14 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

14 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

14 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

Kangkung merupakan tanaman sayur yang biasa diolah sebagai sayur mayur. Sama seperti sayuran pada umumnya, sayur hijau kangkung juga mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi.

Sayuran kangkung banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia karena memiliki rasa yang sangat lezat. Selain itu, sayuran kangkung dapat dimanfaatkan untuk menjadi berbagai macam olahan seperti di oseng, di tumis, dibuat cah kangkung, dan lain sebagainya.

14 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

Sebagai salah satu sayur dari beberapa macam jenis sayuran hijau, kangkung mempunyai berbagai macam kandungan gizi dan nutrisi. Tentunya kandungan gizi dan nutrisi yang dimiliki oleh kangkung ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, sayuran kangkung juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan  vitamin C. Bahkan kangkung juga memiliki kandungan banyak mineral seperti serat, zat besi, selenium, dan juga fosfor.

Kandungan Gizi Sayur Kangkung

Dalam setiap 100 gram sayuran kangkung mengandung ;
– Energi = 29 kkal
– Protein = 3 gr
– Lemak = 0,3 gr
– Karbohidrat = 5,4 gr
– Kalsium = 73 mg
– Fosfor = 50 mg
– Zat Besi = 3 mg
– Vitamin A= 6300 IU
– Vitamin B1 = 0,07 mg
– Vitamin C = 32 mg.

Khasiat dan Manfaat Sayuran Kangkung

  1. Dapat Mencegah Anemia

Dalam setiap 100 gram kangkung yang masih segar memiliki kandungan kurang lebih 2,5 mg zat besi. Kandungan zat besi inilah yang memiliki manfaat untuk dapat menambah hemoglobin. Dengan demikian mengonsumsi sayuran kangkung secara rutin bisa mencegah gejala anemia atau kekurangan darah.

  1. Dapat Melancarkan Air Seni

Sayuran kangkung juga memiliki manfaat untuk melancarkan air seni. Cara mengolah kangkung agar bermanfaat dalam melancarkan air seni ini pun bisa dibilang sangat mudah sekali.

Caranya adalah siapkan kangkung yang masih dalam keadaan segar secukupnya. Kemudian rebus kangkung tersebut dengan air kurang lebih sekitar 2 gelas. Rebus sampai benar-benar mendidih sampai tersisa 1 gelas saja. Minum ramuan dari sayur kangkung tersebut satu kali sehari secara teratur.

  1. Sebagai Anti Parasit Usus

Sayuran kangkung juga memiliki khasiat penting sebagai anti parasit usus. Dengan mengonsumsi sayur kangkung mentah-mentah maka bisa membunuh cacing parasit atau fasciolopsis buski yang ada di dalam usus manusia.

Cacing tersebut jika dibiarkan begitu saja maka akan sangat berbahaya bagi manusia. Pasalna cacing ini merupakan hewan yang bisa menyebabkan penyakit fasciolopsiasis.

  1. Dapat Mencegah Diabetes Melitus

Manfaat sayur kangkung yang berikutnya adalah mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus. Hal ini karena ekstrak kangkung ternyata mampu untuk menyerap kelebihan kadar gula dalam darah.

Maka dari itu, dengan mengonsumsi sayur kangkung akan membuat kadar gula dalam darah akan semakin berkurang sehingga bisa membantu Anda untuk mencegah terkena resiko penyakit diabetes melitus.

  1. Dapat Mengatasi Mimisan

Sayur kangkung ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi mimisan. Jika Anda mengalami mimisan maka bisa langsung mencoba untuk mengonsumsi sayur kangkung agar mimisan tersebut bisa segera berhenti. Cara mengolah sayur kangkung untuk mengatasi mimisan ini sangat mudah.

Pertama Anda harus menyiapkan sayur kangkung yang sudah dicuci sampai bersih. Lalu tumbuh atau blender kangkung tersebut sampai halus. Seduh dengan sekitar 200 ml air yang panas dan tambahkan juga gula aren sedikit. Jika maka Anda tinggal saring untuk menjadi ramuan dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin, Anda bisa langsung meminumnya 2 kali satu hari sampai mimisan tersebut sembuh.

  1. Dapat Mengatasi Penyakit Susah Tidur atau Insomnia

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa mengonsumsi sayuran kangkung bisa membuat seseorang menjadi ngantuk. Anggapan seperti ini memang benar adanya. Hal ini dikarenakan sayuran kangkung memiliki kandungan unsur sedatif yang dimana kandungan ini bisa membuat seseorang mengantuk.

Apabila Anda sedang mengalami penyakit susah tidur atau insomnia, maka jangan ragu lagi untuk mengonsumsi sayur kangkung. Kandungan zinc dan selenium yang ada di dalam sayuran kangkung akan membuat syaraf menjadi kendur dan merasa lebih rileks. Keadaan seperti ini tentu akan membuat tidur Anda menjadi lebih lelap dan pulas.

  1. Baik Untuk Kesehatan Mata

Sayuran kangkung memiliki banyak kandungan vitamin. Salah satunya adalah vitamin A yang dimana kandungan ini memiliki manfaat untuk menjaga mata agar selalu sehat. Apabila Anda menginginkan mata yang selalu sehat maka konsumsilah sayuran kangkung.

  1. Dapat Mencegah Sariawan dan Gusi Berdarah

Sakit sariawan dan gusi berdrah merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya vitamin C dalam tubuh. Sayuran kangkung memang memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin C.

Dengan adanya kandungan vitamin C dalam jumlah yang sangat banyak dalam sayuran kangkung, maka sayuran ini bisa membantu Anda untuk mencegah terkena sakit sariawan ataupun gusi berdarah.

  1. Dapat Mencegah Sembelit

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang kaya akan serat. Serat sendiri memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan bisa mencegah sembelit atau susah buang air besar.

  1. Sebagai Antitoksin

Sayuran kangkung bisa dimanfaatkan untuk dapat meringankan sakit bisul. Khasiat ini tentu tak lepas dari kandungan yang dimiliki oleh sayur kangkung. Kangkung mempunyai sifat anti racun atau antitoksin yang bisa meringankan sakit bisul.

  1. Dapat Melawan Virus Penyebab Flu Biasa

Kangkung memang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, jika asupan vitamin C dalam tubuh terpenuhi maka seseorang tidak akan mudah untuk terserang virus influenza. Maka dari itu, mengonsumsi sayur kangkung akan memberikan asupan vitamin C yang cukup bagi tubuh dan dapat mencegah influenza.

  1. Sebagai Antioksidan

Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh sayuran kangkung ini memang banyak. Kandungan vitamin C dalam sayur kangkung ini juga memiliki peran penting sebagai antioksidan alami dapat menangkal efek radikal bebas. Dengan demikian maka Anda tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

  1. Dapat Mencegah Haid Berlebihan

Manfaat sayuran kangkung lainnya adalah bisa mencegah haid yang berlebihan. Jenis sayuran hijau yang satu ini dipercaya mampu untuk menormalkan haid dan bahkan dapat mengurangi haid yang berlebihan. Cara memanfaatkan sayuran kangkung untuk mencegah haid yang berlebihan ini sangat mudah.

Caranya adalah dengan menyiapkan 500 gram sayuran kangkung yang masih segar. Jika sudah maka cuci sampai bersih sayuran kakung tersebut. Selanjutnya blender bersama dengan air bersih sekitar 200 ml sampai benar-benar halus.

Setelah itu disaring dan ditambahkan dengan 1 sdm madu. Lalu minum ramuan sayur kangkung tersebut sampai habis, dan lakukan satu hari sekali secara teratur.

  1. Dapat Menghilangkan Ketombe

Sayur hijau kangkung juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Caranya yaitu rendam kakung secukupnya saja dengan air yang mendidih. Jika sudah biarkan selama satu malam, gunakan air rendaman kakung tersebut untuk keramas secara rutin agar rambut Anda bersih dari ketombe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *