Manfaat dan Khasiat Penting Buah Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Penting Buah Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Penting Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka merupakan salah satu buah segar wilayah tropis yang berasal dari family Cucurbitaceae. Buah segar yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis dan memiliki banyak kandungan air.

Manfaat dan Khasiat Penting Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi ketika cuaca sedang panas. Hal ini karena buah semangka memiliki banyak kandungan air sehingga akan sangat menyegar. Selain dimanfatkan sebagai buah pencuci mulut, semangka ternyata memiliki sejuta manfaat yang sangat menakjubkan untuk kesehatan tubuh.

Untuk menikmatinya, Anda bisa mengonsumsi secara langsung atau bisa juga diolah menjadi jus yang segar. Sedangkan untuk bagian bijinya biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kuaci.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Semangka

Buah semangka memiliki kandungan berbagai macam jenis mineral, vitamin, dan juga senyawa tumbuhan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah kandungan gizi dan nutrisi yang ada dalam setiap 100 gram buah semangka:

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 30 kal
Karbohidrat 7,6g
Air 91%
Protein 0,6g
Gula 6,2g
Serat 0,4g
Lemak 0,2g
Vitamin A 28µg 3%
Vitamin C 8,1mg 9%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,05mg 0%
Vitamin K 0,1µg 0%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,03mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,18mg 1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,22mg 4%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,05mg 3%
Vitamin B9 (Folat) 3µg 1%
Vitamin B12 0µg
Cholin 4,1mg 1%
Kalsium 7mg 1%
Zat Besi 0,24mg 3%
Magnesium 10mg 3%
Fosfor 11mg 2%
Potassium (Kalium) 112mg 2%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,1mg 0%
Tembaga (Copper) 0,04mg 5%
Manganese 0,04mg 2%
Selenium 0,4µg 1%

 

Manfaat dan Khasiat Buah Semangka

Meskipun memiliki harga yang cukup rumah, buah semangka kaya akan kanduungan antioksidan dan fito-nutrien yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Adapun beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Buah semangka memiliki kandungan elektrolit dan air yang cukup tinggi sehingga sangat baik dalam menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Bahkan kandungan kalori dan lemaknya pun sangat rendah, yaitu 30 kalori setiap 100 gram.

Dengan demikian Anda tidak perlu takut berat badan akan semakin bertambah jika mengonsumsi buah manis yang satu ini. Kandungan serat pangan yang ada di dalamnya bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan sangat baik sekali untuk teman diet.

  1. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Buah semangka kaya akan kandungan antioksidan flavanoid cukup tinggi seperti beta-karoten, likopen, zeaxanthin, lutein, dan cyptoxanthin. Antioksidan yang ada di dalam buah semangka ini memiliki kemampuan untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

Adapun beberapa penyakit kanker yang bisa dicegah oleh kandungan tersebut adalah penyakit kanker usus besar, payudara, prostat, mulut rahim, paru-paru, endometrial, dan juga pankreas.

Kandungan likopen yang ada dalam buah semangka bahkan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah tomat. Semangka segar memiliki kandungan 4532 µg likopen per 100 gramnya, sedangkan buah tomat hanya mengandung 2573 µg.

Semangka bahkan mengandung vitamin A dan vitamin C yang merupakan kandungan antioksidan alami. Jumlah total kekuatan antioksidan (nilai ORAC) dalam buah semangka adalah sebanyak 14 µmol TE per 100 gram.

  1. Menurunkan Resiko Serangan Jantung, Stroke, dan Tekanan Darah Tinggi

Buah semangka merupakan salah satu sumber potasium yang sangat baik. Potasium sendiri adalah komponen sel dan cairan dalam tubuh yang dapat mengontrol tekanan darah dan detak jantung, sehingga bisa membantu untuk menurunkan resiko terkena stroke, serangan jantung, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Kalium dan likopen yang ada dalam buah semangka memiliki manfaat penting dalam menjaga kesehatan manusia. Sedangkan untuk vitamin A dan vitamin C dapat mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Disamping itu, buah semangka mengandung asam amino sitrulin dalam jumlah yang cukup tinggi. Ginjal bisa mengubah sitrulin menjadi arginin yang sudah pasti bisa membantu untuk melancarkan sirkulasi darah dan dapat mencegah akumulasi lemak dalam sel.

  1. Dapat Mencegah Otot Kaku

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 lalu menyebutkan bahwa minum jus buah semangka sebelum melakukan olahraga berat bisa membantu untuk mengurangi otot kaku yang akan timbul pada keesokan harinya.

Hal ini dikarenakan sitrulin yang telah diubah langsung menjadi arginini oleh ginjal sehingga bisa melancarkan sistem peredaran darah.

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

Semangka memiliki sifat diuretik karena kandungan sitrulin yang dimilikinya mampu meningkatkan jumlah urin yang keluar dari bagian tubuh. Kalium dalam buah semangka juga bisa meluruhkan semua racun supaya ikut keluar bersama dengan urin sehingga ginjal akan selalu dalam keadaan sehat.

  1. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah semangka memegang peran sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin A bisa membantu untuk menjaga membran mukosa supaya kuman nantinya tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh. Sedangkan untuk vitamin C sangat dibutuhkan untuk selalu menjaga prodeksi protein yang dapat menumbuh virus dan kuman.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain penting untuk kesehatan jantung, peneliti menyebutkan bahwa likopen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. Semangka juga memiliki kandungan kalium yang bisa mempertahankan kalsium di dalam tulang.

  1. Sebagai Anti Peradangan

Likopen juga memiliki fungsi sebagai anti inflamasi bersama dengan cucurbitacin E dan beta karoten. Kandungan senyawa ini dapat menghambat aktivitas enzim siklo-oksigenase dan juga menetralkan reaksi molekul yang memiliki kandungan nitrogen.

Maka dari itu, buah semangka sangat baik sekali untuk dikonsumsi dalam mencegah peradangan. Sitrulin yang ada di dalam buah semangka diketahui mampu untuk mempertahankan asam lambung agar selalu dalam keadaan normal.

  1. Dapat Menambah Vitalitas Pria

Dr.Samuel Oetoro SpGK mengatakan bahwa kandungan sitrulin yang ada dalam buah semangka mempunyai efek yang sama seperti viagra. Hasil yang sama juga didapatkan dari sebuah penelitian yang telah dilakukan di Universitas Texas A & M, Amerika Serikat.

Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa pembuluh darah yang semakin lancar akibat dari sitrulin mampu untuk meningkatkan kemampuan ereksi pada seorang pria. Sitrulit pada buah semangka juga ada dalam daging buahnya, namun jauh lebih tinggi di bagian putih atau kulitnya.

Meskipun mempunyai banyak manfaat, dalam mengonsumsi buah semangka juga tidak boleh secara berlebihan. Terutama bagi yang memiliki darah rendah, karena dengan mengonsumsi buah semangkan secara rutin bisa menurunkan tekanan darah dalam jangka waktu yang sangat cepat. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kandungan gizi dan nutrisi serta berbagai macam manfaat dari buah semangka. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *