Cara Pembuatan Larutan Nutrisi Ab Mix Yang Benar Dan Tips Memilih Ab Mix Yang Sesuai

Cara Pembuatan Larutan Nutrisi Ab Mix Yang Benar Dan Tips Memilih Ab Mix Yang Sesuai

Cara Pembuatan Larutan Nutrisi Ab Mix Yang Benar Dan Tips Memilih Ab Mix Yang Sesuai

Menanam tanaman atau kegiatan bercocok tanam adalah usaha menumbuhkan tanaman baik sayuran buah, sayuran, tanaman hias, buah  yang dilakukan pada media tanam dan cara perawatan tertentu. Media tanam pada umunya digunakan dalam bercocok tanam  adalah tanah dan campuran pupuk kompos, tanah sendiri untuk media bertumbuhnya akar sedangkan pupuk kompos berperan sebagai nutrisi atau suplemen makanan yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan perkembanganya.

Selain tanah dan suplemen makanan yang dibutuhkan oleh tanaman, tanaman juga membutuhkan air, seperti halnya manusia yang juga membutuhkan air. Air berperan penting sebagai pelarut nutrisi untuk mempermudah penyerapannya oleh tanaman. Air bukan hanya untuk melarutkan nutrisi pada tanaman, dalam bercocok tanam dengan metode yang hits saat ini dan juga sudah digunakan pada perang dunia ke II, air juga untuk media tanam nya dan sebagai berkembangnya akar. Metode ini disebut dengan metode bercocok tanam hidroponik.

Cara Pembuatan Larutan Nutrisi Ab Mix Yang Benar Dan Tips Memilih Ab Mix Yang Sesuai

Dalam menanam hidroponik entah itu sayuran daun, sayuran buah, atau buah sekalipun tetap memerlukan nutrisi yaitu nutrisi AB mix, nutrisi AB mix ada 2 bentuk, bentuk cair dan berbentuk serbuk. Perbedaan bentuk cair dan bnetuk serbuk adalah penggunaannya, penyimpanannya dan distribusinya.

Nutrisi berbentuk cair memang lebih praktis soal penggunaanya yang siap pakai sesuai takaran akan tetapi kalau soal penyimpanan dan pendistribusian nutisi cair lebih repot karena volumenya yang lebih besar. Untuk nutrisi berbentuk serbuk, disamping penyimpanan dan pendistribusiannya mudah karena volumenya yang kecil (kemasan kecil), nutrisi berbentuk serbuk ini penggunaannya harus dilarutkan menjadi larutan pekat terlebih dahulu sebelum dicampur dengan air.

Baca Juga tentang Tabel Ppm dan Ph Nutrisi suatu tanaman mungkin bermanfaat :

Tabel Ppm Dan Ph Nutrisi Suatu Tanaman

Kenapa disebut nutrisi AB mix? Sebab didalam nutrisi tersebut terdapat 2 nutrisi yaitu nutrisi A dan nutrisi B dan dikemas secara terpisah. Untuk melarutkan nutrisi AB mix ada ketentuannya, berikut ketentuannya,

CARA MELARUTKAN NUTRISI HIDROPONIK AB MIX

Pada produk nutrisi AB mix sudah dilengkapi panduan bagaimana cara melarutkan nutrisi hidroponik. Walaupun ada keterangan di kemasan tidak ada salahnya berbagi informasi dan solusi. Okeh kali ini kita akan menjelaskan sekilas cara melarutkan nutrisi AB mix , berikut cara pembuatannya :

  • Siapkan wadah terlebih dahulu, kita menggunakan 2 wadah terserah mau menggunakan ember atau bak, masing-masing wadah nantinya akan diisi 5 liter air bersih. Yang dimaksud air bersih adalah air sumur atau air sungai, bila ingin menggunakan air PAM, endapkan terlebih dahulu semalaman. Bila sudah selesai tandai masing-masing wadah semisal wadah 1 dan wadah 2
  • Habis itu wadah 1 diisi dengan 4 liter air. Buka kemasan produk nutrisi A yang berbentuk serbuk, lalu larutkan ke wadah 1, aduk sampai tercampur rata dengan air, bila sudah dipastikan tercampur tambahkan air sampai larutan menjadi 5 liter. Dan larutan pekatan 1 sudah siap.
  • Setelah wadah 1 sudah siap, lanjut ke wadah 2. Wadah 2 diisi dengan 4 liter air juga. Buka kemasan produk nutrisi B yang juga berbentuk serbuk, lalu larutkan ke wadah 2, aduk sampai tercampur rata dengan air, bila sudah dipastikan tercampur tambahkan air sampai larutan menjadi 5 liter. Dan larutan pekatan 2 sudah siap.
  • Pekatan 1 dan pekatan 2 sudah siap, setelah itu kita ssiapkan 2 buah derigen dengan ukuran 5 liter, sama halnya dengan wadah tadi, jerigen juga ditandai dengan nomor 1 dan 2. Oh iya teman jangan lupa cuci bersih derigen sebelum digunakan. Masukkan larutan pekatan 1 ke derigen 1 dan masukkan larutan pekatan 2 ke derigen 2.

Didalam kedua derigen terdapat larutan nutrisi yang masih pekat. Dan belum siap digunakan, untuk siap digunakan butuh diencerkan terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih, lebih detail caranya, simak berikut:

  • Siapkan wadah untuk mencampur, lalu masukkan 5 ml larutan pekatan nutrisi 1 lalu tambahkan 1 liter air bersih, aduk sampai tercampur rata, habis itu masukkan 5 ml larutan pekatan nutrisi 2, aduk lagi sampai tercampur rata. Iya sekatrang larutan nutrisi AB mix sudah siap diaplikasikan pada tanaman. Perlu dihindari saat mencampurkan kedua larutan tersebut, jangan sampai larutan tersebut masih dalam keadaan pekat, hal ini akan menjadikan larutan akan membentuk gumpalan, bila larutan menggumpal larutan nutrisi tersebut tidak bisa digunakan untuk memberi nutrisi pada tanaman.
  • Tadikan kita membuat larutan nutrisi dari nutrisi AB mix yang berbentuk serbuk sekarang kita akan membuat larutan nutrisi dari nutrisi AB mix yang cair nutrisi. Bila kita ingin membuat 5 liter larutan nutrisi siap pakai, berarti kita harus melarutkan 25 ml larutan nutrisi pekatan 1 dan 25 ml pekatan 2 dengan 5 liter air bersih. Kita mengambil kesimpulan bahwa dalam 5 ml larutan nutrisi pekatan 1 dan 5 ml larutan nutrisi pekatan 2 menghasilkan 1 liter larutan nutrisi yang siap digunakan.
  • Apabila pada kemasan tertulis untuk 1000 liter dengan ppm berjumlah 750 maka larutan nutrisi yang dibuat seperti percobaan 1 dan kedua tadi sama-sama menghasilkan larutan dengan ppm berjumlah 750.
  • Bila ingin membuat larutan siap pakai dengan ppm berjumlah 1500, maka harus menggunakan takaran dengan dua kali lipatannya, misal 10 ml pekatan 1 dan 10 ml pekatan 2 dilarutkan dengan 1 liter air bersih dan akan ketemu hasil larutan siap pakai dengan ppm sebanyak 1500
  • Perlu diingat pada kemasan produk AB mix ada petunjuk penggunaannya dan keterangannya mohon dibaca dengan seksama agar kita menggunakannya sesuai aturan dan hasil yang diperoleh nantinya akan maksimal.
  • Untuk hasil maksimal diperlukan harga yang sesuai, istilahnya harga membawa rupa barangnya, begitupun nutrisi AB mix, biasanya harga nutrisi AB mix yang murah mencantumkan keterangan ppm dengan ppm yang rendah dan ketika kita ingin menaikkan dosis ppm untuk tanaman penggunaannya akan lebih boros.
  • Pada keterangan diluar kemasan nutrisi AB Mix biasanya terdapat satuan ppm, tapi terkadang ada juga merk kemasan yang memilih satuan Ms/cm atau EC, dalam 1 Ms/cm = kurang lebih sama dengan 700 ppm.
  • Untuk lebih jelasnya, agar mengetahui kadar ppm atau EC pada larutan kitamenggunakan alat pengukur yang biasa disebut TDS meter/ EC meter.

Demikian sekilas cara pembuatan larutan nutrisi pekatan dan larutan nutrisi siap pakai yang benar, mungkin seperti halnya penulis lain, saya masih belajar menulis artikel tentang penggunaan AB mix  ini dan juga mungkin saya tidak bisa spesifik menjelaskan cara pembuatannya. Sebagai penulis berharap  dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dengan memilih nutrisi AB mix yang baik serta pembuatannya yang benar. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi ya sobat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *