Beberapa Jenis Tanaman Yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

Beberapa Jenis Tanaman Yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

Beberapa Jenis Tanaman Yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

Hidroponik merupakan cara bercocok tanam atau cara budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa ada unsur tanah didalamnya, dan dengan menekankan pada kebutuhan nutri pada tanaman. Metode hidroponik sangat digandrungi sebagian besar petani kota atau petani lahan sempit karena penggunaan air pada tanaman sangat efisien dibanding dengan media konvensional (media tanah) jadi sangat cocok dengan daerah yang pasokan airnya terbatas. Tanaman hidroponik juga tidak kalah sehat dan bergizi dibanding tanaman yang ditanam di media konvensional.

Beberapa Jenis Tanaman Yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

Bila anda ingin menanam tanaman hidroponik dirumah, sebelum itu harus mengetahui jenis tanaman hidroponik. Lalu apa saja sih tanaman yang bisa ditanam dengan cara hidroponik?

Sebenarnya sebagian besar jenis-jenis tanaman bisa ditanam dengan teknik hidroponik. Hanya saja kita bingung karena baru pertama mulai berkebun hidroponik, untuk memilih jenis tanaman belum juga memilih sistem hidroponik yang digunakan. Untuk pemula gunakan sistem yang paling sederhana dan mudah yakni sistem wick.

Dan pemilihan jenis tanaman anda tak perlu bingung, pusing lagi, berikut rangkuman jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang biasa dibudidayakan dengan teknik hidroponik :

Tanaman Sayuran Daun

Tanaman sayuran daun menjadi primadona untuk alangan hidroponikers pemula. Dengan alasan tanaman sayuran daun mudah dan cepat tumbuh, mudah merawatnya, berumur pendek jadi tidak menunggu lama untuk panennya. Tanaman sayuran daun tidak membutuhkan perhatian ekstra atau khusu agar tumbuh dengan baik dan maksimal, yang perlu diperhatikan cukup inti sari pada tanaman hidroponik yaitu kebutuhan air dan nutrisi.

Untuk tanaman sayuran daun ada yang disemai telebih dahulu atau ada yang bisa langsung ditanam. Tanaman sayuran daun ini sangat cocok bagi yang hanya sedikit memiliki waktu luang, cukup memannfaatkan waktu luang tersebut di pagi hari sebelum berangkat bekerja atau sepulang bekerja dan juga pada saat hari libur. Berikut beberapa jenis tanaman sayuran daun yang menjadi pilihan untuk memulai bercocok tanam hidroponik:

  • Kangkung

Kangkung hidroponik mempunyai kualitas yang lebih baik dibanding kangkung yang ditanam pada media konvensional (tanah). Bila ingin menanamnya harus memperhatikan kualitas benih yang dipilih, lalu penyemaianya, penanamannya, dan nutrisi yang digunakan.

  • Selada

Tanaman ini sudah lama terjun dan berkecimpung didunia hidroponik, tercatat telah ditanam pada lebih dari 300.000 hektar lahan hidroponik yang menghasilkan 3 juta ton selada per tahun.

  • Pakcoy

Pakcoy hidroponik yang biasa disebut dengan sawi daging tersebut dalam budidayanya dibutuhkan naungan paranet untuk mengurangi intensitas matahari karena bila intensitas sinar matahari sangat tinggi mengakibatkan pakcoy layu.

  • Sawi

Pada saat ingin menanam sawi, kualitas bibit sawi akan mempengaruhi hasil tanaman hidroponik sawi nantinya.

  • Seledri

Tanaman ini sudah tidak asing di dapur keluarga, tanaman hidroponik ini dapat dibudidayakan menggunakan sistem wick atau menggunakan sistem rakit apung (water culture)

  • Bayam

Bayam dapat tumbuh dengan baik dengan sistem hidroponik, bayam tidak begitu banyak cahaya atau suhu yang panas. Bayam dapat dipanen secara rutin dalam jangka waktu 12 minggu.

  • Brokoli

Tanaman brokoli hidroponik hari ke hari akan akan bertambah besar, untuk itu pada penanamanya usahakan satu lubang satu tanaman dan memberi jarak yang cukup agar nantinya saat tumbuh berkembang tidak berdempetan.

  • Dan tanaman lainnya

 

Tanaman Sayuran Buah

Tanaman sayuran buah, mungkin bisa dibilang jenis tanaman buah yang perlu perhatian khusus dan ekstra lagi pula tanaman sayuran buah ini juga jenis tanaman yang memiliki umur lebih panjang dan perawatannya yang sedikit rumit. Semakin panjang usia tanaman sayuran buah, semakin banyak pula masalah yang muncul pada tanaman sayuran buah khususnya pada buah yang dihasilkan. Masalah yang sering timbul pada jenis sayuran buah umumnya pada kebutuhan nutrisi tanaman, serangan hama dan penyakit. Berikut beberapa jenis tanaman sayuran buah yang menjadi pilihan untuk memulai bercocok tanam hidroponik:

  • Cabai, meliputi cabai rawit, cabai besar, cabai setan

Menanam cabai hidroponik banyak digemari karena perawatannya tidak ribet dan tidak susah. Oleh karena cabai mahal, menanam cabai hidroponik sendiri bisa jadi alternatif penghematan uang belanja.

  • Paprika

Paprika merupakan tanaman yang mudah dan cepat pertumbuhannya, jenis taanaman sayuran buah hidrponik satu ini sangat menguntungkan untuk dibudidayakan, bila perawatan yang diberikan secara intensif dalam satu tanaman dapat memperoleh 2,5 kg buag paprika.

  • Tomat

Tanaman ini sangat mudah untuk ditanam secara hidroponik, akan tetapi dalam bercocok tanam tomat perlu diperhatikan pemilihan bibit tomat, pilih bibit yang unggul dan gunakan media tanam cocopeat serta berikan perawatan yang rutin sampai umur bibit hampir satu bulan atau siap tanam.

  • Bawang merah

Bila ingin menanam bawang merah hidroponik sendiri, bibit dapat diperoleh dari dapur, untuk bibit yang baik memiliki ciri-ciri yaitu, warna umbi mengkilap dan padat, memiliki calon akar dan pada saat mau menanam potong seperlima bagian ujung bawang merah.

  • Terung

Tanaman ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, pasalnya selain untuk lalapan, tanaman ini juga memiliki khasiat untuk mencegah kanker usus, apalagi bila ditanam secara hidroponik, khasiatnya lebih mujarab.

  • Dan tanaman lainnya

 

Tanaman Buah Semusim

Tanaman buah semusim adalah tanaman yang dapat dipanen hasilnya dalam satu musim tanam. Tanaman buah semusim dengan tanaman sayuran buah sama-sama menghasilkan buah, akan tetapi umur tanaman buah semusim lebih pendek dibanding tanaman sayuran buah.

Disamping itu masih ada perbedaan diantara kedua tanaman tersebut yaitu, perawatan tanaman buah semusim membutuhkan perhatian ekstra dan khusus, harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang tanaman buah semusim, tanaman buah semusim juga membutuhkan ruang yang lebih luas dan juga tanaman buah semusim ini ada juga yang  memerlukan ajir/lanjaran untuk media rambatannya.

Baca Juga : Penanaman Seledri Hidroponik Sistem Sederhana

Tanaman buah semusim ada kalanya membutuhkan penyerbukan bantuan agar bisa menghasilkan buah dengan kualitas yang baik, kita ambil contoh tanaman semangka non biji, oleh sebab bunga jantan semangka non biji mandul, diperlukan penyerbukan manual dibantu oleh manusia dengan melakukan penyerbukan dengan bunga jantan semangka berbiji. Berikut beberapa jenis tanaman sayuran buah yang menjadi pilihan untuk memulai bercocok tanam hidroponik :

  • Timun

Pembudidayaan timun dimulai dengan mempersiapkan  media tanam, wadah tanam, pemeliharaan benih, penanaman hasil semai, memastikan pencahayaan yang cukup dan suhu yang sesuai serta pemeliharaan teratur pada larutan nutrisinya.

  • Semangka

Hal yang perlu diperhatikan saat menanam semangka adalah pada saat pemilihan bibit, penyemaian tanaman, penanaman tanaman, perawatan dan pemeliharaan tanaman samapi proses panen buah semangka saat tanaman berumur 2-3 bulan pasca tanam.

  • Melon

Dalam melakukan penanaman melon hidroponik hal yang perlu diperhatikan adalah lahan yang digunakan, lahan yang digunakan pekarangan yang cukup luas.

  • Strawberry

Petani di Indonesia sekarang sudah beralih dari menanam strawberry dimedia konvensional menjadi strawberry hidroponik dan menggunakaan sistem tetes yang lebih mudah dan praktis.

  • Jagung

Ternyata jagung dapat ditanam secara hidroponik lho..oleh sebab jagung memiliki akar serabut yang mudah menyerap air.

  • Dan tanaman lainnya

Demikian jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik. Semoga dapat menjadi inspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *