Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Buah alpukat atau persea americana merupakan buah yang biasa disebut dengan apokat atau avokad. Banyak sekali orang yang enggan mengonsumsi buah segar ini karena mereka beranggapan bahwa alpukat memiliki kandungan banyak lemak.

Mereka berpikir bahwa buah alpukat sangat tidak baik untuk kesehatan karena bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, membuat kegemukan, dan lain sebagainya. Namun anggapan seperti ini tidak benar adanya, justru kebalikannya.

Buah alpukat merupakan buah yang paling menyehatkan. Lemak yang ada di dalam buah alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Rasa buah alpukat ini memang hambar atau tawar, maka dari itu banyak yang mengonsumsi buah alpukat dengan mengolahnya menjadi jus ataupun olahan yang lainnya. Selain banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan konsumsi, daging pada buah alpukat juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan produk kosmetik dan kecantikan.

Alpukat memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin B, vitamin E, vitamin K dan juga beberapa senyawa yang lainnya. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan kalium dalam jumlah yang cukup tinggi.

Kandungan kalium yang ada di dalam alpukat yang masih segar 60% jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kalium yang ada di dalam buah pisang. Kandungan serat yang terkandung dalam buah alpukat bisa dibilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya.

Kandungan Gizi Buah Alpukat

Berikut ini adalah kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam buah alpukat atau avocado:

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 160 kal
Karbohidrat 8,5g
Air 73%
Protein 2g
Gula 0,7g
Serat 6,7g
Lemak 14,7g
Vitamin A 7µg 1%
Vitamin C 10mg 11%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 2,07mg 14%
Vitamin K 21µg 18%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,13mg 10%
Vitamin B3 (Niacin) 1,74mg 11%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 1,39mg 28%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,26mg 20%
Vitamin B9 (Folat) 81µg 20%
Vitamin B12 0µg
Cholin 14,2mg 3%
Kalsium 12mg 1%
Zat Besi 0,55mg 7%
Magnesium 29mg 7%
Fosfor 52mg 7%
Potassium (Kalium) 485mg 10%
Sodium 7mg 0%
Seng (Zinc) 0,64mg 6%
Tembaga (Copper) 0,19mg 21%
Manganese 0,14mg 6%
Selenium 0,4µg 1%

 

Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

  1. Sebagai Sumber vitamin E

Vitamin E disini memiliki peran yang bisa dibilang cukup penting untuk selalu menjaga kesehatan. Dengan adanya kandungan vitamin E di dalam buah alpukat maka memiliki banyak manfaat seperti untuk menjaga kesehatan kulit, dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit serta membantu untuk mempertahankan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah alpukat memiliki banyak kandungan serat, baik itu serat yang larut ataupun serat yang tidak larut. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kandungan serat memiliki manfaat untuk dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan menjaga sistem pencernaan agar selalu dalam keadaan sehat.

  1. Baik untuk Wanita Hamil

Kandungan folat yang ada di dalam buah alpukat memiliki manfaat untuk dapat membantu pertumbuhan janin dan juga menyehatkan janin. Para dokter kebanyakan memberi saran kepada wanita hamil agar mengonsumsi banyak makanan yang memiliki kandungan folat.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buah alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal atau yang biasa disebut dengan lemak baik. Mengonsumsi buah alpukat bisa memberikan efek kenyang yang sangat lama. Dengan demikian bisa mengontrol keinginan Anda untuk makan secara terus menerus dan dapat mengontrol berat badan agar tetap ideal.

  1. Dapat Melancarkan BAB

Buah alpukat memiliki kandungan serat dalam jumlah yang cukup tinggi. Serat sendiri memiliki manfaat untuk dapat menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan serat juga bermanfaat untuk mencegah sembelit.

  1. Dapat Menyehatkan Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah

Lemak tak jenuh tunggal atau lema baik merupakan lemak yang memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin maka bisa membantu untuk menjaga kesehatan jantung dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Lemak tak jenuh atau lemak baik yang ada di dalam buah alpukat memiliki manfaat untuk dapat membalikkan resistensi insulin yang bisa mengarah pada penyakit diabetes type 2. Dengan demikian maka Anda akan terhindar dari penyakit diabetes ini.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin. Beberapa macam vitamin yang ada di dalam buah alpukat adalah vitamin C dan vitamin E. Selain itu buah alpukat juga memiliki kandungan flavanoid.

Beberapa kandungan tersebut memiliki peran penting dalam melawan radikal bebas dan bisa mencegah dengan sebaik mungkin pertumbuhan sel-sel kanker.

  1. Dapat Menyehatkan Mata

Manfaat buah alpukat yang selanjutnya adalah untuk sistem penglihatan, yaitu mata. Mengonsumsi buah alpukat diketahui memiliki manfaat untuk membantu dalam menyehatkan mata.

Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan vitamin di dalam buah alpukat. Kandungan vitamin A dalam buah yang satu ini mampu untuk melindungi mata Anda dari berbagai macam penyakit mata.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer

Vitamin E dan omega 3 yang ada di dalam buah alpukat memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer. Agar terhindar dari penyakit yang satu ini maka usahakan untuk mengonsumsi buah alpukat secara rutin.

  1. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa ahli menunjukkan bahwa senyawa beta sitosterol ada di dalam buah segar ini. Senyawa beta sitosterol ini diketahui memiliki khasiat untuk dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Hal tersebut didukung langsung oleh sebuah studi yang menjelaskan bahwa mengonsumsi buah alpukat dalam kurun waktu selama satu minggu maka dapat menurunkan kadar kolesterol hingga sebanyak 17%.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Stroke

Buah alpukat merupakan buah yang memiliki banyak kandungan follat. Folat dalam jumlah yang sangat tinggi dalam buah alpukat memiliki manfaat untuk dapat menurunkan resiko terkena serangan penyakit stroke.

  1. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Monostaurated Fats atau Lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalam buah alpukat memiliki khasiat untuk dapat meningkatkan warna kulit. Banyak orang yang menyebut jenis lemak ini sebagai lemak baik. Jenis lemak yang satu ini merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kelembaban pada lapisan epidermis kulit.

Dengan demikian maka kulit Anda akan terlihat secara lembut dan sehat. Maka dari itu, konsumsilah buah alpukat secara rutin agar kecantikan dan kesehatan kulit Anda selalu terjaga.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai “Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh”. Semoga apa yang telah kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *