15 Khasiat dan Manfaat Buah Tin

15 Khasiat dan Manfaat Buah Tin

15 Khasiat dan Manfaat Buah Tin

Buah tin atau yang biasa disebut dengan buah ara merupakan salah satu buah yang berasal dari Asia Barat. Buah yang satu ini memiliki nama ilmiah Ficus carica L. Sekarang ini tanaman buah tin sudah menyebar hingga ke seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia.

15 Khasiat dan Manfaat Buah Tin

Buah tin ternyata mempunyai kandungan banyak nutrisi yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan penting dalam buah tin adalah mineral, kalsium, protein, vitamin, zat besi, dan juga zat lainnya.

Sejak zaman dahulu, orang-orang Arab sudah banyak memanfaatkan rebusan daun dari tanaman buah tin sebagai obat herbal untuk bisa mengatasi rasa nyeri ketika menstruasi. Sedangkan di Bengali, buah yang satu ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang diolah menjadi sayuran.

Buah ini sangat mudah rusak dan tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka dari itu, jika Anda baru memetik buah tin maka Anda harus segera memanfaatkannya.

Sama halnya dengan buah pada umumnya, buah tin ini bisa Anda konsumsi secara langsung. Namun bisa juga dikeringkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi dan bahkan bisa juga dibuat sebagai selai.

Buah tin merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan buah tin memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Beberapa macam kandungan penting yang ada di dalam buah tin adalah karbohidrat, protein potassium, zat besi, kalsium dan vitamin. Selain itu, buah tin juga memiliki kandungan vitamin C 1 mg, kalsium 126 mg, karbohidrat 63.4 mg, energi 274 kkal dan juga protein 4.3 mg.

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

  1. Dapat Mencegah Tumor

Buah tin diketahui memiliki manfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit tumor. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat fenol dan benzaldehid di dalam buah yang satu ini. Kedua zat itulah yang berkhasiat dalam mencegah tumor.

  1. Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

Manfaat buah tin pada pria adalah mampu meningkatkan kualitas sperma. Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah tin memiliki manfaat untuk dapat melindungi asam lemak sperma.  Selain itu, kandungan antioksidan tersebut juga dapat mencegah kerusakan pada sperma.

Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah tin secara rutin bisa untuk meningkat kualitas sperma pada pria dan bahkan juga bisa meningkat kesuburan.

  1. Sebagai Pengganti Susu

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap berbagai macam produk susu, maka kini Anda tidak perlu bingung lagi. Anda bisa mengganti produk susu tersebut dengan buah tin yang sudah pasti akan jauh lebih aman karena tanpa bahan kimia.

Hal ini karena buah tin memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Sehingga bisa dibilang manfaat kalsium tersebut hampir sama dengan susu.

  1. Mengatasi Kelebihan Berat Badan

Buah tin sangat aman sekali untuk dikonsumsi bagi Anda yang sekarang ini sedang menjalani program diet ketat. Buah tin diketahui tidak memiliki kandungan lemak dan kolesterol, dengan mengonsumsi buah tin secara rutin maka dapat membantu untuk mengatasi kelebihan berat badan yang Anda alami.

  1. Obat Alami Usus dan Lambung

Apabila usus dan lambung Anda bermasalah atau mengalami gangguan, maka Anda bisa langsung mengonsumsi buah tin sebagai obat herbal alami untuk mengatasi masalah tersebut. Namun Anda harus mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Cara memanfaatkannya sendiri sangat mudah, ambil sebanyak 6 buah tin dan potong buah tersebut menjadi kecil-kecil. Tambahkan potongan jeruk nipis secukupnya dan juga minyak zaitun. Campur semua bahan tersebut dan diamkan selama kurang lebih satu malam. Jika sudh maka ramuan tersebut sudah siap untuk diminum.

  1. Anti Virus, Anti Bakteri, dan Anti Jamur

Mengonsumsi buah tin juga bisa membantu Anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh virus, bakteri, dan juga jamur. Kandungan buah tin ini mampu untuk melawan mikroorganisume yang dapat menyebabkan virus dan juga jamur.

Hal tersebut dikarenakan buah tin memiliki kandungan zat anti virus, zat anti bakteri dan juga anti jamur secara alami yang sangat berkhasiat untuk tubuh.

  1. Dapat Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Buah tin memiliki kandungan yang kaya akan serat. Seperti yang kita tahu bahwa kandungan serat sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan bisa membuat pencernaan Anda menjadi lebih sehat. Selain itu, kandungan serat tersebut juga dapat mengatasi sembelit.

  1. Dapat Mencegah Pengeroposan Tulang atau Osteoporosis

Di dalam buah tin juga terdapat kandungan kalsium dalam jumlah yang sangat tinggi. Kandungan kalsium dalam buah tin inilah yang dapat mencegah tulang keropos atau penyakit osteoporosis.

  1. Menguatkan Tulang dan Gigi

Apabila Anda ingin mempunyai tulang dan gigi yang sehat, maka Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah tin secara rutin. Kalsium yang ada di dalam buah tin bisa membantu tulang dan gigi Anda agar lebih kuat.

  1. Dapat Mengatasi Jerawat

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh ternyata buah tin juga bermanfaat untuk wajah. Mengonsumsi buah tin secara rutin akan membuat kulit wajah Anda menjadi lebih halus dan dapat mengatasi jerawat pada wajah. Untuk cara memanfaatkannya Ada bisa menggunakan daging buah ini sebagai masker alami wajah.

  1. Dapat Mengatasi Anemia

Kandungan zat yang ada di dalam buah tin memiliki khasiat untuk dapat memicu pembentukan sel darah merah atau hemoglobin. Maka dari itu, buah yang satu ini akan sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menderita penyakit anemia.

  1. Dapat Mengatasi Asma

Buah tin diketahui memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pada sistem pernafasan termasuk asma. Dengan mengonsumsi buah tin secara teratur yaitu setiap hari maka dapat mengatasi masalah pada sistem pernafasan akibat asma.

  1. Dapat Mencegah Gangguan Jantung

Jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia setelah penyakit kanker. Oleh karena itu, agar Anda terhindar dari penyakit yang sangat berbahaya ini maka Anda bisa mengonsumsi buah tin. Hal ini karena buah tin memiliki kandungan omega 3 dan juga kalium yang dimana keduanya sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung koroner.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah tin memiliki kandungan zat pektin yang dimana kandungan zat ini sangat bermanfaat untuk mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Buah tin juga sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan buah tin tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali atau non lemak.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah tin bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal alami untuk menyembuhkan luka. Untuk cara memanfaatkannya cukup mudah, rebus buah tin yang sudah dikeringkan terlebih dahulu dengan air secukupnya.

Rebus buah tin bersama dengan air sampai benar-benar mendidih. Jika sudah maka tambahkan dengan susu dan dinginkan selama beberapa saat. Setelah dingin maka Anda bisa langsung mengoleskan ramuan buah tin tersebut pada luka Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *