Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Tanah

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Tanah

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Tanah

Kacang tanah adalah tanaman yang berasal dari family polong-polongan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jika dibandingkan dengan jenis tanaman kacang lainnya, kacang tanah inilah yang paling populer dan banyak disukai oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia.

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Tanah

Berbagai macam olahan yang dibuat dari kacang tanah pun sangat mudah untuk kita jumpai dimana saja di daerah Indonesia. Mulai dari olahan kacang tanah yang sangat sederhana sampai berbagai macam olahan yang disajikan khusus dengan berbagai menu masakan.

Selain itu, kacang tanah juga banyak diolah secara khusus sebagai makanan ringan seperti kacang telur, kacang tojin, kacang goreng, atau bahkan hanya sekedar kacang rebus.

Kacang tanah juga merupakan sumber karbohidrat, kalori, protein dan juga serat. Jenis kacang yang satu ini juga memiliki kandungan lemak, baik itu lemak jenuh ataupun lemak tak jenuh.

Kandungan Gizi Pada Kacang Tanah

Apabila dibandingkan dengan bahan makanan yang berasal dari kacang-kacangan yang lainnya, kacang tanah merupakan sumber gizi paling baik yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dalam satu cangkir kacang tanah memiliki kandungan sekitar 828 kalori, 37 gram protein, 72 gram lemak, 12 gram serat,  24 gram karbohidrat, dan juga 10 gram lemak tak jenuh.

Selain itu, kacang tanah juga memiliki kandungan berbagai macam mineral seperti magnesium 44%,  fosfor 44%, kalsium 10%, kalium 22%, zat besi 37%, dan seng 43%. Kacang tanah diketahui juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6.

Khasiat dan Manfaat Kacang Tanah

Kacang tanah memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat kacang tanah ini  tidak hanya berguna untuk organ tubuh saja, tetapi juga kulit. Adapun beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan di dalam kacang tanah sangat bermanfat untuk kulit. Kacang tanah bisa menjaga kulit Anda agar tetap sehat dengan kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksian tersebut mampu mencegah terjadinya oksidasi yang bisa merusak kulit.

Selain itu, kacang tanah juga mengandung vitamin C yang mampu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat oksidatif.  Kacang tana juga mampu melindungi kulit Anda dari papaan sinar UV yang tentunya bisa merusak atau membakar kulit.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki masalah dengan berat badan maka Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi kacang tanah. Kacang tanah memiliki manfaat untuk dapat menurunkan kelebihan berat badan. Hal ini karena mengonsumsi kacang tanah maka akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Rasa kenyang cukup lama ini tentu dapat mengontrol nafsu makan Anda. Selain memberikan rasa kenyang cukup lama, kacang tanah juga memiliki kandungan serat makanan yang tidak larut. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap penurunan berat badan Anda.

  1. Dapat Mencegah Kanker Perut

Antioksidan yang ada di dalam kacang tanah juga mampu untuk mencegah resiko terkena penyakit kanker perut. Hal ini karena antioksidan tersebut mempunyai sifat antikarsinogenik sehingga akan mengurangi produksi nitro amino yang bersifat karsinogenik.

Dengan mengonsumsi kacang tanah dalam jumlah cukup maka bisa membantu Anda agar terhindar dari penyakit kanker perut. Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi kacang tanah dari berbagai macam olahan atau bisa juga dalam keadaan mentah.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang kita tahu bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan no 1 di dunia. Jantung sehat merupakan hal paling penting bagi setiap manusia. Kacang tanah ini juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Hal ini karena kacang tanah dapat menjaga kesehatan jantung Anda dengan cara menurunkan kolesterol LDL. Bahkan kacang tanah juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat. Selain itu, kacang tanah juga memiliki khasiat untuk mencegah penyakit stroke.

  1. Dapat Mencegah Terbentuknya Batu Empedu

Batu empedu ini biasanya hanya terjadi pada orang dewasa saja. Masalah batu empedu ini tentu akan sangat menganggu kesehatan Anda. Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi kacang tanah untuk mencegah batu empedu ini.

  1. Sumber Antioksidan

Kacang tanah mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, kacang tanah juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin, mineral dan juga gizi lainnya bisa sudah cukup memberikan energi tinggi untuk tubuh.

Kandungan antioksidan dalam kacang tanah mampu untuk membersihkan darah dari berbagai macam radikal bebas. Pada kacang tanah yang sudah direbus maka kandungan antioksidan di dalamnya akan menjadi lebih aktif serta lebih ampuh dalam menangkal radikal bebas.

  1. Mendukung Pertumbuhan Tubuh

Apabila Anda sekarang dalam masa pertumbuhan maka mengonsumi kacang tanah merupakan pilihan terbaik. Kacang tanah memiliki manfaat untuk mendukung pertumbuh tubuh. Hal ini karena dalam kacang tanah terdapat protein dalam jumlah besar.

Kacang tanah juga memiliki kandungan asam amino yang akan membuat tumbuh kembang Anda bisa menjadi cepat. Maka dari itu, jika Anda ingin mempunyai pertumbuhan yang baik maka bisa mengonsumsi kacang tanah secara rutin.

  1. Dapat Meningkatkan Kesuburan

Mengonsumsi kacang tanah secara rutin juga dapat meningkatkan kesuburan Anda. Apabila Anda mengonsumi kacang tanah sebelum masa hamil maka akan semakin meningkatkan peluang Anda untuk segera hamil.

Jika Anda sudah hamil maka teruskan untuk mengonsumsi kacang tanah ini selama itu tidak membuat Anda alergi. Kacang tanah memiliki kandungan asam folat yang dapat mendukung tumbuh kembang janin serta dapat mencegah kerusakan saraf janin.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kacang tanah selanjutnya bisa membantu untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Manfaat yang satu ini tentu penting bagi Anda yang menderita penyakit diabates ataupun orang yang sudah berusia lanjut.

Kandungan mangan yang terdapat dalam kalsium mampu untuk mengatur kadar gula dalam darah agar selalu dalam keadaan normal. Kadar gula darah yang normal ini sangat penting untuk dimiliki setiap orang supaya nantinya tidak akan mengalami gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

  1. Dapat Mengatasi Depresi

Perlu Anda ketahui bahwa kacang tanah ternyata juga memiliki khasiat untuk mengatasi depresi. Mungkin manfaat ini baru terdengar di telinga Anda. Kondisi pikiran yang sangat tertekan atau depresi bisa diakibatka oleh rendahnya kadar serotonin.

Kacang tanah memiliki kandungan triptofan yang dapat meningkatkan pelepasan zat kimia yang tertentu. Pelepasan zat imia ini mampu meningkatkan kadar serotonin sehingga depresi yang sedang Anda alami akan segera diatasi.

Jika Anda sekarang ini sedang dalam kondisi yang benar-benar tertekan maka Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa langsung mengonsumi kacang tanah goreng atau bisa juga selai kacang supaya bisa sembuh.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai “Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Tanah”. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *