Cara Mengendalikan Hama Thrips atau Thirps Tabaci Pada Tanaman Cabai

Cara Mengendalikan Hama Thrips atau Thirps Tabaci Pada Tanaman Cabai

Cara Mengendalikan Hama Thrips atau Thirps Tabaci Pada Tanaman Cabai

Cara Mengendalikan Hama Thrips atau Thirps Tabaci Pada Tanaman Cabai

Cara Mengendalikan Hama Thrips atau Thirps Tabaci Pada Tanaman Cabai – Hama Thrips atau thrips tabaci adalah salah satu jenis yang paling berbahaya dan merugikan pada tanaman, terutama tanaman cabai. Jenis hama ini umumnya menyerang bagian daun tanaman khususnya daun yang masih muda atau bagian pucuk tanaman.

Gejala awal yang mudah sekali untuk dideteksi adalah jika ditemukan adanya daun keriting ataupun menggulung ke atas. Serangan yang diakibatkan oleh hama thirps adalah daun keriting, kering dan kemudian mati. Bahkan pertumbuhan tanaman budidaya akan menjadi terhambat atau kerdil dan produktifitas pun menurun.

Pada serangan yang cukup parah bisa menyebabkan kerugian secara total atau gagal panen. Hal ini karena tanaman budidaya sudah tidak mampu untuk bereproduksi sama sekali.

Serangan dari hama thrips ini juga bisa menyebabkan bunga-bunga tanaman menjadi kering dan rontok. Serangan yang terjadi pada tanaman yang masih mudah akan menyebabkan kelayuan. Hama thrips juga bisa menjadi vektor paling utama bagia virus Tomato spotted wilt virus atau TSWV.

Selain menyerang tanaman cabai, hama thrips juga menyerang tanaman tomat, jeruk dan lain sebagainya. Thrips (thrips tabaci) mempunyai panjang kurang lebih 1 sampai 1,2 m dan memiliki warna hitam dengan garis merah atau bercak merah.

Pada fase nimfa, umumnya hama thrips masih berwarna putih atau putih agak kekuningan, tidak memiliki sayap, dan biasanya bebercak merah. Hama thrips dewasa mempunyai sayap serta rambut yang berumbai-rumbai.

Jenis hama ini pada umumnya mengalami perkembangbiakan secara parthenogenesis (tidak melalui perkawinan). Untuk telur-telur yang sudah dihasilkan biasanya akan ditempatkan pada jaringan mesophyl daun atau bagian batang tanaman yang masih mudah. Bentuk telurnya mirip seperti ginjal atau oval.

Hama thrips biasa menyerang tanaman budidaya dengan cara menghisap cairan yang ada di dalam daun. Daun yang paling disukai oleh hama ini adalah daun yang masih muda atau pada bagian pucuk tanaman.

Bagian daun yang sudah berhasil dihisap cairannya oleh hama thrips maka akan mengalami perubahan warna seperti perak. Hal ini dikarenakan masuknya udara langsung ke dalam rongga daun.

Cara Mengatasi dan Mengendalikan Hama Thrips pada Tanaman Cabai

1). Cara Teknis, yakni dengan selalu menjaga tanaman agar tidak mengalami kekeringan. Caranya adalah selalu menyiram tanaman secara rutin dalam jumlah air yang cukup. Selain itu, gulma-gulma yang hidup di lahan budidaya dan sekitarnya harus dibersihkan.

Gulma-gulma pengganggu dan juga rumput liar ternyata bisa menjadi tanaman inang bagi hama ini sehingga harus segera dibersihkan.

2). Cara Kimiawi, yakni dengan melakukan penyemprotan menggunakan bahan instektisida aktif seperti Bamex, Pegasus, AlfaMex, Biocron, Curacron, Omite, Samite, Catez, Agrimex, Demolish, Caleb-tin, dan lain sebagainya. Untuk masalah penyemprotan harus dilakukan dengan dosis yang sesuai anjuran pada label kemasan.

Tips Mengendalikan Hama Thrips Tabacci

  • Melakukan pengontrolan sesering mungkin
  • Penyemprotan lebih baik dilakukan pada saat pagi hari dan usahakan selesai sebelum matahari terik
  • Penyemprotan harus dilakukan sesuai dengan dosis yang sudah tertera pada kemasan
  • Penyemprotan harus segera dilakukan jika sudah menemui adanya gejala serangan
  • Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan 1 jenis insektisida lebih dengan tujuan untuk menghindari kekebalan hama thrips terhadap bahan aktif yang tertentu. Penyemprotan dapat dilakukan secara bergantian.

Demikian informasi dari kami mengenai hama thrips. Semoga bermanfat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *