Langkah-Langkah Menanam Tomat Hidroponik Sistem Nft

Langkah-Langkah Menanam Tomat Hidroponik Sistem Nft

Langkah-Langkah Menanam Tomat Hidroponik Sistem Nft

Kegiatan bercocok tanam adalah usaha menumbuhkan tanaman baik sayuran buah, sayuran, tanaman hias, buah  yang dilakukan pada media tanam dan cara perawatan tertentu. Pada dasarnya  media tanam yang wajar digunakan dalam bercocok tanam  adalah tanah dan campuran pupuk kompos, tanah sendiri untuk media bertumbuhnya akar sedangkan pupuk kompos sebagai nutrisi atau suplemen makanan yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh berkembang.

Selain tanah dan suplemen makanan tanaman membutuhkan air, seperti halnya manusia yang juga butuh air, air pada tanaman sebagai pelarut nutrisi untuk mempermudah penyerapannya oleh tanaman. Air bukan hanya untuk melarutkan nutrisi pada tanaman saja, dalam bercocok tanam dengan metode yang hits saat ini dan beberapa tahun belakangan ini, air juga untuk media tanam nya dan sebagai berkembangnya akar.

Metode ini disebut dengan metode bercocok tanam hidroponik. Ada banyak tanaman yang sering kita jumpai pada sistem hidroponik ini seperti terong, cabai, strawberry, sawi, kangkung, selada, tomat dan masih banyak lagi, kali ini kita akan membahas tentang tomat hidroponik. Siapa yang tidak kenal dengan buah tomat?

Iya tomat buah yang sering kali menjadi teman selada dan timun untuk lalapan, karena buahnya yang segar tomat juga acap kali digunakan untuk masker, ataupun jus karena kandungan vitamin yang dimiliki. Kita hanya sering kali memakan dan memanfaatkan buahnya saja tanpa mengetahui proses penanaman buah tomat ini. Untuk mengetahuinya akan kita bahas dalam artikel ini.

Langkah-Langkah Menanam Tomat Hidroponik Sistem Nft

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tanaman tomat hidroponik menggunakan sistem wick, kali ini kita akan sedikit membahas tentang penanaman tomat dengan sistem NFT.

Apa sih NFT itu?, ya NFT merupakan singkatan dari “Nutrient Film Technique” yang mempunyai arti “nutrisi mengalir tipis secara terus menerus“. Untuk lebih jelasnya kita ikuti langkah- langkah penanaman tomat dengan sistem NFT.

TAHAPAN LANGKAH- LANGKAH MENANAM TOMAT HIDROPONIK

  1. Cara Membuat Instalasi Hidroponik NFT System

Alat dan bahan

  • pipa paralon
  • pompa air
  • tandon(dapat menggunakan box styrofoam, ember besar atau wadah yang pastinya ukuran disesuaikan dengan jumlah tanaman)
  • Netpot
  • Selang
  • Rak

Guli disusun diatas rak, kemudian posisikan sedikit miring agar larutan nutrisi dari tandon dapat mengalir perlahan dan kembali ke tandon. Pipa paralon (guli) dari bahan PVC ini bagian atasnya dilubangi sesuai dengan diameter ukuran netpot. Jarak antar lubang dibuat dengan rentang jarak antara 60-70 cm.

  1. Menyiapkan Benih Tomat Hidroponik

Benih tomat dapat diperoleh dari toko pertanian didekat anda atau toko online yang menjual eceran benih tomat dan kalau ingin tidak mengeluarkan biaya berlebih atau lagi mager ke toko pertanian, ambil tomat didapur lalu ambil bijinya dan keringkan untuk menghilangkan kadar air didalam biji.

  1. Cara Menyemai Benih Tomat Hidroponik

Untuk menanam hidroponik dengan sistem wick kita menggunakan arang sekam, beda dengan sistem NFT (Nutrient Film Technique) kita menggunakan media tanam dari rockwoll. Berikut cara penyemainnya,

  • Pertama potong rockwol menjadi seperti dadu dengan ukuran disesuaikan dengan netpot yang
  • Sirami rockwol dengan air lalu lubangi bagian tengahnya untuk meletakkan biji tomat.
  • Dalam satu potong rockwol diisi satu biji, lalu letakkan rockwoll tersebut pada nampan.
  • Letakkan semaian benih tomat pada tempat yang gelap.
  • Bila sudah berkecambah letakkan benih pada tempat yang sedikit terkena sinar matahari dan perkenalkan bibit tomat dengan sinar matahari secara penuh secara bertahap.
  • Untuk nutrisi bibit tomat kita menggunakan nutrisi ab mix dengan ppm yang rendah
  • Bila bibit sudah berumur 20- 25 hari pasca semai bibit siap dipindah tanam.
  1. Cara Menanam Bibit Tomat Hidroponik Sistem NFT

Jika instalasi sistem NFT  dan bibit tanaman tomat sudah siap. Kemudian isi tandon dengan laritan nutrisi ab mix secukupnya. Lalu hubungkan pompa air dengan aliran listrik agar nutrisi mengalir ke guli. Setelah itu masukkan bibit tomat sekalian dengan rockwolnya kedalam netpot, dan letakkan netpot di lubang tanam yang sudah dibuat. Proses penanaman bibit tomat sudah selesai.

  1. Dosis PPM Nutrisi Untuk Tomat Hidroponik sistem NFT

Pemberian kadar PPM nutrisi pada tomat:

  • Pada minggu ke 1 atau umur tomat dari ditanamnya bibit tomat sampai 7 hari, kadar nutrisi yang diberikan sebanyak 500 ppm
  • Pada minggu ke 2 atau umur tomat 8-14 hari pasca tanam, kadar nutrisi yang diberikan sebanyak 750 ppm
  • Umur tomat 15-30 hari pasca tanam, kadar nutrisi yang diberikan sebanyak 1000 ppm.
  • Tomat berumur 31 – 45 hari, kadar nutrisi yang diberikan sebanyak 1500 ppm.
  • Tomat berumur 46 – 75 hari, kadar nutrisi yang diberikan sebanyak 2500 ppm.
  • Tomat sudah berumur 76 – 90 hari, kadar nutrisi yang diberikan sebanyak 3500 ppm.
  1. Cara Pemeliharaan dan Perawatan Tomat Hidroponik
    • Penambahan larutan nutrisi selalu dicek, semakin bertambah umur tomat semakin banyak nutrisi yang diperlukan.
    • Bila saat tomat berbunga pengecekan harus rutin karena kemungkinan besar bila tidak ada pengecekan secara rutin pada nutrisinya bunga tomat akan kering dan mati.
    • Penambahan doosis pada menti dilakukan seminggu sekali.
    • Mengecek PH larutan nutrisi untuk tomat, idealnya PH yang terkandung pada larutan untuk tomat yaitu 5,5 – 6,5.
    • Semprotkan cairan insektisida pada tanaman tomat sesuai kadar yang sesuai
  2. Pengendalian Hama dan Penyakit Tomat Hidroponik sistem NFT

Seperti halnya tanaman lain termasuk tomat, tanaman tomat hidroponik juga mudah terserang hama dan penyakit. Pemeliharaan dan perawatannya cukup mudah dan tidak terlalu rumit, tapi kita juga tidak boleh terlalu mengabaikannya. Tanaman tomat harus terkena sinar matahari yang cukup dan nutrisi yang sesuai dengan umurnya.

Bila terjadi bercak daun, busuk akar, buah lakukan pemotongan pada bagian yang diserang hama penyakit, dan apabila menyerang tanaman keseluruhan musnahkan agar tidak dapat menular ke tanaman lainnya dan lakukan penyemprotan cairan fungisida atau bakterisida seperlunys dengan kadar yang sesuai.

  1. Pemanenan Tomat Hidroponik sistem NFT

Buah tomat bisa dipanen bila sudah berumur 60-90 hari pasca tanam, tergantung varietas yang ditanam, karena masa panen antar varietas tanaman tomat tidaklah sama. Tanda tomat sudah siap dipanen memiliki ciri-ciri 90% warna kulit keseluruhan buah tomat sudah memerah. Bila ingin memanen tomat dalam keadaan masih hijau (biasanya tomat hijau untuk pendamping timun, selada untuk lalapan) waktu panen bisa lebih cepat.

Baca Juga artikel ini : cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon

Demikian sekilas cara penanaman tanaman tomat secara sederhana dengan menggunakan sistem NFT, mungkin seperti halnya penulis lain, saya masih belajar menulis artikel tentang tanaman ini dan juga mungkin saya tidak bisa spesifik menjelaskan cara penanamannya. Sebagai penulis berharap  dengan adanya artikel ini dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk anda ya sobat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *