10 Manfaat Dahsyat Jeruk Nipis

10 Manfaat Dahsyat Jeruk Nipis

10 Manfaat Dahsyat Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah jeruk. Berbeda halnya dengan jenis buah jeruk pada umumnya, jeruk nipis memiliki ukuran yang lebih kecil dengan tekstur kulit yang cukup halus serta berwarna hijau tua.

10 Manfaat Dahsyat Jeruk Nipis

Rasa jeruk nipis sudah pasti terasa asam, tetapi sangat menyegarkan. Hanya dengan membayangkan saja sudah dapat membuat air liur banyak menetes karena keasamannya. Maka dari itu, buah jeruk nipis ini jarang dikonsumsi secara langsung. Terkecuali untuk orang-orang tertentu yang mempunyai alasan khusus, untuk masalah kesehatan misalnya.

Banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh buah dengan rasa asam yang satu ini. Sekarang ini sudah banyak produk yang menggunakan buah jeruk nipis ini sebagai bahan dasarnya. Seperti misalnya produk kosmetik, permen, pasta gigi, produk kecantikan, makanan ringan dan lain sebagainya. Bahkan ekstrak jeruk nipis juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar pencuci peralatan dapur.

Kandungan Nutrisi dari Jeruk Nipis

Jeruk nipis sendiri memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun kandungan nutrisi yang dimiliki oleh setiap 100 gram jeruk nipis adalah sebagai berikut:

Makronutrien

  • Energi (Energi): 44 kalori
  • Protein (Protein): 0,5 gram
  • Lemak (Lemak): 0,2 gram
  • Karbohidrat (CHO): 10,0 gram
  • Serat (Serat): 0,4 gram
  • Abu (ASH): 0,4 gram

Mineral

  • Kalsium (Ca) : 18 miligram
  • Fosfor (P) : 22 miligram
  • Besi (Fe) : 0.2 miligram
  • Natrium (Na) : 3 miligram
  • Kalium (K) : 108.9 miligram
  • Tembaga (Cu) : 0.06 miligram
  • Seng (Zn) : 0.1 miligram

Vitamin dan antioksidan

  • Beta-Karoten (Carotenes) : 23 mikrogram
  • Karoten Total (Re) : 4 mikrogram
  • Thiamin (Vit. B1) : 0.01 mikrogram
  • Riboflavin (Vit. B2) : 0.03 mikrogram
  • Niasin (Niacin) : 0.2 mikrogram
  • Vitamin C (Vit. C) : 20 mikrogram

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis

lime
  1. Menurunkan Suhu Tubuh Saat Demam

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dimana kandungan ini bisa membantu untuk menurunkan suhu tubuh akibat demam. Apabila Anda sedang mengalami demam, maka bisa mencoba untuk meminum jeruk nipis

Jeruk nipis dipercaya ampuh untuk menurunkan suhu tubuh akibat dari demam. Bahkan jeruk nipis biasa digunakan sebagai pertolongan pertama bagi penderita demam.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Air jeruk nipis memiliki sifat asam dan bisa membantu air liur atau saliva dalam memecah makanan. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung zat flavanoid yang berfungsi untuk dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Apabila Anda mengalami masalah sembelit, sifat asam dari buah jeruk nipis bisa merangsang pergerakan usus Anda. Hal ini akan membuat sampah dalam perut terdorong  ke arah bawah dengan sangat mudah.  Bahkan asupan air dari perasan jeruk nipis bisa membantu Anda agar mengeluarkan feses lebih lancar.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam sitrat yang ada dalam jeruk nipis bisa meningkatkan sistem metabolisme. Hal ini akan membantu Anda untuk membakar kalori. Selain itu, vitamin C dari jeruk nipis ini juga memiliki peran dalam pembakaran lemak di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis dalam mengatasi kelebihan berat badan ini sangat mudah. Anda hanya perlu untuk meminum air jeruk pecel ini yang diseduh dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal minumlah 2 gelas setiap hari.

  1. Mencegah Diabetes

Jeruk nipis memang memiliki kandungan serat larut dalam jumlah yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang mampu untuk mengatur kadar gula di dalam darah. Dengan demikian kelebihan kadar gula di dalam darah bisa segera diatasi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jeruk nipis juga mengandung magnesium dan kalsium yang dimana kandungan ini memiliki fungsi dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium mampu untuk menurunkan tekanan darah secara alami.

Selain itu, kandungan kalium juga memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Hal ini tentunya dapat membantu Anda agar terhindar dari resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam jeruk nipis terkandung senyawa yang bernama limonin. Senyawa tersebut memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Menyehatkan Organ Mata

Manfaat jeruk nipis yang selanjutnya adalah untuk menyehatkan organ mata. Hal ini tentu karena kandungan penting yang dimiliki jeruk nipis, yaitu vitamin C dalam jumlah yang sangat tinggi.

Vitamin C yang ada dalam jeruk nipis memiliki penting sebagai antioksidan secara alami. Kandungan antioksidan inilah yang bermanfaat untuk melindungi fungsi organ mata dari penurunan kualitas penglihatan di masa tua.

  1. Meremajakan Kulit

Jeruk nipis selama ini sudah banyak digunakan sebagai bahan alami terbaik dalam merawat kecantikan kulit. Hal ini karena jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan flavanoid, antioksidan yang mampu memperkuat kolagen. Inilah sebabnya, manfaat minum perasan air jeruk nipis bisa membantu untuk menghidrasi serta meremajakan kulit.

Namun dalam pemanfaatan jeruk nipis untuk meremajakan kulit ini harus Anda hindari pengolesan air perasan jeruk nipis secara langsung pada kulit Anda. Ini karena terpapar cahaya matahari langsung sesudah mengoleskan jeruk nipis bisa mengakibatkan phytophodematitis.

Phytophotodermatitis merupakan suatu kondisi saat bahan kimia yang ada di dalam jenis tanaman tersebut bisa membuat kulit menjadi terbakar atau mengalami peradangan ketika terpapar cahaya matahari.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Stroke

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa jeruk nipis bisa menurunkan resiko penyakit stroke. Hal ini karena jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah, menghancurkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Bahkan jeruk nipis juga bisa mengurangi peradangan pembuluh darah. Apabila masalah-masalah tersebut sudah terasi dengan jeruk nipis maka dipastikan jantung Anda akan lebih sehat dan resiko terkena penyakit stroke akan menurun.

  1. Mengurangi Bau Badan

Jeruk nipis ternyata juga ampuh untuk mengurangi bau badan. Seperti yang kita ketahui bahwa bau badan akan sangat menganggu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bahkan bau badan juga bisa membuat seseorang merasa kurang percaya diri.

Maka dari itu, kini Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan masalah bau badan. Untuk mengatasi masalah bau badan ini cukup dengan mengoleskan air jeruk nipis pada tubuh Anda. Dengan demikian bau badan yang sangat menganggu akan segera teratasi.

  1. Menghilangkan Ketombe

Tidak hanya mengatasi masalah bau badan saja, jeruk nipis juga dapat mengatasi masalah ketombe. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan perasan air jeruk nipis pada bagian rambut sampai merata sambil dipijat secara perlahan.

Jika sudah maka biarkan selama 15 menit, lalu keramaslah sampai benar-benar bersih. Lakukan cara ini secara rutin yaitu dua kali seminggu, Anda pun akan terbebas dari masalah ketombe.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai “10 manfaat dahsyat jeruk nipis”. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *