Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah naga atau Hylocereus undatus merupakan salah satu tanaman sejenis kaktus yang berasal dari wilayah Mesksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Tanaman ini sekarang sudah menyebar luas ke berbagai negara di belahan dunia termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali petani yang membudidayakan buah naga dalam skala besar. Buah naga pun sudah semakin populer karena memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Bahkan buah naga juga biasa disebut dengan tanaman herbal. Hal ini karena buah naga banyak dikonsumsi oleh masyarakat untuk membantu dalam proses penyembuhan berbagai macam jenis penyakit.

Baik buah naga putih ataupun buah naga merah keduanya sama-sama mempunyai manfaat penting untuk kesehatan. Mengonsumsi buah naga secara rutin bisa memberikan efek yang positif untuk kesehatan tubuh.

Buah segar yang satu ini bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar atau bisa juga diolah terlebih dahulu menjadi berbagai bentuk olahan makanan dan minuman seperti jus, bubur, keripik, salad, agar-agar, dan lain sebagainya.

Kandungan Gizi Buah Naga

Manfaat dan khasiat buah naga bisa Ada dapatkan karena kandungan gizi dan nutrisinya yang sangat beragam. Dalam setiap 100 gram atau 7 sendok makan buah naga, terkandung gizi dan nutrisi sebagai berikut ini:

No Gizi Jumlah/100 gr %AKG Harian
1 Air 87 gr NA
2 Protein 1.1 gr 2.1%
3 Lemak 0.4 gr NA
4 Karbohidrat 11.0 gr 3.4%
5 Serat 3 gr 12%
6 Vitamin B1 (Thiamine) 0.04 mg 2.7%
7 Vitamin B2 (Riboflavin) 0.05 mg 2.9%
8 Vitamin B3 (Niacin) 0.16 mg 0.8%
9 Vitamin C (Ascorbic Acid) 20.5 mg 34.2%
10 Kalsium (Ca) 8.5 mg 0.9%
11 Besi (Fe) 1.9 mg 10.6%

 

Manfaat dan Khasiat Buah Naga

Manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh sebenarnya bukan merupakan fakta baru. Tetapi manfaat buah yang satu ini secara spesifik masih belum banyak menjadi perhatian. Adapun manfaat dan khasiat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi buah naga adalah sebagai berikut:

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah naga yang pertama adalah dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, tetapi sangat rendah lemak dan karbohidrat. Tentu saja buah naga bisa menjadi salah satu camilan yang cocok bagi Anda yang sekarang ini sedang menjalani program diet.

  1. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah naga memiliki kandungan vitamin B yang sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Maka dari itu, khasiat buah ini akan sangat dirasakan oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi apabila dikonsumsi secara teratur.

Mengonsumsi buah naga secara teratur juga dapat mencegah penyakit jantung koroner atau penyakit stroke akibat dari kadar kolesterol yang sangat tinggi.

  1. Dapat Mengatasi Diabetes

Tidak hanya berkhasiat untuk penderita kolesterol tinggi saja, manfaat buah naga juga bisa dirasakan secara langsung bagi penderita diabetes. Rasanya yang cukup manis karena buah naga mempunyai kandungan gula yang rendah sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Dapat Meningkatkan Stamina

Pada saat musim berganti (pancaroba), sebaiknya Anda mengonsumsi buah-buahan seperti buah naga. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan vitamin dan antioksidan  yang sangat tinggi sehingga dapat menambah stamina tubuh supaya tidak mudah sakit.

  1. Dapat Meredakan Sakit Tenggorokan dan Sariawan

Mengalami sakit tenggorokan ataupun sariawan tentu akan membuat Anda merasa sangat tidak enak saat makan dan minum. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa langsung mengonsumsi buah naga.

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat efektif untuk menyembuhkan sakit sariawan dan juga tenggorokan. Selain itu, teksturnya yang sangat lembut juga dapat meringankan kerja mulut dan  tenggorokan.

  1. Dapat Meredakan Asma

Kandungan vitamin B3 yang ada di dalam buah naga ampuh untuk meredakan asam. Maka dari itu, buah naga sangat bagus untuk dikonsumsi jika asma sedang kambuh atau bisa juga dikonsumsi secara teratur supaya asma tidak kambuh lagi.

  1. Meredakan Batuk

Vitamin A yang terkandung dalam buah naga juga bisa meredakan batuk. Jika Anda sedang batuk dan batuk tersebut tak kunjung sembuh maka Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah naga. Namun hal ini juga tetap harus diimbangi dengan minum obat batuk.

  1. Menstabilkan Darah Tinggi

Kandungan gizi yang ada di dalam buah naga juga sangat bagus untuk dikonsumsi bagi Anda yang menderita penyakit darah tinggi. Vitamin B3 memiliki peran penting dalam menstabilkan tekanan darah apabila kitar rutin saat mengonsumsinya.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah naga yang selanjutnya adalah baik untuk sistem pencernaan. Hal ini karena kandungan serat yang ada dalam buah naga cukup tinggi sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi buah naga setiap hari.

  1. Menguatkan Jantung

Segala macam gangguan pada jantung sebenarnya bisa dicegah sejak dini,  seperti rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah naga.

Kandungan phytochemical captin yang ada di dalam buah naga memiliki peran penting untuk menguatkan jantung. Maka dari itu, sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi buah naga mulai sekarang.

  1. Mecegah Osteoporosis

Salah satu khasiat buah naga yang bisa dirasakan dalam jangka panjang adalah dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulag atau osteoporosis. Hal ini karena adanya kalsium organik yang terkandung dalam buah naga.

  1. Dapat Mencegah Kanker

Buah naga juga dapat mencegah kanker karena adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan inilah yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kanker yang diakibatkan oleh radikal bebas.

  1. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Ternyata buah naga juga memiliki manfaat untuk kecantikan, yaitu mencegah penuaan dini. Manfaat ini tentunya akan terbukti jika Anda mengonsumsi buah naga secara teratur. Kandungan antioksidan dalam jumlah banyak dapat membantu untuk mengencangkan kulit serta meregenerasi sel-sel kulit yang telah rusak.

  1. Dapat Mencegah Anemia

Buah naga memiliki kandungan zat besi cukup tinggi yang sangat baik dalam meningkatkan kadar hemoglobin bagi penderita anemia. Kandungan ini juga bisa membantu untuk memproduksi sel-sel dara merah, yang nantinya dapat membantu untuk oksigenasi yang tepat dari bagian organ-organ vtal.

  1. Mencegah Kerusakan Rambut

Nutrisi dalam jumlah besar yang ada dalam buah naga juga bisa mencegah kerusakan pada rambut akibat bahan-bahan kimia yang umumnya ada dalam pewarna rambut. Hal ini dapat meningkatkan tekstur serta mengembalikan kilau rambut Anda.

Selain itu, buah naga juga mempunyai berbagai manfaat yang tak kalah penting, yaitu :

  1. Menguatkan Gigi
    2. Mengencangkan Kulit Wajah
    3. Untuk Membersihkan Usus
    4. Mengatasi Peradangan
    5. Menyehatkan Mata
    6. Mengatasi Kram
    7. Dapat Meningkatkan ASI
    8. Mengatasi Jerawat
    9. Melancarkan Sistem Peredaran Darah
    10. Dapat Menjaga Kelembaban Kulit
    11. Dapat Menjaga Ion Tubuh
    12. Membantu untuk Menjaga Kesehatan Syaraf
    13. Melindungi Usus dari Berbagai Bakteri
    14. Dapat Menyehatkan Otot
    15. Mencegah Influenza

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *