Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak

Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak

Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak

Buah sirsak dalam bahasa Inggris disebut sebagai Soursop yang dimana buah segar ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun sekarang ini buah sirsak sudah banyak dibudidayakan di beberapa negara khususnya negara-negara yang ada di wilayah tropis.

Tanaman buah sirsak pada umumnya tidak bisa tumbuh di daerah dingin karena suhu dibawah 5 derajat celsius akan mengakibatkan kerusakan pada bagian daun serta cabang-cabang kecilnya.

Buah sirsak yang mempunyai rasa asam dan agak manis ini memiliki kandungan berbagai macam nutrisi atau gizi yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia seperti dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dapat mencegah penyakit kanker, mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan lain sebagainya.

Buah ini bisa dimakan secara langsung dalam keadaan masih segar atau bisa juga diolah terlebih dahulu menjadi jus sirsak maupun es krim.

Di Indonesia sendiri, buah sirsak memiliki banyak nama panggilan. Di Jawa, buah sirsak biasa disebut dengan Nangka Sebrang dan Nangka Landa, di Bali biasa disebut sebagai Srikaya Jawa, di Sunda disebut sebagai Nangka Walanda, di Nias biasa disebut sebagai Durio Ulondro, di Aceh biasa disebut sebagai Boh Lona, dan di Madura biasa disebut sebagai Nangkelan.

Nama buah sirsak yang saat ini kita kenal ternyata berasal dari bahasa Belanda yaitu “Zuurzak”. Buah sirsak kemudian dibawa ke negara Indonesia oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda lebih tepatnya pada abad ke 19. Nama latin dari buah sirsak adalah Annona Mucirata.

Kandungan Gizi Buah Sirsak

Buah sirsak memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini tak lain karena berbagai macam kandungan yang dimilikinya. Adapun kandungan gizi buah sirsak adalah sebagai berikut:

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 66kcal
Karbohidrat 16,4g
Air 81,16g
Protein 1g
Gula 13,54g
Serat 3,3g
Lemak 0,3g
Vitamin C 20,6mg 25%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,05mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 0,9mg 6%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,253mg 5%
Vitamin B9 (Folat) 14µg 4%
Kalsium 14mg 1%
Zat Besi 0,6mg 5%
Magnesium 21mg 6%
Fosfor 27mg 4%
Potassium (Kalium) 278mg 6%
Sodium 14mg 1%
Seng (Zinc) 0,1mg 1%

 

Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Buah sirsak merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan bisa memberikan banyak manfaat bagi orang yang telah mengonsumsinya. Berikut ini adalah berbagai manfaat buah sirsak untuk kesehatan kita:

Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Daging buah sirsak memiliki kandungan serat dimana kandungan ini berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan serat dalam buah sirsak ini juga bisa membantu pencernaan agar selalu sehat.

Mengonsumsi buah sirsak secara rutin diketahui memiliki khasiat untuk dapat menurunkan resiko gangguan yang biasa terjadi pada sistem pencernaan.

  1. Dapat Mencegah Kanker

Dalam buah sirsak terdapat kandungan antioksidan alami yang memiliki khasiat untuk melawan radikal bebas. Selain itu, kandungan antioksidan alami ini mampu untuk menghambat perkembangan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Megonsumsi buah sirsak dengan jumlah yang cukup dan secara rutin maka bisa menurunkan resiko untuk terserang penyakit kanker.

  1. Dapat Mengatasi Sembelit

Daun sirsak memiliki khasiat untuk mengatasi sembelit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan yang berperan penting di dalamnya, yaitu kandungan serat.

Kandungan serat yang ada di dalam buah sirsak diketahui memiliki manfaat untuk mencegah sembelit dan dapat mengatasi gangguan BAB. Apabila Anda mengalami masalah BAB ataupun sembelit, maka Anda bisa langsung mengonsumsi buah sirsak.

  1. Dapat Menunda Proses Penuaan Dini

Buah sirsak memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Vitamin C dalam buah sirsak ini memiliki peran penting sebagai antioksidan yang bisa mencegah proses penuaan dini. Apabila Anda ingin terlihat awet muda, maka Anda bisa mengonsumsi buah sirsak secara rutin.

  1. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C yang ada di dalam buah sirsak merupakan antioksidan alami yang memiliki manfaat untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila kebutuhan vitamin C di dalam tubuh sudah tercukupi maka dapat dipastikan Anda nantinya tidak akan mudah untuk terserang berbagai macam penyakit.

  1. Dapat Menyembuhkan Nyeri

Senyawa antiperadangan tidak hanya memiliki khasiat untuk meredakan nyeri di perut saja, namun juga bisa meredakan nyeri sendi atau peradangan seperti arthritis. Rasa nyeri itu sendiri bisa Anda redakan dengan mudah yaitu dengan menggosokkan buah sirsak di bagian tubuh yang sedang mengalami nyeri. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah meningkatkan fleksibelitas.

  1. Dapat Meredakan Saluran Pernapasan

Buah sirsak merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi ketika Anda sedang mengalami batuk, flu, ataupun gangguang pernapasan yang lainnya. Sirsak mempunyai sifat ekspektoran, yang dapat diandalkan untuk menghilangkan lendir dan dahak, dimana banyak sekali patogen atau virus bisa hidup.

Sirsak memiliki kandungan asam askorbat yang bisa membantu untuk melawan radikal bebas dan juga infeksi. Dengan mengurangi virus dan infeksi bakteri, Anda bisa mempercepat penyembuhan batuk dan juga flu. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan rebusan buah sirsak untuk dapat menyembuhkan sinus serta meredakan tenggorokan.

  1. Menghilangkan Stress

Teh sirsak sudah dimanfaatkan selama berabad-abad lamanya untuk dapat menghilangkan stress. Antiperadangan yang ada dalam sirsak bisa membuat seseorang merasa lebih tenang. Hal ini tentu sangat baik sekali bagi Anda yang sedang menderita stress secara berlebihan ataupun kecemasan.

Anda memang harus terbebas dari stress, karena hormon stress bisa merusak sistem metabolisme Anda. Selain dapat menghilangkan stress, efek menenangkan ini juga bisa membantu Anda agar terhindar dari insomnia.

  1. Membunuh Parasit

Sejak dulu di daerah Amerika Latin dan Amerika Selatan ternyata daun sirsak sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Hal ini karena buah sirsak memiliki kandungan antibakteri dan antiparasit di dalam vitamin C yang bisa melindungi tubuh dari infeksi parasit.

  1. Meningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi yang ada di dalam buah sirsak ada vitamin B1, B2, dan juga vitamin C. Vitamin C sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik. Hal ini karena vitamin tersebbut nantinya akan menstimulasi untuk pembentukan sel darah putih.

Selain itu, vitamin C tersebut juga merupakan salah satu jenis antioksidan yang bisa mencegah penyakit kronis. Jadi jika Anda mengonsumsi buah sirsak maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat yang bisa Anda dapatkan dari buah sirsak. Tetapi untuk mengonsumsi buah sirsak ini Anda harus selalu berhati-hati. Konsumsilah dalam batas wajar dan jangan sampai berlebihan. Hal ini karena buah sirsak memiliki kandungan alkaloid yang bisa mengakibatkan gejala neurologis. Sekian info dari kami, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *