Cara Alami Membasmi Ulat Pohon

Cara Alami Membasmi Ulat Pohon

Cara Alami Membasmi Ulat Pohon

Cara Alami Membasmi Ulat Pohon – Serangan hama ulat pohon seringkali membuat petani mengalami kwalahan dalam mengatasinya. Apalagi jenis ulat pohon tersebut memiliki bulu yang sudah pasti sangat menganggu dan bisa membuat kulit terasa sangat gatal.

Di beberapa wilayah pernah terjadi serangan hama ulat pohon yang bisa dibilang cukup serius dan bahkan serangannya sampai kerumah warga setempat. Bagi Anda yang mempunyai hobi berkebun maka sudah pasti serangan hama ulat pohon akan menjadi kendala yang akan sangat menganggu.

Bisa Anda bayangkan apa yang terjadi apabila pohon mangga Anda ataupun pohon buah-buahan yang lainnya ketika sedang berbuah tiba-tiba diserang langsung oleh hama ulat. Serangan hama ulat akan membuat hasil panen dan kualitas buah menjadi menurun sehingga tidak akan sesuai dengan apa yang telah diharapkan. Bahkan lebih parahnya lagi Anda tidak akan bisa panen apabila serangan hama ulat sudah cukup parah.

Pengendalian hama ulat pohon secara kimiawi sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Dalam hal ini Anda hanya perlu membeli obat pestisida dan menyemprotkannya secara langsung pada tanaman.

Pestisida tersebut bisa didapatkan dengan sangat mudah karena sekarang ini sudah ada banyak sekali toko pertanian yang menjual pestisida kimia. Namun sayangnya, penggunaan pestisida kimia akan memberikan efek yang tidak baik.

Efek dari penggunaan pestisida kimia adalah terkontaminasinya buah-buahan yang ditanam oleh zat kimia beracun. Buah-buahan yang telah terkontaminasi oleh zat kimia beracun apabila kita konsumsi maka akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh kita.

Lalu Bagimana Cara yang Tepat dalam Mengatasi Hama Ulat Pohon Tanpa Kimia?

Sebenarnya masih ada cara yang lebih aman dan sehat, yakni dengan cara menggunakan bahan-bahan alami yang di lingkungan sekitar. Bahan-bahan alami tersebut adalah kapur dan juga gemuk atau pelumas padat. Adapun cara memanfaatkan kapur dan gemuk untuk mengatasi hama ulat pohon adalah sebagi berikut:

  • Campurkan bahan kapur dan gemuk secara merata sampai menjadi seperti adonan kue. Perbandingan yang digunakan adalah 1 : 1.
  • Selanjutnya adonan tersebut bisa langsung dibungkus dengan menggunakan daun pisang.
  • Ikatkan bungkusan adonan pada tanaman atau pohon yang telah terserang hama ulat pohon.

Setelah satu hari kemudian maka bisa Anda lihat langsung hasil akhirnya. Jika cara yang Anda gunakan ini berhasil maka hama-hama ulat yang hidup pada pohon tersebut akan mati berjatuhan.  Cara ini sudah banyak digunakan oleh petani buah, dan kebanyakan memberikan hasil yang baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membasmi hama ulat pohon. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada artikel kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Silahkan mencobanya langsung, semoga berhasil.