9 Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh

9 Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh

9 Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan salah satu tanaman yang memiliki buah berwarna hijau muda, dengan bentuk bulat lonjong dan terasa asam. Buah ini pada umumnya digunakan sebagai bahan tambahan masakan. Selain itu, buahnya juga banyak dimanfatkan untuk campuran jamu.

9 Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh

Buah ini biasa disebut dengan belimbing sayur, belimbing asam atau belimbing wuluh. Belimbing wuluh konon katanya berasal asli dari wilayah Maluku dan mulai menyebar hingga ke seluruh beberapa wilayah di Indonesia bahkan sampai ke Asia seperti Filipina, Malaysia, Srilanka dan juga Myanmar.

Belimbing wuluh memiliki nama latin Averrhoa Bilimbi L. Buah ini diketahui memiliki kandungan berbagai macam kandungan vitamin, khususnya vitamin C yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Sudah sejak zaman dahulu belimbing wuluh dimanfaatkan sebagai bahan untuk pengobatan secara herbal.  Belimbing wuluh adalah buah yang kaya akan vitamin C yang secara alami bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi gusi berdarah dan juga sariawan.

Selain mengandung banyak vitamin C, belimbing wuluh juga memiliki kandungan tanin, glukosida, peroksida, asam folat, sulfur, kalsium oksalat, dan juga kalium sitrat. Tidak hanya pada bagian buahnya saja, bunga dan daun belimbing juga mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

  1. Sebagai Obat Herbal Penyakit Kulit Seperti Panu

Manfaat belimbing wuluh yang pertama adalah mengobati berbagai macam penyakit kulit seperti panu. Cara memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengatasi panu ini pun sangat mudah.

Siapkan belimbing wuluh secukupnya dalam keadaan segar. Setelah itu belimbing wuluh harus dihaluskan terlebih dahulu. Jika sudah halus tambahkan dengan sedikit kapur sirih. Campur sampai benar-benar rata lalu oleskan pada kulit Anda yang terkena panu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka lakukan cara ini secara rutin 2 x dalam sehari.

  1. Sebagai Obat Herbal untuk Mengatasi Sariawan dan Gusi Berdarah

Belimbing wuluh merupakan salah satu buah penghasil vitamin C yang sangat tinggi, dimana vitamin C ampuh digunakan untuk mengobati sariawan dan gusi berdarah. Cara memanfaatkannya pun juga cukup mudah.

Rebuslah bunga belimbing wuluh secukupnya saja, jika sudah matang maka tambahkan gula jawa. Untuk pemanfaatannya cukup dengan menggunakan air rebusan belimbing wuluh tersebut untuk berkumur.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi buah belimbing wuluh bisa membantu untuk melancarkan sistem percernaan dan juga mengatasi susah BAB. Selain itu, buah belimbing juga akan selalu menjaga sistem pencernaan Anda agar selalu dalam keadaan sehat.

  1. Dapat Mengobati Jerawat dan Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin A dan asam oksalat dalam buah belimbing wuluh bisa membantu untuk mengurangi jerawat di wajah. Untuk dapat menghilangkan jerawat maka tumbuk halus bagian buahnya. Lalu aplikasikan langsung pada wajah sebagai masker alami. Diamkan selama kurang lebih 30 menit atau sampai masker belimbing tersebut mengering, kemudian basuh muka Anda dengan air hangat.

Lakukan cara ini setiap hari, atau setidaknya selama 3 hari. Anda juga dapat menambahkan buah belimbing ini ke dalam jus untuk bisa menambah kandungan nutrisi dan rasa yang sangat menyegarkan. Dengan memanfaatkannya sebagai masker alami dan mengonsumsi jus belimbing wuluh secara terartur maka akan membuat wajah Anda nampak cerah, terlihat lebih muda dan bintik-bintik hitam di wajah akan menghilang.

  1. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi adalah sebuah kondisi yang berhubungan dengan munculnya tekanan darah dalam arteri. Seseorang bisa dikatakan mempunyai hipertensi jika tekanan darahnya diatas 140/90 mmHg.

Buah belimbing wuluh sendiri sudah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengendalikan tekanan darah atau hipertensi. Caranya adalah dengan merebus buah belimbing wuluh dalam keadaan segar dengan 3 gelas air. Rebus sampai air rebusan menguap, kemudian air rebusannya dapat diminum ketika sudah suam-suam kaku. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka sangat disarankan untuk minum rebusan ini secara rutin yaitu setiap pagi hari.

  1. Mengobati Penyakit Diabetes

Buah belimbing wuluh diketahui memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Terdapat 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengambil buah yang satu ini. Pertama, memanfaatkan buah belimbing wuluh sebagai jus dan kemudian meminumnya langsung seperti jus buah pada umumnya.

Kedua, rebus bagian buahnya dengan satu gelas air hingga setengah airnya menguap. Kemudian saring air rebusan belimbing wuluh tersebut. Minum sehari 2 kali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Dapat Mengatasi Gondong (Parotitis)

Gondong atau epidemi parotitis merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh virus gondong. Virus ini umumnya akan menyerang kelenjar ludah dan dapat menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas ataupun pipi.

Dengan menempelkan daun belimbing wuluh dan batang muda dengan bawang putih yang bisa dihaluskan akan memberikan efek yang positif untuk mengurangi pembengkakan.

  1. Dapat Mengobati Alergi

Alergi merupakan sebuah kondisi yang diakibatkan oleh hipersensitivitas sistem kekebalan tubuh atau imun terhadap beberapa hal yang tertentu di luar tubuh. Beberapa hal tersebut bisa berupa obat-obatan, makanan, logam (menyebabkan dermatitis) dan udara (penyebab alergi rhinitis dan juga asma).

Gejala-gejala alergi adalah mata merah, gangguan pada sistem pernafasan, pilek dan juga kulit yang terasa sangat gatal. Nah, untuk mengatasi alergi tersebut maka Anda bisa langsung mengonsumsi buah belimbing wuluh ini.

  1. Memutihkan Kulit Wajah

Belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi yang dapat memutihkan kulit wajah kita secara alami dan sangat efektif. Cara memanfaatkan belimbing wuluh untuk memutihkan kulit wajah ini juga cukup mudah.

Anda dapat membuat masker secara alami dari buahnya yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Bisa juga dengan cara menggosokkan secara perlahan supaya sel-sel kulit mati juga ikut terangkat.

Kandungan Gizi Buah Belimbing Wuluh

Menurut DKBM atau Daftar Komposisi Bahan makanan, dalam setiap 100 gram buah belimbing wuluh memiliki kandungan lemak 0,4 gr, karbohidrat 8,8 gr, energi 36 kal, protein 0,4 gr, energi 36 kal, protein 0,4 gr, kalsium 4 mg, fosfor 12 mg, kalium 39 mg, vitamin A 170 Sl, vitamin B1 0,03 mg, dan  vitamin C 35.

Di Indonesia sendiri, buah belimbing wuluh ini memiliki nama sebutan yang sangat beragam, misalnya saja masyarakat Aceh biasa menyebutnya dengan limeng ungkot atau bohlimeng, Nias (malimbi), Minangkabau (balimbieng), Gayo (selemeng), Batak (asom, belimbingan), Melayu (belimbing asam), Lampung (balimbing), Madura (bhalingbhing bulu), Bali (blingbing buloh), Bima (limbi), Sunda (calincing, balingbing), Jawa (belimbing wuluh), Banjarmasin (belimbing tunjuk), Flores (balimbeng), Sawu (libi), Sangir (belerang), dan masyarakat Makasar biasa menyebut buah belimbing wuluh ini sebagai buah bainang.

Demikian sedikit informasi mengenai 9  khasiat dan manfaat buah belimbing wuluh yang dapat admin sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *