Kandungan Gizi dan Manfaat Paprika

Kandungan Gizi dan Manfaat Paprika

Kandungan Gizi dan Manfaat Paprika

Paprika merupakan sejenis cabe besar yang mempunyai bentuk dan warna sangat unik. Jenis cabe yang satu ini mempunyai rasa yang tidak terlalu pedas. Cabe ini biasa dimanfaatkan sebagai cabe konsumsi. Selain itu, tanaman cabe paprika sekarang ini juga sudah banyak digunakan sebagai tanaman hias.

Kandungan Gizi dan Manfaat Paprika

Perlu Anda ketahui bahwa jenis cabe ini ternyata menyimpan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Paprika memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Paprika merupakan salah satu sayuran yang memiliki jumlah kalori sangat rendah sehingga aman sekali untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Tanaman cabe yang berasal asli dari Amerika Selatan ini sekarang sudah banyak ditanam dan dibudidayakan di negara Indonesia.

Kandungan Gizi

Paprika memiliki banyak kandungan vitamin B, vitamin C, dan juga betakaroten. Dalam setiap 100 gram paprika yang masih dalam keadaan segar memiliki kandungan  karbohidrat 4.4 gr, Ca 7.0 mg, protein 0.9 gr, lemak 0.3 gr,  vitamin A 540 IU, vitamin B1 22.0 mg, vitamin B2 0.002 mg, Fe 0.4 mg, p 22 mg, niacin 0.4 mg dan vitamin C 160 mg.

Selain itu, paprika juga memiliki kandungan asam askorbat yang nilai gizi dalam setiap 100 gram adalah 870 IU vitamin, 0.03 mg riboflafin, 29 mg Kalori, 11 mg Kalsium, dan 0.05 niacin.

Khasiat dan Manfaat Paprika untuk Kesehatan

Dengan berbagai macam kandungan gizi dan vitamin yang ada di dalam paprika, maka banyak sekali manfaat cabe ini untuk kesehatan. Adapun khasiat dan manfaat paprika untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

  1. Dapat Mencegah Penyakit Kanker Paru-Paru dan Kanker Kulit

Paprika mengandung betakaroten yang memiliki peran penting sebagai antioksidan alami dalam tubuh. Antioksidan alami inilah yang bermafaat untuk menghambat serta mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Dengan mengonsumsi paprika maka bisa menurunkan resiko terkena berbagai macam penyakit kanker seperti penyakit kanker paru-paru dan juga kanker kulit.

  1. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Paprika memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi terutama dalam jenis paprika merah. Vitamin C tersebut memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh manusia atau yang biasa disebut dengan imunitas.

Dengan adanya kandungan vitamin C yang sangat tinggi ini maka daya tahan tubuh akan selalu terjaga sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh paprika ini bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk.

  1. Menyehatkan Mata

Paprika memang memiliki kandungan betakaroten dan vitamin A yang sangat tinggi. Terutama dalam jenis paprika merah yang bahkan memiliki kandungan vitamin A 3.131 IU. Vitamin A sendiri sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Dengan mengonsumsi paprika maka bisa membantu untuk menyehatkan mata. Selain itu, kandungan vitamin A yang tinggi juga bisa mencegah berbagai macam penyakit pada mata.

  1. Dapat Mencegah Kanker Prostat

Paprika juga kaya akan kandungan likopen yang memiliki manfaat penting dalam mencegah resiko terjadinya kanker prostat. Seorang pria yang telah mengonsumsi likopen dalam jumlah yang cukup banyak maka mempunyai resiko terkena penyakit kanker prostat yang sangat rendah.

Dengan demikian mengonsumsi cabai paprika bisa membatu untuk mencegah penyakit kanker prostat. Maka dari itu, usahakan untuk sering mengonsumsi jenis cabai yang satu ini.

  1. Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

Mengonsumsi paprika secara rutin diketahui mampu untuk meningkatkan kualitas seksual pada kaum pria.  Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan dalam cabai paprika, yaitu kandungan likopen.

Likopen diyakini mampu untuk meningkatkan jumlah sperma pada pria. Selain itu, likopen juga bisa memperbaiki struktur sperma dan bahkan bisa meningkatkan agresivitas.

  1. Dapat Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam cabai paprika memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi cabai paprika bisa membantu untuk meremajakan kulit serta menjaga kulit agar tetap sehat.

  1. Sebagai Antioksidan dan Anti Inflamasi

Dalam cabai paprika terdapat kandungan phytochemical dan juga betakaroten. Kedua kandungan inilah yang berperan sebagai agen anti inflamasi dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh

  1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Sama dengan cabai pada umumnya, paprika juga memiliki kandungan zat capcaisin. Kandungan inilah yang memiliki manfaat penting untuk dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Dengan mengonsumsi paprika secara rutin maka bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, zat capsaicin ini juga memiliki manfat dalam meredakan nyeri dan bahkan bisa mengontrol diabetes.

  1. Menyehatkan Secara Mental

Kandungan vitamin dalam jumlah banyak pada paprika ternyata juga memiliki manfaat untuk dapat mempertahankan kesehatan otak dan mental. Maka tak heran jika paprika dinobatkan sebagai salah satu makanan terbaik dalam menyehatkan otak.

Selain itu, vitamin B6 yang ada dalam paprika juga dapat mendongkrak kadar hormon norepinephrine dan serotonin, keduanya sangat identik sekali dengan hormon kebahagiaan. Jika kadar kedua hormon tersebut dalam tubuh cukup tinggi, maka energi, mood, dan konsentrasi seseorang bisa semakin membaik.

Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin B6 ini juga dapat mengurangi resiko agar terhindar dari penyakit demensia atau alzheimer.

  1. Sehat Bagi Kehamilan

Kandungan folat yang ada di dalam paprika ternyata sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan folat memiliki peran sangat penting dalam masa kehamilan.

Hal tersebut karena kandungan folat mampu untuk mencegah bayi lahir dengan catat. Selain itu, kandungan folat juga dapat menjaga kesehatan janin agar selalu dalam keadaan sehat. Tak hanya itu saja, folat juga bisa membantu tubuh dan juga organin agar bisa berkembang dengan sempurna.

  1. Dapat Mencegah Anemia

Paprika merah juga memiliki kandungan zat besi dan juga kandungan vitamin C dalam jumlah banyak. Kedua jenis kandungan inilah yang memiliki peran untuk dapat membantu penyerapan zat besi sehingga nantinya akan terhindar dari penyakit anemia.

  1. Dapat Mencegah Katarak

Selain dapat menjaga kesehatan mata, paprika juga bisa mencegah resiko terkena penyakit katarak. Hal ini dikarenakan adanya enzim tertentu yang ada di dalam paprika seperti leutin, dimana enzim tersebut mampu untuk mencegah katarak di usia senja.

Ketika Anda membeli paprika, maka sebaiknya memilih paprika yang organik karena sudah pasti jauh lebih terjamin dan bebas dari pestisida yang berbahaya. Jika Anda mungkin merasa alergi maka usahakan untuk segera berhenti dalam mengonsumsi paprika jika sudah muncul gejala alergi.

Beberapa tanda yang menandakan bahwa Anda mengalami alergi setelah mengonsumsi sayuran yang satu ini adalah gatal-gatal, gangguan sistem pernafasan, ekstim, dan juga gangguan pada sistem pencernaan.

Demikian penjelasan dari kami mengenai “Kandungan Gizi dan Manfaat Paprika”. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *