Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Terong

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Terong

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Terong

Buah terung atau yang biasa disebut dengan terong merupakan salah satu sayuran buah yang ada banyak di Indonesia. Sayuran buah yang satu ini dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan atau krasi masakan dengan rasa yang lezat.

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Terong

Dapat dimasak menjadi balado, gulai atau bisa juga sebagai lalapan yang sangat lezat. Bagi kebanyakan orang yang menyukai sayuran ini, terong yang dibakar dan dimakan bersama dengan tambal terasi saja sudah terasa sangat nikmat.

Di Indonesia sendiri, buah terong mempunyai sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Seperti misalnya orang Aceh menyebut buah terong dengan nama Boh Trueng, tuyung (Pak Pak), Touong (Melayu), dan lain sebagainya.

Tanaman terong bisa tumbuh dengan baik dan subur di Indonesia, baik itu di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Selain memiliki rasa yang sangat lezat, buah terong ternyata juga mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena buah terong memiliki kandungan berbagai macam gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Terong

Buah terong adalah sayuran buah yang mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang sangat lengkap. Terong memiliki kandungan protein, kalori, lemak, serat, dan karbohidrat. Selain itu buah terong juga banyak mengandung vitamin B (B1, B2, B3), vitamin C vitamin E, vitamin K, zat besidan juga kalium.

Bahkan juga mengandung magnesium dan anthocyanin yang merupakan senyawa alami phytochemical yang disebut dengan flavanoid. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah kandungan dan nutrisi secara lengkap yang dimiliki oleh buah terong.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 25kcal (104kJ)
Karbohidrat 5,88g
Gula 3,53g
Serat 3g
Air 92,3g
Protein 0,98g 2%
Lemak 0,18g 1%
Vitamin A
Vitamin C 2,2mg 3%
Vitamin D
Vitamin E 0,3mg 2%
Vitamin K 3,5µg 3%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,039mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,037mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0,649mg 4%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,281mg 6%
Vitamin B6 0,084mg 6%
Vitamin B9 (Folat) 22µg 6%
Kalsium 9mg 1%
Zat Besi 0,23mg 2%
Magnesium 14mg 4%
Manganese 0,232mg 11%
Fosfor 24mg 3%
Potassium (Kalium) 229mg 5%
Seng (Zinc) 0,16mg 2%

 

Manfaat Buah Terong Bagi Kesehatan

Dengan banyaknya berbagai macam kandungan gizi dan nutrisi, maka tak heran jika buah terong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat buah terong untuk kesehatan tubuh adala sebagai berikut:

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Terong

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah terong yang pertama adalah dapat melacarnkan sistem pencernaan. Hal ini karena buah terong memiliki kandungan serat dalam jumlah yang sangat tinggi.

Kandungan serat yang sangat tinggi ini juga baik sekali dalam menjaga sistem pencernaan agar selalu dalam keadaan sehat. Mengonsumsi buah terong yang sudah diolah ataupun yang dijadikan sebagai lalapan bisa mencegah masalah pada sistem pencernaan.

  1. Dapat Mencegah Sembelit

Apabila Anda mengalami masalah sembelit atau Buang Air Besar yang tidak lancar, maka Anda bisa mencoba untuk memakan buah terong. Kandungan serat cukup tinggi dalam buah terong bisa membantu Anda agar terhindar dari berbagai macam gangguan sembelit.

  1. Dapat Mencegah Kanker Usus

Apabila Anda ingin terhindar dari penyakit kanker usus, maka mulailah untuk menyukai beberapa makanan sehat seperti buah terong ini. Serat yang terkandung dalam buah terong bisa membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Dengan demikian resiko kanker usus pun juga bisa dihindari.

  1. Membuat Kulit Lebih Sehat

Dengan mengonsumsi buah terong maka Anda bisa mempunyai kulit yang jauh lebih sehat. Hal ini karena beberapa kandungan dalam buah terong yang sangat bermanfaat dalam menyehatkan kulit.

Beberapa kandungan tersebut adalah kandungan mineral, air, dan vitamin E dalam buah terong. Dengan adanya beberapa kandungan tersebut maka kulit akan terhidrasi dengan sebaik mungin dan bisa membuat kulit tampak lebih segar.

  1. Dapat Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

Kandungan banyak vitamin dan mineral yang ada di dalam buah terong mempunyai manfaat untuk selalu menjaga kulit kepala dan juga rambut agar tetap dalam keadaan sehat. Dengan mengonsumsi buah terong secara rutin maka bisa dipastikan Anda nantinya akan terhindar dari berbagai masalah rambut dan juga kulit kepala.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi buah terong sesering mungkin dipercaya mampu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kandungan gizi yang ada di dalam buah terong juga bisa membantu untuk dapat menstabilkan tekanan darah.

Dengan kadar kolesterol rendah atau tekanan darah dalam keadaan normal maka bisa dipastikan bahwa kondisi kesehatan jantung Anda tetap dalam keadaan baik.

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Buah terong juga sangat baik sekali bagi Anda yang sedang menderita penyakit diabetes.  Mengonsumsi buah terong bisa memberikan manfaat dalam mengatur kadar gula dalam darah.

Selain itu, dengan mengonsumsi buah terong sesering mungkin bisa membantu untuk mengontrol penyerapan glukosa. Dengan demikian maka buah terong sangat baik sekali untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes type 2.

  1. Menurunkan Kelebihan Berat Badan

Manfaat buah terong selanjutnya adalah dapat membantu untuk menurunkan kelebihan berat badan. Buah terong ini memang sangat baik sekali untuk dikonsumsi bagi Anda yang sekarang ini sedang mengalami masalah dengan berat badan.

Manfaat buah terong dalam menurunkan kelebihan berat badan tentu karena kandungan yang dimilikinya. Kandungan air yang sangat tinggi dan kalori yang cukup rendah dalam buah terong bisa membantu Anda dalam menurunkan kelebihan berat badan.

  1. Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Buah terong ternyata juga sangat baik dalam menjaga kesehatan otak. Mengonsumsi buah terong secara rutin bisa membantu untuk meningkatkan daya ingat Anda karena adanya kandungan fitonutrien di dalamnya.

Kandungan fitonutrien yang ada dalam buah terong bisa melindungi sel-sel otak Anda dari berbagai macam kerusakan. Dengan demikian maka dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak Anda akan selalu terjaga.

Mitos Tentang Buah Terong

Mitos yang beredar luas di tengah-tengah masyarakat mengenai buah terong yaitu dengan mengonsumsi buah terong dapat menurunkan stamina pria dan bisa membuat “lemas”. Karena mitos inilah banyak sekali orang yang menghindari untuk mengonsumsi buah terong.

Padahal mitos tersebut tidak benar adanya. Hal ini karena buah terong mempunyai kandungan vitamin dan gizi yang sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh. Disamping itu, juga tidak ada penelitian sama sekali yang menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi buah terong bisa membuat “lemas”.

Demikian sedikit penjelasan mengenai “Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Terong” yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semua. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *