Manfaat Buah Pepaya

Manfaat Buah Pepaya

Manfaat Buah Pepaya

Siapa yang tak kenal dengan buah pepaya? Buah pepaya merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Jawa biasa menyebutnya dengan kates, dan orang melayu biasa menyebut buah pepaya dengan buah botik.

Manfaat Buah Pepaya

Buah pepaya adalah buah yang memiliki nama latin Catrica papaya L.  Tanaman buah pepaya sebenarnya berasal dari Meksiko bagian utara dan bagian selatan. Namun sekarang ini tanaman buah pepaya sudah menyebar luas. Bahkan buah pepaya sudah banyak ditanam di seluruh wilayah tropis di dunia.

Buah yang satu ini terkenal dengan khasiat yang dimilikinya yaitu melancarkan BAB atau Buang Air Besar. Namun disamping itu, ternyata buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Pepaya

Setiap 100 gram buah pepaya memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi, yaitu:

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 43 kcal
Karbohidrat 10,82g
Air 88g
Protein 0,47g
Gula 7,82g
Serat 1,7g
Lemak 0,26g
Vitamin A 47µg 6%
Vitamin C 62mg 75%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,3mg 2%
Vitamin K 2,6µg 2%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,023mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,027mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,357mg 2%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,191mg 4%
Vitamin B9 (Folat) 38µg 10%
Kalsium 20mg 2%
Zat Besi 0,25mg 2%
Magnesium 21mg 6%
Fosfor 10mg 1%
Potassium (Kalium) 182mg 4%
Sodium 8mg 1%
Seng (Zinc) 0,08mg 1%

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Buah pepaya merupakan salah satu buah tropis yenga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Adapun beberapa manfaat dari buah pepaya untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah Terjadinya Penyakit Kanker

Buah pepaya memiliki kandungan antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas. Radial bebas sendiri dipercaya merupakan salah satu penyebab penyakit. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah percaya bisa membantu untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

Menurut sebuah jurnal penelitian yang memiliki judul Cancer Epidemiology and Prevention Biomakers, kandunan antioksidan dan beta karoten dalam buah pepaya memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah penyakit kanker prostat pada pria.

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K merupakan salah satu kandungan nutrisi yang memiliki peran sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Jika kekurangan asupan vitamin A maka bisa meningkatkan resiko terjadinya patah tulang.

Bahkan selain itu juga dapat menimbulkan beberapa masalah pada kesehatan tulang. Vitamin K memiliki fungsi dalam meningkatkan penyerapan kalsium yang bisa membantu untuk memperkuat dan membangun kembali tulang yang rusak

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah pepaya memiliki kandungan enzim yang biasa disebut dengan Papain. Enzim Papain memiliki manfaat untuk bisa memperlunak makanan daging yang Anda makan sehingga sudah pasti akan sangat baik untuk sistem pencernaan.

Selain itu, buah pepaya juga memiliki kandungan air dan serat dalam jumlah yang sangat baik sehingga bisa membantu untuk mencegah sembelit dan dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan serat, vitamin, potasium (kalium) dalam buah pepaya bisa membantu dalam mencegah penyakit jantung. Dengan meningkatkan asupan kalium serta mengurangi untuk mengonsumsi sodium merupakan perubahan diet yang paling penting dalam menurunkan risiko penyakit kardioaskular.

Penyakit kardiovaskular sendiri merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Sehingga jika Anda mengonsumsi buah pepaya secara rutin bisa dipastikan kesehatan jantung Anda akan selalu terjaga.

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Zeaxanthin adalah sebuah senyawa tumbuh-tumbuhan yang ada di dalam buah pepaya. Senyawa yang satu ini bisa menyaring sinar biru atau blue light ray yang sangat berbahaya bagi mata.

Kandungan vitamin A, lutein, beta karoten, karotenoid dan juga zaxanthin yang ada dalam buah pepay memiliki manfaat untuk dapat melindungi mata dari segala kerusakan. Selain itu, beberapa kandungan tersebut juga dapat mencegah perkembangan degenerasi makula yang berkaitan dengan usian dan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit mata yang lainnya.

  1. Meredakan Peradangan

Dua enzim paling penting yang terkandung dalam buah pepaya, yaitu Cyhmopapain dan Papain memiliki manfaat untuk dapat meredakan peradangan. Selain bermanfaat untuk peradangan, kedua enzim juga bisa mempercepat penyembuhan pada luka bakar.

Disamping itu, kandungan beta karoten dan vitamin C dalam jumlah yang sangat tinggi dalam buah pepaya memiliki khasiat untuk membantu dalam mengurangi peradangan.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Pepaya juga merupakan salah satu makanan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan rambut. Vitamin A yang ada di dalam buah pepaya merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan dalam memproduksi sebum supaya rambut menjadi tetap lembab.

Vitamin A juga sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan seluruh jaringan tubuh termasuk rambut dan kulit. Asupan vitamin C yang cukup juga sangat diperlukan dalam membangun dan merawat kolagen. Kolagen sendiri merupakan salah satu jenis protein penting yang memberikan struktur dalam kulit.

  1. Mengurangi Rasa Mual

Apabila Anda sedang mengalami mual, maka sebaiknya mencoba untuk memakan buah pepaya. Buah pepaya dipercaya mampu untuk mengurangi rasa mual. Tetapi bagi wanita yang sedang hamil lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, apakah diperbolehkan untuk mengonsumsi buah pepaya ataukah tidak.

  1. Mengobati Ruam

Sebagian besar orang beranggapa bahwa manfaat buah pepaya hanya bisa didapatkan dari daging buahnya saja. Padahal kulit buah pepaya juga bisa dijadikan sebagai obat alami yang ampun dalam mengobati ruam dan kulit yang telah terbakar matahari.

Hal ini dikarenkan sensasi dinding dari kulit buah pepaya akan memberikan efek yang sangat menenagkan bagi kulit yang ruam atau kulit yang terbakar oleh matahari.

  1. Menjadi Anti Parasit

Selama berabad-abad lamanya, akar dan biji buah pepaya dimanfaatkan untuk membuat teh yang memiliki manfaat dalam mengusir parasit, mengurangi pendarahan, serta mencegah kolik ginjal atau penyakit kuning. Sebanyak 20 biji buah pepaya memiliki kandungan protein yang sangat mudah untuk dicerna, dapat dikunyah atau ditelan untuk dapat menghilangkan sebagian besar parasit.

Menurut sebuah studi dari Nigeria dan diterbitkan langsung di Journal of Medicinal Foof menemukan bahwa biji buah pepaya kering merupakan salah satu pengobatan yang paling efektif, murah, alami dan juga banyak tersedia khusus untuk parasit usus manusia tanpa memberikan efek samping secara signifikan.

  1. Mencegah Asma

Resiko berkembangnya penyakit asma akan lebih rendah untuk orang-orang yang memakan sejumlah besar nutrisi tertentu. Salah satu kandungan nutrisi tersebut adalah beta karoten, yang dimana terkandung dalam buah-buahan termasuk buah pepaya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai “Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan”. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *