Khasiat dan Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Salak adalah buah yang memiliki nama latin Salacca zalacca. Buah ini berasal dari tanaman yang masih termasuk dalam jenis palma. Pada tanaman salak, bagian buahnya dilindungi oleh kulit agak tajam yang tersusun dari lapisan-lapisan yang memiliki bentuk seperti sisik ular. Maka dari itu, orang inggris biasa menyebut buah salak ini dengan nama snake fruit.

Khasiat dan Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Buah salak sendiri merupakan buah yang memiliki rasa enak, rasanya cukup manis sampai kelat tetapi tergantung dari varietas dan jenisnya. Selain memiliki rasa yang enak, ternyata buah salak memiliki kandungan berbagai macam zat dan vitamin yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sudah sejak dulu buah salak banyak dimanfaatkan sebagai obat diare yang ampuh.

Kandungan Zat dan Gizi dalam Buah Salak

Terlepas dari rasa dan juga bentuknya yang unik, ternyata buah yang satu ini memang berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Dalam setiap 100 gram buah salak memiliki kandungan zat dan gizi sebagai berikut ini:

  • 3,9 mg zat besi
  • 0,2 mg Vitamin B2
  • 8,4 mg Vitamin C
  • 12,1 g Karbohidrat
  • 38 mg Kalsium
  • 18 mg Fosfor
  • 0,8 g Protein
  • 0,4 g Total lemak
  •  0,3 mg total serat makanan

Manfaat Buah Salak

Buah salak memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Hal ini karena memang kandungan yang dimilikinya sangat ampuh untuk mencegah berbagai macam penyakit dan menjaga tubuh agar selalu sehat. Adapun manfaat dari buah salak adalah sebagai berikut:

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah salak diketahui mampu untuk menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan.  Hal ini karena daging ataupun kulit ari buah salak memiliki kandungan nutrisi padat yang terdiri dari kalsium, serat, saponin, tanin, beta karoten dan flavanoid.

Semua nutrisi yang ada dalam buah salak ini bisa melancarkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, tanin dalam buah salak juga mempunyai efek antimikroba alami di dalam usus sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat diare yang paling mujarab.

  1. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah bersisik yang kaya akan kandungan nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kandungan senyawa flavanoid dan polifenol yang cukup banyak dalam buah salak mampu untuk mengatasi kerusakan sel dan juga jaringan tubuh.

Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan zat beta karoten, yang dimana zat ini merupakan antioksidan alami yang sangat baik dalam mencegah penyakit stroke, kardiovaskuler, dan bahkan kanker.

  1. Mengatasi Kelebihan Berat Badan

Apabila Anda merasa sangat bosan makan alpukat atau pisang sebagai camilan untuk diet, maka Anda bisa ngemil buah salak. Kandungan antioksidan dan serat dalam buah salak juga sangat baik untuk asupan diet.

Serat dalam buah salak akan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu cukup lama, sehigga Anda nantinya akan makan lebih sedikit. Hal ini tentunya merupakan kabar yang baik bagi Anda yang kini sedang dalam proses menurunkan berat badan.

  1. Membantu Mencerahkan Kulit

Sebuah penelitian terbaru menjelaskan bahwa salak bisa mencerahkan kulit secara alami. Hal ini dikarenakan buah salak memiliki kandungan flavanoid dimana kandungan ini berperan penting dalam depigmentasi kulit. Jika Anda menginginkan kulit Anda selalu terlihat cerah maka bisa mengonsumsi buah salak secara rutin.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah salak ternyata juga sangat baik dalam menjaga kardiovaskuler tubuh. Hal ini karena buah salak terdiri atas kandungan antioksidan, kalium, dan mineral yang memiliki fungsi dalam mengatur kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Salah satu manfaat kalium yaitu untuk membantu dalam mengirimkan implus saraf yang dapat mempengaruhi detak jantung. Asupan kalium yang cukup tentu akan sangat penting sekali bagi Anda yang mengalami gagal jantung, bermasalah pada detak jantung dan mempunyai tekanan darah tinggi.

  1. Dapat Meningkatkan Kepadatan dan Kekuatan Tulang

Buah salak juga memiliki kandungan mineral yang penting lainnya seperti kalsium dan zat besi. Kedua zat mineral ini sangat baik dalam menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Bahkan juga dapat memperkuat otot dan juga sendi.

Selain itu, zat besi dan kalsium juga memiliki peran untuk dapat mengatur kekentalan darah dan juga dapat meningkatkan fungsi saraf di bagian seluruh tubuh.

  1. Dapat Memperbaiki Sel Jaringan Tubuh yang Rusak

Mengingat tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C, maka sudah pasti Anda akan membutuhkan asupan vitamin C dari minuman atau makanan yang telah Anda konsumsi. Buah salak ternyata memiliki kandungan vitamin C alami yang sangat banyak.

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan kuat yang memberikan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang telah rusak, meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, dan bahkan dapat melawan radikal bebeas yang dapat memicu berbagai macam penyakit.

Tidak hanya itu saja, vitamin C juga memiliki peran penting dalam memicu produksi kolagen, yakni jenis protein yang dapt menjaga kulit agar selalu lembut dan kenyal serta supaya otot-otot tetap lentur.

  1. Baik Untuk Kesehatan Otak

Ternyata buah salak juga sangat baik untuk kesehatan otak. Cobalah untuk mengonsumsi buah salak secara rutin jika Anda ingin mempunyai daya ingat yang kuat.

Buah salak diketahui dapat menyehatkan otak, dan sangat baik untuk menyehatkan otak. Hal ini karena dalam buah salak terdapat kandungan pektin dan kalium yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan otak.

  1. Baik Bagi Ibu Hamil

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa buah bersisik ini tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Anggapan ini memang benar, namun tidak boleh terlalu banyak. Jika dikonsumsi dalam batas wajar maka tidak akan menjadi masalah.

Hal ini karena kandungan zat besi yang ada di dalam buah salak dapat mengatasi anemia pada ibu hamil. Salak juga diketahui mempunyai senyawa yang dapat mengatasi mual di pagi hari.

Asupan kalsium yang cukup di dalam buah bersisik ini juga dapat membantu ibu hamil dalam proses pembentukan tulang janin. Mengonsumsi buah salak manfaatnya tidak hanya pada ibu hamil yang telah mengonsumsinya, namun juga memberikan efek baik bagi janin yang sedang dikandungan. Namun perlu di ingat, jangan mengonsumsi secara berlebihan cukup satu atau duah saja dalam satu hari.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Salak mengandung mineral dan beberapa bahan aktif seperti betakaroten, potasium, dan pektin. Pektin sendiri merupakan salah satu zat yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Hal inilah yang membuat kognisi serta daya ingat yang dimiliki oleh seseorang menjadi lebih baik.

Selain itu, salak juga memiliki kandungan oksidatif dimana kandungan ini memiliki manfaat penting bagi otak. Kandungan oksidatif ini mampu untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit otak dan dapat menghilangkan stress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *