13 Manfaat Penting Sayur Genjer

13 Manfaat Penting Sayur Genjer

13 Manfaat Penting Sayur Genjer

Genjer adalah salah satu tanaman sayur yang memiliki nama latin Limnocharis flava. Jenis tanaman ini banyak hidup di area persawahan atau rawa-rawa dengan perairan yang dangkal atau hampir mirip dengan tanaman eceng gondok.

13 Manfaat Penting Sayur Genjer
Limnocharis flava leaves

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa genjer merupakan sayuran orang miskin, jadi siapa saja yang memakan sayur genjer sangat identik dengan kemiskinan. Anggapan seperti ini tidak salah, namun seharusnya juga tidak divonis seperti demikian. Sayuran ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja yang mau.

Sayur genjer sendiri terasa sedikit pahit namun memiliki rasa yang enak. Masyarakat sendiri biasa mengolahnya menjadi sayur dengan cara ditumis ataupun pecal.

Sayur genjer ini lebih populer di daerah pedesaan, sedangkan orang-orang kota tidak banyak yang tahu mengenai sayuran ini. Meskipun sangat identik dengan kemiskinan ternyata sayur genjer memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Hal ini karena kandungan gizi yang ada di dalam sayur genjer sangat banyak dan bisa dibilang sangat lengkap. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai kandungan gizi dan manfaat dari sayur genjer.

Kandungan Gizi Sayur Genjer

Sama halnya dengan sayuran hijau pada umumnya, meskipun banyak yang bilang sayurannya “orang miskin”, ternyata genjer juga mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dan bahkan tidak kalah kandungannya dengan sayurnya “orang kaya”.

Serat yang ada dalam genjer sendiri diketahui sangat baik untuk sistem pencernaan. Dalam setiap 100 gram genjer memiliki kandungan protein 1,7 gram, zat besi 2,1 mg, fosfor 33 mg, dan juga kalsium 62 mg.

Beberapa kandungan tersebut tidak ada satupun yang tidak memiliki manfaat, semuanya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat sayur genjer bagi tubuh.

  1. Dapat Menambah Nafsu Makan

Apabila Anda merasa kurang nafsu makan, maka mengonsumsi sayur genjer bisa menjadi solusi yang tepat. Sayur genjer mempunyai manfaat yang bisa membuat Anda menjadi nafsu makan. Dalam hal ini Anda bisa mengonsumsi sayur genjer dengan cara mengkukusnya sesudah dicuci bersih atau bisa juga sebagai lalapan.

  1. Dapat Mengatasi Anemia

Sayur genjer memiliki kandungan zat besi sangat tinggi yang bertindak sebagai pembentukan sel-sel darah merah. Hal inilah yang membuat sayur genjer ini sebagai makanan sehat yang mampu untuk mengatasi anemia (kekurangan darah).

Zat besi yang terkandung dalam sayur genjer juga memiliki manfaat untuk dapat memperbaiki sel-sel darah merah sehingga nantinya aliran darah akan menjadi lancar dan Anda pun terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Bertindak Sebagai Antibiotik

Sayur genjer ternyata juga mempunyai manfaat sebagai antibiotik dalam tubuh. Antibiotik sendiri memiliki manfaat dalam membunuh berbagai macam kuman dan bakteri penyebab penyakit yang bisa membahayakan tubuh.

Kandungan vitamin C dan flavanoid yang ada dalam genjer yang membuat jenis sayuran ini mempunyai kemampuan sebagai antibiotik alami. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari berbagai macam bakteri jahat yang bisa mengancam kesehatan.

  1. Meremajakan Sel-Sel Tubuh

Manfaat sayur genjer yang berikutnya adalah meremajakan sel-sel tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan karena genjer memiliki kandungan protein sangat tinggi yang berguna untuk dapat meremajakan sel-sel tubuh yang telah rusak serta tidak berfungsi.

  1. Menyembuhkan Luka

Sayur genjer memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Anda bisa langsung membalurkan daun genjer yang telah ditumbuk sampai halus ke bagain tubuh yang sedang terluka. Namun sayur tersebut tentunya harus dicuci bersih terlebih dahulu.

  1. Menyehatkan Kulit

Kesehatan kulit memang bisa dijaga mulai dari sekarang dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan asupan gizi seperti sayur genjer. Dengan adanya kandungan berbagai zat yang bergizi dalam sayur genjer bisa membatu untuk menyehatkan serta terhindar dari berbagai macam resiko kerusakan kulit.

  1. Dapat Menyehatkan Gigi

Apabila Anda pernah sakit gigi, tentu Anda sudah tahu bagaimana sakitnya ketika gigi sedang bermasalah. Tak jarang, sakit gigi yang dialami bisa berimbas langsung kepada saraf-saraf kepala yang bisa membuat kepala merasa sakit hingga tak tertahankan.

Untuk dapat menghindari hal tersebut maka Anda harus menjaga kesehatan gigi dengan rutin mengonsumsi genjer. Daun genjer memiliki kandungan kalsium alami yang tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

  1. Dapat Menguatkan Tulang

Sayur genjer ternyata memiliki kandungan fosfor dan kalzium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi sayur genjer secara teratur maka Anda bisa mendapatkan tulang yang sehat dan akan terhindar dari berbagai macam penyakit pada tulang seperti osteoporosis.

  1. Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil pastinya membutuhkan berbagai macam asupan yang bergizi dan alami untuk kesehatannya dan pertumbuhan janin yang dikandungnya. Sayur genjer bisa menjadi pilihan asupan nutrisi yang tepat bagi ibu hamil.

Hal ini karena sayur genjer memiliki berbagai macam kandungan bergizi di dalamnya. Terutama kandungan protein cukup tinggi dalam genjer yang bisa membantu untuk proses pembentukan sel-sel otot pada janin dan juga menambah asupan energi untuk ibu hamil.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sayur genjer merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak kandungan serat. Kandungan inilah yang bisa melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi genjer maka bisa membuat berbagai macam kotoran dan bakteri yang telah lama mengendap di dalam usus akan terbuang sehingga organ pencernaan akan berkerja dengan lebih baik. Tidak hanya itu saja, sayur genjer dalam hal ini juga memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit.

  1. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan gizi yang terkandung dalam sayur genjer memiliki manfaat untuk dapat menurunkan kadar gula darah.  Sehingga akan sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menderita hiperglikemia (kadar gula darah dalam tubuh yang melebihi batas normal).

  1. Mencegah Penyakit Kanker Kolon

Kanker kolon atau yang biasa disebut dengan kanker usus besar merupakan penyakit kaker yang biasa menyerang usus besar pada bagian tubuh manusia. Jenis kanker yang satu ini memang biasa menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut.

Tetapi tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda berjaga-jaga untuk menghindari penyakit kanker ini. Dengan mengonsumsi sayuran genjer secara teratur, Anda bisa mencegah datangnya penyakit kanker kolon.

  1. Nutrisi Penting Bagi Wanita Menopouse

Genjer merupakan sayuran hijau yang bisa memenuhi kebutuhan gizi wanita menopouse. Hal ini dikarenakan adanya kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya. Kandungan ini juga mampu untuk memperkuat dan menyehatkan tulang sehingga dapat mengatasi osteoporosisi yang umumnya terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopouse.

Demikian informasi dari kami mengenai “Manfaat Penting Sayur Genjer”. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini bermanfaat bagi Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *