat daun jambu biji untuk kesehatan.

Manfaat Daun Jambu Biji

  1. Mengobati Diare

Daun jambu biji dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada perut seperti mencret, diare dan berbagai masalah pada perut yang lainnya. Cara untuk mendapatkan manfaat ini cukup mudah, Anda bisa mengonsumsi secara langsung daun jambu biji yang masih mudah (pucuk daun), yaitu dengan cara mengunyah kemudian menelannya.

Selain itu, Anda juga bisa meminum seduhan daun jambu biji. Diseduh dengan air yang mendidih ataupun dengan cara merebusnya.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang berikutnya adalah mampu untuk mencegah dan menghentikan perkembangan sel-sel kanker. Hal ini dikarenakan adanya zat anti kanker dan anti tumor seperti  quercetin, lycopene, dan juga vitamin C yang memiliki fungsi sebagai antioksidan alami yang dapat melawan radikal bebas.

Berbagai macam jenis penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker lambung, kanker payudara, kanker mulut, dan kanker lainnya bisa Anda cegah dengan cara mengonsumsi ekstrak daun jambu biji secara rutin.

  1. Mengurangi Gejala Sakit Gigi dan Gusi

Sakit gigi dan gusi sudah pasti bisa menganggu kegiatan Anda dalam sehari-hari. Tetapi ada kalanya sakit gigi dan juga gusi ini muncul dengan tiba-tiba sehingga tidak dapat dihindari.

Apabila Anda mengalami sakit gigi dan gusi maka Anda bisa langsung coba berkumur dengan ekstrak daun jambu biji agar bisa sembuh. Ekstrak daun jambu biji mempunyai zat anti inflamasi sehingga ampuh dalam meredakan sakit gigi dan gusi.

  1. Mengontrol Diabetes

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Yakult Central Institude di negara Jepang, teh daun jambu biji diketahui sangat efektif dalam menurunkan glukosa darah bagi penderita penyakit diabetes, dengan cara mengurangi sebuah enzim yaitu alpha glukosidase.

Selai itu, juga bisa mencegah penyerapan sukrosa serta maltosa oleh tubuh sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Dengan meminum teh daun jambu biji secara teratur dalam kurun waktu 12 minggu ampuh untuk mengurangi kadar gula darah tanpa takut meningkatkan produksi insulin.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Menumpuknya kadar kolesterol dalam tubuh tentu dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Dengan mengonsumsi daun jambu biji secara rutin bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida dalam pembuluh darah secara berlebihan.

Dengan demikian maka secara tidak langsung hal ini bisa mencegah penyumbatan darah, stroke, dan juga serangan jantung.

  1. Mengobati Alergi

Apakah Ada merasa sering terganggu dengan penyakit alergi? Jika iya maka Anda harus segera mencari obatnya. Salah satu obat yang paling ampuh dalam mengatasi alergi adalah daun jambu biji.

Daun jambu biji mempunyai sebuah zat yang sangat berkhasiat dalam mengobati penyakit alergi, yakni histamin. Nah, jika Anda tiba-tiba mengalami alergi maka bisa langsung mengonsumsi ekstrak daun jambu biji untuk dapat mengatasinya.

  1. Mengurangi Gejala Penyakit Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan (bronkus), yang dimana penyakit ini segera membutuhkan penanganan secara tepat. Anda dapat memanfaatkan daun jambu biji sebagai obat herbal dalam mengatasi penyakit bronkitis.

Daun jambu biji bisa membantu untuk megencerkan lendir yang ada di dalam saluran pernapasan, melegakan napas, dan juga membuka paru-paru.

  1. Menurunkan Kelebihan Berat Badan

Apakah Anda sedang menjalankan program diet untuk dapat menurunkan kelebihan berat badan? Jika iya maka Anda bisa mencoba mengonsumsi ekstrak daun jambu biji untuk mengatasi kelebihan berat badan.

Manfaat dan jambu biji disini bisa mencegah pati kompleks menjadi gula. Dengan demikian karbohidrat akan dipecah dalam hati yang kemudian dimanfaatkan oleh tubuh sebagai tenaga. Jadi, Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun jambu biji secara teratur bahkan bila perlu setiap hari untuk program diet Anda.

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Bagi Anda yang sedang menjalani program agar bisa mempunyai buah hati, maka menjaga kualitas sperma tentu sangat penting supaya pasangan bisa segera hamil. Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji ternyata juga dapat meningkatkan kualitas sperma.

  1. Meringankan Gejala Nyeri Saat Menstruasi

Banyak sekali wanita yang menderita dismenore yang dimana ditandai dengan nyeri haid, seperti misalnya kram perut. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa ekstra daun jambu biji mampu untuk mengurangi intensitas nyeri kram menstruasi.

Penelitian yang dilakukan pada sekitar 197 wanita yang sedang mengalami gejala dismenore menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi 6 miligram ekstrak daun jambu biji secara rutin akan mengalami penurunkan intensitas nyeri haid.

  1. Perawatan Luka dan Infeksi

Daun biji mempunyai sifat penyembuhan yang bisa mengobati luka. Sumber antibakteri di dalam jambu biji bisa mencegah infeksi dan akan mengurangi peradangan pada rahim untuk dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Selain berkhasiat untuk luka, teh daun jambu biji bisa membantu untuk menyembuhkan infeksi telinga.

  1. Mengobati Rambut Rontok

Daun jambu biji yang sudah ditumbuk sampai halus bisa mengeluarkan banyak sekali bahan aktif dan antioksidan alami. Dengan mengoleskannya pada bagian kulit kepala tentu bisa merangsang perkembangan rambut dan mengatasi radang pada kulit kepala yang mengakibatkan kerontokan rambut prematur.

Selain dengan cara ditumbuk, Anda juga dapat merebus daun jambu biji secukupnya dalam satu liter air selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah dingin maka Anda bisa mengoleskannya pada kulit kepala dan pijat secara pelan.

  1. Mengobati Jerawat dan Bintik Hitam

Jerawat dan bintik-bintik hitam pastinya akan sangat menganggu penampilan kulit wajah. Namun kini Anda tidak perlu khawatir karena daun jambu biji bisa digunakan sebagai salah satu cara yang paling efektif dalam menghilangkan jerawat serta flek hitam pada kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antiseptik yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat ini maka Anda diharuskan untuk menumbuk beberapa daun jambu biji yang kemudian dioleskan langsung pada kulit berjerawat dan bintik-bintik gelap pada wajah. Apabila sudah kering maka segera bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukan cara ini setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *