Khasiat Daun Seledri

Khasiat Daun Seledri

Khasiat Daun Seledri

Seledri atau dalam bahasa Inggris biasa disebut sebagai Celery merupakan salah satu sayuran yang sering dijadikan sebagai bumbu penyedap makanan. Tanaman sayur yang sudah dikenal sejak lama dan bahkan ribuan tahun lalu mempunyai aroma yang sangat khas serta sering dimanfaatkan  dalam kuliner dan pengobatan.

Khasiat Daun Seledri

Di wilayah Asia, seperti di negara China, Jepang, dan Indonesia, seledri banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu makanan. Bagian seledri yang biasa dimanfaatkan adalah bagian tangkai daunnya.

Kandungan Gizi Seledri

Berikut ini adalah berbagai macam kandungan nutrisi  dan gizi yang dimiliki oleh setiap 100 gram seledri:

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 16kcal (67 kJ) <1%
Karbohidrat 2,97g 5,5%
Air 94,43g
Protein 0,69g 6%
Gula 1,34g
Serat 1,6g
Lemak 0,17g
Vitamin A 22µg 3%
Vitamin C 3,1mg 4%
Vitamin D 0 IU 0%
Vitamin E 0,27mg 2%
Vitamin K 29,3µg 28%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,021mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,057mg 5%
Vitamin B3 (Niacin) 0,320mg 2%
Vitamin B6 0,074mg 6%
Vitamin B9 (Folat) 36µg 9%
Kalsium 40mg 4%
Zat Besi 0,20mg 2%
Magnesium 11mg 3%
Fosfor 27mg 4%
Potassium (Kalium) 260mg 6%
Sodium 80mg 5%
Seng (Zinc) 0,13mg 1%

 

Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Seledri memiliki kandungan berbagai macam nutrisi, gizi, mineral dan senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Adapun manfaat seledri untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

  1. Dapat Mengurangi Peradangan

Seledri memiliki kandungan antioksidan alami yang bermanfaat untuk dapat mengobati kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang berkontribusi langsung terhadap peradangan. Beberapa penyakit seperti radang sendi, penyakit jantung, dan penyakit kanker juga diakibatkan oleh peradangan ini.

Seledri juga memiliki kandungan caffeicacid, asam ferulic, dan juga quecetin yang sangat efektif dalam mengatasi berbagai macam peradangan seperti infeksi ginjal dan hati, sindrom iritasi usus, nyeri sendi, gangguan pada kulit dan juga infeksi dalam saluran kemih.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi seledri dengan sesering mungkin secara efektif bisa mengontrol kolesterol yang sangat unik. Sebuah senyawa penting yaitu 3-n-butylphthalide (BuPh) mempunyai efek untuk mengurangi kolesterol total, kolesterol lipoproten, dan juga konsentrasi trigliserida.

  1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Menjaga Kesehatan Jantung

Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan resiko penyakit jantung koroner yang bisa menyebaban kematian. Ekstrak biji seledri ampuh untuk mengatasi tekanan darah tinggi karena mempunyai sifat anti-hipertensi.

Sealain itu, kandungan kalsium dan kalium memberikan efek relaksasi otot sehingga bisa membantu dalam mengendalikan tekanan darah. Ekstrak seledri bisa menjaga kesehatan jantung manusia secara menyeluruh.

Vitamin K yang ada di dalam seledri juga bisa menjaga arteri serta pembuluh darah sehingga bisa membawa darah ke seluruh bagian tubuh dengan sehat. Arteri yang telah rusak ataupun lemah dapat menimbulkan resiko yang jauh lebih tinggi untuk mengalami pembekuan darah.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Liver atau Hati

Seledri memiliki kandungan kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga zat besi bisa dibilang merupakan makanan pembersih liver atau hati yang ideal. Konsumsi seledri secara rutin bisa membantu untuk melindungi ginjal dan liver atau hati.

Selain itu, juga dapat mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan liver atau hati. Seledri juga memiliki kandungan sifat diuretik yang bisa menghilangkan racun, limbag, da juga kontamin dari seluruh tubuh manusia.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa seledri mempunyai sifat anti-inflamasi, apigenin, luteolin flavonoid dan antioksida alami sehingga sayuran ini mampu untuk menangkal sel-sel kanker seperti kanker pancreas, kanker paru-paru, kanker payudara, dan juga kanker paru-paru.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Seledri bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaaan karena memiliki kandungan air sekitar 95%. Selain itu, seledri juga memiliki kandungan serta larut dan juga serat tidak larut yang bisa mendukung kelancaran saluran sistem pencernaan pada tubuh.

Bahkan juga ada senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit pada penderita maag. Senyawa tumbuhan yaitu Polisakarida memang ampuh untuk mengurangi rasa sakit pada penderita maag dan bisa mengatasi asam lambung. Dengan mengonsumsi seledri secara rutin maka kesehatan saluran pencernaan Anda akan selalu terjaga.

  1. Menurunkan Kelebihan Berat Badan

Seledri memiliki kandungan kalori yang sangat rendah kalori. Kemampuannya dalam memberikan nutrisi penting bagi tubuh dan dapat mengatur sistem metabolisme lemak maka bisa dijadikan sebagai pilihan makanan yang tepat untuk membantu Anda dalam menurunkan kelebihan berat badan.

Salah satu manfaat paling utama dari seledri adalah memiliki kandungan nutrisi yang sangat padat. Hal ini berarti seledri mempunyai kandungan antioksidan, elektrolit, vitamin B, vitamin C, dan juga kalsium dengan kalori yang rendah.

  1. Sangat Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat seledri yang selanjutnya adalah baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan adanya kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh seledri, yaitu vitamin A.

Kandungan vitamin A dalam jumlah yang cukup tinggi bisa membantu untuk meningkatkan sistem penglihatan, dapat melindungi kornea mata, dan juga mengobati mata kering. Dengan mengonsumsi seledri secara rutin maka kesehatan mata Anda akan selalu terjaga dengan baik.

  1. Membersihkan Gigi

Seledri juga bisa membantu untuk membersihkan gigi Anda. Sama halnya dengan benang gigi atau dental floss, seledri akan membelah untaian serat ketika mengunyah. Maka dari itu, Anda bisa konsumsi daun seledri untuk bisa mendapatkan manfaat yang satu ini.

Selain dimakan mentah dalam keadaan masih segar, seledri juga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang lainnya seperti dijadikan sebagai sup, tumisan, salad atau dikonsmsi langsung bersama dengan saus favorit.

  1. Mempunyai Efek Alkalisasi

Seledri memiliki kandungan mineral dalam jumlah sangat tinggi seperti zat besi, magnesium dan juga sodium. Bahkan seledri juga akan memberikan efek untuk menetralkan makan dengan acid yang sangat tinggi dalam tubuh.

Dengan banyaknya acid yang dikonsumsi oleh tubuh dalam setiap harinya, maka seledri bisa digunakan untuk dapat menyeimbangkan asam tubuh dan juga membantu menjaga agar tetap basa atau dalam kondisi alkali.

  1. Dapat Menyehatkan Ginjal

Seledri merupakan salah satu tanaman yang dapat membersihkan liver secara alami. Kandungan zat besi dan vitamin dalam jumlah yang cukup tinggi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, mampu untuk melindungi organ ginjal dan juga liver.

Konsumsi seledri secara teratur terbukti ampuh untuk dapat melindungi tubuh dari penyakit ginjal dan juga bisa mencegah penyakit liver. Selain itu, juga dapat membersihkan racun yang ada di dalam tubuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai “Khasiat Daun Seledri”. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *