Insektisida Pengendali Hama Wereng Coklat

Insektisida Pengendali Hama Wereng Coklat

Insektisida Pengendali Hama Wereng Coklat

Insektisida Pengendali Hama Wereng Coklat – Hama wereng coklat merupakan hama yang memiliki nama ilmiah Nilparvata lugens yang dimana hama ini juga biasa disebut dengan WBC (Wereng Batang Coklat).  Hama Wereng Coklat merupakan hama yang paling membahayakan bahkan sangat merugikan pada tanaman padi.

Jenis hama yang satu ini bisa menyerang tanaman padi dengan sangat mudah, yaitu dengan cara menghisap cairan tanaman sehingga membuat daun tanaman padi menjadi menguning, lalu mati dan pada akhirnya mati. Gejala seperti ini biasa disebut dengan istilah “hopperburn”.

Serangan hama wereng coklat selalu membuat para petani kwalahan dalam mengatasinya. Hama wereng ini juga memiliki peran penting sebagai vektor penyebaran virus reovirus yang menyebabkan penyakit tungro.

Untuk mengendalikan hama yang berbahaya ini sebenarnya kita bisa menggunakan pestisida nabati yang dibuat sendiri. Atau bisa juga menggunakan pestisida kimia yang sekarang ini sudah tersedia di toko-toko pertanian.

Namun semakin banyaknya jenis pestisida terkadang justru membuat petani mengalami kebingungan dalam memilih pestisida yang tepat. Maka dari itu, petani diharuskan untuk selalu teliti dan jelis. Usahakan untuk membaca terlebih dahulu keterangan yang sudah tertera pada kemasan pestisida kimia yang ingin dibeli.

Berikut ini adalah beberapa bahan aktif serta contoh produk pestisida kimia yang memang secara khusus diformulasi sebagai pengendali hama wereng coklat.

Bahan Aktif Pestisida Pengendali Hama Wereng Coklat
No Bahan Aktif Contoh Produk Cara Kerja
1). Abamectin Alfamex-Bamec-Numectin-Demolish-dll Kontak-Lambung dan Sistemik
2). BBMC Bassa-Baycarb-Kiltop-Dharmabas-Hopsin Kontak dan Lambung
3). Buprofezin Applaud-Luggen dll Kontak
4). Dinotefuron Oshin Kontak dan Sistemik
5). Fipronil Regent Sistemik
6). Imidakloprid Dagger-Winder-Confidor-Imidor Kontak-Lambung dan Sistemik
7). klorantraniliprol dan tiametoksam Virtako Kontak dan Sistemik
8). MIPC Micarb-Mipcin-Mipcinta-Mipcindo-dll Kontak-Lambung dan Sistemik
9). Pymetrozine Plenum Sistemik

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini bisa menjadi referensi paling tepat bagi para petani dalam memilih serta menentukan pestisida pengendali hama wereng yang menyerang tanaman padi. Semoga bermanfaat.