10 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Istanatanaman.COM – Matoa adalah salah satu jenis tanaman buah yang memiliki nama latin Pometia Pinnata. Tanaman buah khas papua ini merupakan famili dari Sapindaceae atau satu famili dengan buah rambutan.

Buah matoa memiliki banyak kandungan vitamin C dan E, serta mengandung glukosa jenuh. Vitamin C memiliki khasiat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan vitamin E bisa membantu untuk meringankan stress, memberikan nutrisi untuk kulit, dan dapat menimalisir resiko terkena penyakit jantung koroner dan kanker.

Analisis terhadap komponen yang terdapat dalam kulit buah matoa mengandung adanya saponin, tanin, dan alkaloid (Faustina, dkk.. 2014). Tanin bekerja sebagai antibakteri dengan cara menghambat enzim reverse transkriptase dan juga DNA topoisomerase. Dengan demikian maka sel bakteri nantinya tidak bisa terbentuk (Nuria dkk., 2009).

Manfaat Buah matoa untuk kesehatan

Kandungan zat tannin sendiri mempunyai aktifitas sebagai antibakteri dimana berkaitan langsung dengan kemampuan yang dimilikinya untuk dapat menginaktifkan adhesin sel mikroba sekaligus menginaktifkan enzim, dan akan menganggu transport protein pada lapisan yang terdapat dalam sel (Cowan, 1994).

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai “Khasiat dan Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan Tubuh. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

10 Manfaat dan Khasiat Buah Matoa

Buah matoa diketahui memiliki banyak sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Manfaat dan Khasiat Buah Matoa untuk Diabetes

Buah matoa sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes, hal ini dikarenakan buah matoa memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dalam mengontrol kadar gula darah.

2. Manfaat Buah Matoa untuk Mencegah Jerawat

Jerawat adalah suatu gangguan yang terjadi pada kesehatan kulit, khususnya pada kulit wajah. Jerawat bisa membuat Anda menjadi kurang percaya diri dan minder. Kulit wajah yang mengalami jerawat maka mengindikasikan kulit yang tidak sehat atau kekurangan vitamin.
Maka dari itu, Anda bisa mengatasi kulit berjerawat ini dengan mengonsumsi buah matoa sehingga kulit akan menjadi bersih. Ini karena adanya kandungan vitamin C dan E dalam buah matoa yang bisa mencegah timbulnya jerawat.

3. Manfaat Buah Matoa untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Buah matoa mempunyai manfaat ampuh dalam mengontrol teknan darah. Cobalah untuk memakan atau mengonsumsi buah matoa supaya tekanan darah Anda menjadi lebih stabil. Hal ini karena memang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Manfaat Buah Matoa Sebagai Sumber Energi

Setelah melakukan aktifitas seharian penuh, maka energi dalam tubuh akan menjadi berkurang dan terasa sangat letih. Untuk bisa mengembalikan energi yang sudah hilang ini maka Anda bisa langsung mengonsumsi buah matoa supaya bisa beraktifitas kembali.

5. Manfaat Buah Matoa Untuk Mengatasi Stres

Stres bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah karena pekerjaan sehari-hari yang bisa menekan keadaan psikis seseorang. Apabila dibiarkan begitu saja maka hal ini bisa menimbulkan berbagai hal yang negatif pada seseorang.

buah matoa

Nah, jika Anda sedang mengalami stres maka cobalah untuk langsung mengonsumsi buah matoa ini. Memang buah matoa ini sangat ampuh untuk membuat tubuh terasa sangat bugar dan dapat mengurangi stres.

6. Manfaat Buah Matoa Untuk Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Setiap orang tentu sudah pasti memiliki racun yang seringkali menyerang tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa masuknya zat-zat racun ini ke dalam bagian tubuh bisa melalui berbagai hal. Bisa melalui makanan yang kurang sehat ataupun yang lainnya.

Jika racun ini dibiarkan terus-menerus maka nantinya akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan zat-zat racun ini. Salah satu cara paling ampuh untuk mengeluaran zat-zat racun yang terdapat dalam tubuh ini adalah dengan mengonsumsi buah matoa. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka Anda bisa mengonsumsi buah matoa ini secara rutin.

7. Manfaat Buah Matoa Sebagai Anti Kanker

Setiap buah-buah yang memiliki kandungan antioksidan sangat bermanfaat sebagai penangkal penyakit kanker. Hal ini tentu juga berlaku pada buah matoa. Buah langka yang satu ini diketahui mempunyai banya sekali kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Buah ini memang memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat. Antioksidan yang terkandung dalam buah matoa sangat bermanfaat untuk bisa menangkal radikal bebas serta menghancurkan sel-sel kaker. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam mengurangi resiko serangan kanker.

8. Manfaat Buah Matoa untuk Mengatasi Sembelit

Manfaat buah matoa yang selanjutnya adalah untuk dapat mengatasi sembelit. Buah matoa memang sangat bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan buah matoa memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Jika misalnya terjadi masalah pada saluran sistem pecernaan seperti sembelit maka Anda sudah tidak perlu bingung lagi. Anda bisa langsung mengonsumsi buah matoa untuk mengatasi sembelit yang sedang Anda alami dengan cepat dan mudah. Caranya cukup mengonsumsi buah ini secara rutin.

Tidak hanya mengatasi sembelit saja, buah matoa juga memiliki manfaat yang lainnya jika dikonsumsi secara rutin. Dengan mengonsumsi buah matoa secara rutin maka bisa meringankan gangguan yang terjadi dalam sistem pencernaan dan bisa melancarkan BAB. Jadi apabila Anda mengalami kesulitan untuk BAB maka bisa langsung mengonsumsi buah ini.

9. Manfaat Buah Matoa Sebagai Obat Ambeien

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa buah matoa sangat bermanfaat pada sistem pencernaan manusia. Mengonsumsi buah matoa secara rutin memang bisa mengatasi gangguan kesehatan yang terjadi sistem pencernaan, salah satunya adalah penyakit ambeien.
Jika misalnya Anda, saudara, atau teman Anda sedang mengalami ambeien ringan, maka Anda bisa mengonsumsi buah matoa. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka Anda bisa mengonsumsi buah matoa secara rutin. Buah matoa ini diketahui memiliki manfaat untuk mengatasi gejala ambeien ringan secara alami.

10. Manfaat Buah Mata untuk Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini yang seringkali muncul pada kulit seseorang adalah adanya kerutan-kerutan dan juga garis-garis halus yang terdapat pada kulit wajah. Inilah yang menjadi penyebab kulit menjadi terlihat keriput.

Untuk mencegah penuaan dini ini bisa Anda atasi dengan mudah yaitu dengan mengonsumsi buah matoa. Jika buah langka ini Anda konsumsi secara teratur diketahui mampu untuk mencegah serta memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

Demikian sedikit ulasan dari kami kali ini mengenai “khasiat dan manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan Tubuh”. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua atau setidaknya bisa menambah sedikit wawasan Anda tentang buah langka yang satu ini.