Keutamaan Berbuka Puasa Dengan Buah Kurma

Keutamaan Berbuka Puasa Dengan Buah Kurma

Keutamaan Berbuka Puasa Dengan Buah Kurma

Seperti yang kita tahu, selama ini Rasulullah selalu menganjurkan umatnya untuk berbuka puasa dengan buah kurma. Hal ini karena buah kurma itu berkah, memiliki kandungan zat gula alami yang dapat menggantikan energi yang sudah hilang setelah seharian berpuasa.

Keutamaan Berbuka Puasa Dengan Buah Kurma

Buah kurma sangat baik untuk dikonsumsi sebagai makanan pembuka sebelum mengonsumsi langsung makanan-makanan yang berat. Mengonsumsi makanan yang manis akan membuat usus dan sistem pencernaan Anda tidak merasa kaget setelah kosong selama berpuasa sehari penuh.

Namun jika memang tidak ada buah kurma Rasulullah pun menganjurkan untuk meminum air, ini karena air itu bersih dan suci. Buah kurma juga dapat menggantikan ion tubuh yang telah hilang secara cepat.

Dari Salman ibn ‘Aamir, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, kalau tidak ada, maka dengan air karena air itu bersih dan suci.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Mengapa harus buah kurma? Jika kita berbuka puasa, sistem pencernaan kita terutama lambung membutuhkan sesuatu yang lembut supaya bisa berkerja dengan baik. Maka dari itu, makanannya sudah pasti harus mudah untuk dicerna dan memiliki kandungan gula dan air dalam satu makanan.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada makanan yang memiliki kandungan gula dan air yang jauh lebih baik daripada yang sudah disebutkan oleh hadist Rasul. Nutrisi makanan yang sangat cepat untuk dicerna dan sampai langsun ke darah itu memang zat gula, apalagi makanan yang memiliki kandungan satu atau dua zat gula (glukosan dan sukrosa).

Dalam hal ini, makanan yang paling baik adalah buah kurma. Kurma memiliki kandungan zat gula dalam jumlah yang cukup tinggi yaitu sekitar 75 sampai 87% dan untuk glukosanya sekitar 55%, fructose atau fraktosa sebanyak 45% yang jauh lebih tinggi dari jumlah protein.

Selain itu, buah kurma juga mengandung minyak dan kaya akan vitamin seperti vitamin A, B2, B12 dan bahkan juga mengandung zat penting yang lainnya seperti kalsium, fosfor, sulfur, potassium, sodium, cobalt, magnesium, florin, seng (zinc), salyolosa, nuhas (tembaga), dan lain sebagainya.

Fraktos akan diubah menjadi glukosa dengan sangat cepat dan secara langsung akan diserap oleh sistem pencernaan, kemudian akan dikiriman ke seluruh bagian tubuh, terutama ke organ-organ inti seperti sel darah merah, syaraf, otak dan juga sel pembersih tulang. Untuk lebih jelasnya mari simak kandungan gizi buah kurma selengkapnya berikut ini.

Kandungan Gizi Buah Kurma

Kandungan Nilai gizi Persentase RDA
karbohidrat 74,97 g 58%
protein 1.81g 3%
Lemak total 0,15 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 6,7 g 18%
Vitamin
folat 15 ug 4%
niacin 1.610 mg 10%
asam pantotenat 0,805 mg 16%
pyridoxine 0,249 mg 19%
riboflavin 0,060 mg 4,5%
thiamin 0,050 mg 4%
vitamin A 149 IU 5%
vitamin C 0 mg 0%
vitamin K 2,7 mg 2%
Elektrolit
Sodium 1 mg 0%
Kalium 696 mg 16%
Mineral
Kalsium 64 mg 6,5%
Tembaga 0,362 mg 40%
Besi 0,90 mg 11%
Magnesium 54 mg 13%
manggan 0,296 mg 13%
Fosfor 62 mg 9%
Seng 0,44 mg 4%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 89 ug
Crypto-xanthin-ß 0 mg
Lutein-zeaxanthin 23 ug

 

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Buah yang memiliki rasa manis ini terntunya menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Adapun manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga Sistem Pencernaan

Buah kurma merupakan sumber serat makanan yang paling baik. Namun hal ini tergantung dari varietas dan tahap kematangannya, sekitar 6,4% sampai 11,5% kandungan buah kurma terdiri dari serat ang tidak larut.

Makanan yang mengandung banyak jenis serat tidak larut bisa membantu dalam memadatkan feses serta melancarkan sistem pencernaan. Atau dengan kata lain, memakan makanan yang berserat setiap hari bisa membantu Anda untuk terhindar dari masalah diare dan juga sembelit.

Disamping itu, kandungan fenolik dalam buah kurma juga cukup tinggi dan bisa membantu untuk membersihkan usus sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya kanker usus.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Diabetes

Meskipun memiliki rasa yang cukup manis, tetapi memakan buah kurma tidak akan membuat Anda terkena penyakit diabetes. Justru kandungan serat yang ada dalam buah kurma bisa membantu Anda agar terhindar penyakit diabetes.

Serat yang tidak larut akan dicerna jauh lambat di dalam perut. Dengan demikian tentu akan membantu tubuh menjadi lebih baik dalam mengontrol kadar gula darah. Anda pun tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah yang satu ini.

  1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah kurma memiliki kandungan selenium, tembaga, mangan dan magnesium yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang. Semua gizi tersebut memiliki manfaat penting dalam mencegah penyakit osteoporosis.

  1. Dapat Mencegah Anemia

Kulit pucat dan sangat mudah merupakan dua gejala paling utama yang dialami oleh seseorang yang mengalami kekurangan zat besi atau anemia. Buah kurma memiliki kandungan zat  besi dalam jumlah yang sangat tinggi. Dengan demikian akan sangat baik jika dijadikan sebagai sumber makanan dalam mencegah anemia.

  1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah kurma memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Kandungan mineral seperti magnesium dan kalsium yang paling bermanfaat.

Kedua kandungan tersebut bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah ke tingkat yang jauh lebih serat. Selain itu, ada juga kandungan serat yang memiliki manfaat dalam mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Tak hanya itu, buah kurma ternyata juga memiliki kandungan antioksidan asam fenolik yang bersifat antiradang. Asam fenolik memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, hipertensi, dan juga stroke.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Buah kurma mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang dapat menangkal radikal bebas. Antioksidan akan bekerja untuk melindungi sel serta jaringan tubuh Anda dari stres dan juga peradangan kronis yang dapat memicu resiko terjadinya berbagai penyakit.

Karotenoid, flavanoid, dan asam fenolik merupakan beberapa jenis antioksidan yang bisa membantu untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyait kanker. Karotenoid juga memiliki manfaat dalam mencegah penuaan.

  1. Membantu Menurunkan Kelebihan Berat Badan

Setiap 100 gram buah kurma yang sudah dikeringkan memiliki kandungan 284 kalori serta 76 gram karbohidrat. Inilah yang menjadikan buah kurma merupakan makanan yang tinggi akan kalori. Namun disamping itu, buah ini juga memiliki kandungan serat cukup tinggi dan protein jenis tak larut.

Dengan adanya jenis gizi tak larut tersebut bisa membantu Anda merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Sehingga Anda bisa menjadikan buah kurma sebagai camilan ketika sedang diet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *