Kangkung Hidroponik Nutrisi Npk 16-16-16

Kangkung Hidroponik Nutrisi Npk 16-16-16

Kangkung Hidroponik Nutrisi Npk 16-16-16

Menanam tanaman atau kegiatan bercocok tanam adalah usaha menumbuhkan tanaman baik sayuran buah, sayuran, tanaman hias, buah  yang dilakukan pada media tanam dan cara perawatan tertentu. Media tanam yang wajar digunakan dalam bercocok tanam  adalah tanah dan campuran pupuk kompos, tanah sendiri untuk media bertumbuhnya akar sedangkan pupuk kompos sebagai nutrisi atau suplemen makanan yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh berkembang. Selain tanah dan suplemen makanan, tanaman juga membutuhkan air, seperti halnya manusia yang juga membutuhkan air.

Kangkung Hidroponik Nutrisi Npk 16-16-16

Air berperan penting sebagai pelarut nutrisi untuk mempermudah penyerapannya oleh tanaman. Air bukan hanya untuk melarutkan nutrisi pada tanaman, dalam bercocok tanam dengan metode yang hits saat ini dan juga sudah digunakan pada perang dunia ke II, air juga untuk media tanam nya dan sebagai berkembangnya akar.

Metode ini disebut dengan metode bercocok tanam hidroponik. Ada banyak tanaman yang sering kita jumpai pada sistem hidroponik ini seperti terong, cabai, strawberry, sawi, kangkung, selada, tomat, seledri, pakcoy dan masih banyak lagi. nah pertanyaanya apa hidroponik tersebut? Asal mula kata hidroponik tersebut berasal dari kata hydro dan ponos (bahasa Yunani kuno) yang memiliki arti hydro berarti air dan ponos berarti daya.

Teknik menanam hidroponik bukan berarti menanam tanaman tanpa menggunakan media tanam. Menanam secara hidroponik tetap menggunakan media tanam sebagai penyangga tanaman ahgar tetap berdiri kokoh dan pertumbuhannya optimal.

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Setiap orang dapat memperoleh kangkung dengan membeli di pasar atau menanamnya sendiri dihalaman rumah. Bila kita tertarik untuk menanam kangkung sendiri, maka itu lebih baik juga upaya untuk lebih hemat. Sayuran ini sangat mudah ditanam, tak perlu lahan yang luas, jadi bisa menanamnya di lahan pekarangan rumah dengan menggunakan hidroponik.

Mengapa harus menggunakan hidroponik?

Sebab kangkung yang ditanam secara hidroponik mempunyai kualitas hasil yang lebih bercondong baik dari pada tanaman yang ditanam secara konvensional.

Dalam menanam hidroponik entah itu sayuran daun, sayuran buah, atau buah sekalipun tetap termasuk kangkung memerlukan nutrisi yaitu nutrisi AB mix, nutrisi AB mix ada 2 bentuk, bentuk cair dan berbentuk serbuk. Perbedaan bentuk cair dan bnetuk serbuk adalah penggunaannya, penyimpanannya dan distribusinya.

Nutrisi berbentuk cair memang lebih praktis soal penggunaanya yang siap pakai sesuai takaran akan tetapi kalau soal penyimpanan dan pendistribusian nutisi cair lebih repot karena volumenya yang lebih besar.

Untuk nutrisi berbentuk serbuk, disamping penyimpanan dan pendistribusiannya mudah karena volumenya yang kecil (kemasan kecil), nutrisi berbentuk serbuk ini penggunaannya harus dilarutkan menjadi larutan pekat terlebih dahulu sebelum dicampur dengan air.   Kenapa disebut nutrisi AB mix? Sebab didalam nutrisi tersebut terdapat 2 nutrisi yaitu nutrisi A dan nutrisi B dan dikemas secara terpisah.

Baca Juga : tabel nutrisi hidroponik

Nutrisi yang dibutuhkan oleh kangkung hidroponik juga tidak berbeda dengan nutrisi kebanyakan tanaman hidroponik lainnya. Bila menggunakan nutrisi hidroponik dari pupuk AB Mix, maka berikut cara membuatnya:

  • Siapkan emeber lalu masukkan air sumur sebanyak yang dibutuhkan sesuaikan dengan tabel pemakaian nutrisi pada kemasan. Biasanya pemakaian nutrisi menggunakan perbandingan 1:5:5 dan berlaku kelipatan.
  • Tambahkan nutrisi A dan nutrisi B kemudian aduk hingga tercampur rata.
  • Air nutrisi sudah siap digunakan untuk berbagai sistem hidroponik.
  • Tambahkan pada baskom sampai menyentuh dasar besek plastik (bila menggunakan besek dan baskom sebagai media tanam kangkung)

Pertanyaan kali ini, apakah bisa tanaman hidroponik termasuk  kangkung tidak menggunakan nutrisi AB mix? Jawabanya bisa, ada seorang hidroponikers yang memiliki keterbatasan dan kesulitan untuk mencari nutrisi AB Mix, beliau berhasil menanam kangkung hidroponik tanpa menggunakan nutrisi AB Mix.  Beliau menggunakan Pupuk NPK 16-16-16 yang berwarna biru sebagai nutrisi pengganti AB mix. Untuk lebih jelasnya, berikut kita simak langkah cara penanaman kangkung tanpa AB mix,

  1. Pertama siapkan peralatan dan bahan terlebih dahulu
  • Tandon nutrisi terbuat dari jerigen bekas herbisida
  • Cup bekas
  • Arang sekam
  • Sumbu dari kain flanel
  • Pupuk NPK 16-16-16
  1. Kedua buat lubang pada sisi jerigen , ukuran lubang sesuaikan dengan ukuran cup yang dipakai,
  2. Buat lubang juga pada bagian bawah cup lalu pasang sumbu dengan kain flanel
  3. Masukkan arang sekam ke dalam cup.
  4. Letakkan cup pada lubang derigen dan usahakan cup agar tidak masuk seluruhnya kedalam jerigen.
  5. Sebelum benih kangkung ditanam pada media tanam, isi tandon dengan air tanpa nutrisi secukupnya.
  6. Basahi media tanam dengan air biasa, bila sudah basah merata, tanam benih ke media tanam. Isikan 5 benih dalam 1 cup.
  7. Selepas 1 minggu pasca tanam, berikan kangkung nutrisi berupa larutan pupuk NPK 16-16-16. Dosis yang digunakan cukup dengan 1 sendok makan pupuk NPK per 5 liter air. Air yang digunakan untuk percampuran adalah air sumur.
  8. Untuk selanjutnya sampai kangkung panen tambahkan nutrisi dengan dosis yang sama bila nutrisi dalam tandon berkurang.
  9. Usahakan air nutrisi jangan sampai kehabisan atau kering. Bila kering tanaman akan layu dan mati.
  10. Setelah usia 25 hari kangkung sudah dapat di panen.

Pemeliharaan kangkung

Untuk pemeliharaan kangkung, kita hanya perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi kangkung jangan sampai nutrisi pada tandon kering dan membiarkan kangkung tidak mendapatkan nutrisi dari larutan di bawahnya.

Ketika kangkung sudah berumur 2 minggu, kebutuhan kangkung akan larutan nutrisi akan bertambah. kita perlu meningkatkan jumlah pupuk yang tadinya 5 ml per 1 liter menjadi 7-9 ml per liter , ganti larutan nutrisi jika sudah berbau (bila menggunakan nutrisi AB mix). Bila menggunakan pupuk NPK berikan dengan dosis yang digunakan cukup dengan 1 sendok makan pupuk NPK per 5 liter air begitu seterusnya sampai memasuki masa panen.

Pemanenan

Kangkung hidroponik dapat dipanen setelah berumur 21-25 hari. Cara panen kangkung hidroponik ada dua macam, yaitu dengan mencabut langsung kangkung sampai akarnya ikut atau dengan memotong 2/3 bagian batang atas kangkung agar dapat tumbuh kembali. Ingat waktu pemanenan, karena bila tanaman kangkung tidak segera dipanen akan menimbulkan rasa pahit getir pada batang dan daun kangkung.

Demikianlah cara menanam kangkung hidroponik tanpa menggunakan nutrisi AB Mix. Dengan perlengkapan yang seadanya, cukup memanfaatkan barang-barang bekas sekitar rumah.

Sebagai pengganti nutrisi AB mix, disini menggunakan larutan pupuk NPK 16-16-16 sebagai nutrisinya. Walaupun hasilnya tidak semaksimal menggunakan AB mix, tapi cara ini  lumayan buat pemula untuk bercocok tanam hidroponik. Dalam artikel ini kita dapat menarik kesimpulan bahwa menanam dengan sistem hidroponik itu tidak harus mahal, karena bisa memanfaatkan barang bekas, dan nutrisi yang ada disekitar anda. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi. Terima kasih..

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *